Ini Quartet Maut Timnas Indonesia Saat Jajal Turkmenistan Nanti Malam

  • Bagikan
Skuad Timnas Indonesia U-23 di kualifikasi Piala Asia U-23. -fjr--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, SOLO-- Duel hidup mati akan dilakoni Timnas Indonesia U-23.
Marselino Ferdinan cs akan menghadapi Turkmenistan pada matchday ketiga Grup K Kualifikasi Piala Asia U-23 2024, Selasa 12 September 2023. Laga antara Indonesia vs Turkmenistan akan dimainkan mulai pukul 20.00 Wita, live di RCTI.

Saat ini, kepercayaan diri Indonesia sedang bagus. Sebab, pada matchday ke-2 Grup K, Garuda Muda menang 9-0 atas Chinese Taipei. Hasil ini membuat Indonesia berada di puncak klasemen Grup K dan hanya butuh hasil imbang untuk lolos ke Piala Asia U-23 2024.

Turkmenistan juga punya peluang lolos ke putaran final Piala Asia U-23, dengan syarat menang atas Indonesia. Turkmenistan punya waktu istirahat lebih panjang dibanding Indonesia dan itu bisa menjadi keunggulan untuk mendapat poin penuh.

Timnas Indonesia U-23 punya peluang besar untuk bisa mengamankan satu tiket menuju putaran final ajang Piala Asia U-23 2024 yang akan berlangsung di Qatar.

Sebelumnya, kemenangan besar ketika melumat China Taipei 9-0 di pertandingan Grup K kualifikasi Piala Asia U-23, Jumat (9/9/2023).

Itu semakin membuka lebar jalan Indonesia menuju putaran ke kejuaran paling bergengsi di Asia untuk Timnas kelompok umur itu.

Timnas Indonesia U-23 masih harus menjalani satu laga penentuan kontra Turkmenistan U-23 untuk mengetahui peluang mereka lolos ke ajang tersebut.

Dan untuk saat ini, Marselino Ferdinan Cs memimpin klasemen sementara Grup K dengan koleksi tiga poin dengan selisih gol +9.

Di bawah Indonesia, terdapat Turkmenistan yang mengoleksi poin setara yakni 3, tetapi cuma punya selisih gol +4 buah kemenangan 4-0 atas Taiwan.

Satu laga tersisa sekaligus penentuan nasib untuk kedua negara itu bakal tersaji di laga terakhir Grup K. Pertandingan bakal berlangsung di Stadion Manahan, Solo pada Selasa (12/9/2023).

Namun, jika melihat segala skema dan hasil pertandingan yang bisa saja terjadi. Indonesia di pertandingan ini memang jauh lebih diunggulkan dan punya peluang besar ke Piala Asia U-23.

Sebagai informasi, terdapat dua jalur agar sebuah tim bisa lolos ke ajang tersebut. Pertama, mereka harus menjadi juara grup dalam babak kualifikasi, dan kedua setidaknya menjadi satu dari empat runner-up terbaik.

Dengan syarat tersebut, Timnas Indonesia U-23 memiliki beberapa skema untuk bisa meraih tiket otomatis ke Qatar karena keluar sebagai juara grup.

Yang pertama tentunya meraih kemenangan, berapa pun skornya jika Indonesia mampu meraih kememangan maka satu tiket ke Piala Asia U-23 sudah berada di tangan.

Hasil itu akan membuat skuad Garuda mengoleksi enam poin, unggul tiga poin dari Turkmenistan yang menduduki urutan kedua.

Sementara skema kedua adalah Timnas Indonesia U-23 setidaknya cukup menahan imbang Turkmenistan.

Meski poin kedua tim nantinya akan sama-sama empat, tetapi Timnas Indonesia U-23 berhak menduduki posisi juara Grup K karena unggul selisih gol +9 berbanding +4.

Pada partai ini, beberapa penggawa Timnas Indonesia U-23 pun berpotensi membobol gawang Turkmenistan pada pertandingan malam nanti. Siapa saja? Adalah Marselino Ferdinan. Ia menjadi tokoh kunci saat Timnas Indonesia U-23 membantai Chinese Taipei. Gelandang berusia 19 tahun itu mencetak brace dan membuat satu assist untuk Skuad Garuda Muda.

Sejak berkarier di Eropa, tepatnya di Liga Belgia, permainan Marselino Ferdinan kian matang. Pemain bernomor punggung 7 itu mempunyai visi dan misi yang brilian.

Marselino Ferdinan tahu kapan harus menggiring, mengoper, dan menahan bola. Mantan wonderkid Persebaya Surabaya itu juga ahli dalam eksekusi bola mati. Satu golnya ke gawang Chinese Taipei tercipta lewat tendangan bebas.

Selain itu, ada nama Rafael Struick. Rafael Struick bermain gigih ketika Timnas Indonesia U-23 bersua Chinese Taipei. Pemain naturalisasi kelahiran Belanda itu membukukan satu gol buat Skuad Garuda Muda.

Rafael Struick sebenarnya bisa mencetak dua gol. Namun, tendangan penaltinya dapat digagalkan oleh kiper Chinese Taipei, Chang Hsiang-Chun

Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong, begitu percaya dengan Rafael Struick. Buktinya, pemain berusia 20 tahun itu bermain penuh ketika melawan Chinese Taipei.

Striker haus gol timnas Indonesia Ramadhan Sananta. --net--

Nama Ramadhan Sananta juga kini makin moncreng. Mantan pemain PSM Makassar ini, adalah penyerang utama Timnas Indonesia U-23 di Kualifikasi Piala Asia U-23 2024. Bomber berusia 20 tahun itu turut menyumbang satu gol ke gawang Chinese Taipei.

Ramadhan Sananta mulai menjelma sebagai stiker yang komplet. Pemain asal Persis Solo itu punya kemampuan menjadi ujung tombak modern.

Ramadhan Sananta bisa mencetak gol lewat situasi apa pun, baik duel udara, bola bawah, maupun satu lawan satu dengan bek lawan.

Pemain lainnya adalah Witan Sulaeman. Performa Witan Sulaeman cukup meyakinkan ketika Timnas Indonesia U-23 mencukur Chinese Taipei. Winger berusia 21 tahun itu membuat satu gol dan satu assist.

Witan Sulaeman amat dimanjakan dengan keberadan Ivar Jenner di lini tengah Timnas Indonesia U-23. Pasalnya, pemain asal Persija Jakarta itu kerap mendapatkan umpan-umpan terobosoan yang sesuai dengan kesukaannya, dan menempatkan diri di sela-sela lini pertahanan lawan. (fjr/pp)

  • Bagikan