Bupati Tegaskan Lakukan Penanganan Inflasi

  • Bagikan
Bupati Luwu Timur, H. Budiman, Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, dan Dr. Adnan Purichta Ichsan pada Rakornas TPID di Ruang Rapat Pimpinan Kantor Gubernur Sulsel. --IST--

Rakornas Tim Pengendali Inflasi Daerah

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Bupati Luwu Timur, H. Budiman bersama para Kepala Daerah se Sulsel mengikuti Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) di Ruang Rapat Pimpinan Kantor Gubernur Sulsel, Senin 11 September 2023.

Rakor yang dipimpin langsung Pj. Gubernur Sul-Sel, Dr. Bahtiar Baharuddin ini, turut serta diikuti secara virtual Menteri Dalam Negeri RI, Tito Karnavian.
Mendagri, Tito Karnavian dalam arahannya menyebut bahwa, secara umum inflasi secara nasional cukup terkendali. Pada Bulan Agustus 2023, tercatat inflasi 3,27 persen.

"Inflasi bisa kita imbangi dengan gerakan pangan, memperkuat cadangan stok beras pemerintah. Kita bisa lakukan intervensi, agar kenaikan harga beras tidak membebani masyarakat," kata Tito Karnavian.

Pj. Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin mengatakan, pengendalian inflasi di Sulsel merupakan salah satu yang terbaik di Indonesia. Hal ini tidak terlepas dari kinerja seluruh kepala daerah, jajaran Forkopimda, dan semua stakeholder lainnya.

"Ada lima hal yang perlu dilakukan pemerintah daerah untuk penanganan inflasi. Antara lain, memperbanyak kegiatan pasar murah, mengoptimalkan belanja APBD, mitigasi stabilisasi pasokan dan harga pangan di wilayah masing-masing, mulai melakukan gerakan pangan murah, dan penguatan cadangan pangan pemerintah daerah," tutur Pj. Gubernur Sulsel.

Sementara Bupati Luwu Timur, H. Budiman menegaskan bahwa, Pemkab Lutim akan mengikuti arahan mendagri dan akan terus berkoordinasi dengan Pemprov terkait penanganan lnflasi daerah.
"Insha Allah, apa yang menjadi arahan bapak Mendagri tadi terkait inflasi akan kita ikuti," tandas Budiman.(krm/rhm)

  • Bagikan