Ops Zebra di Luwu, 309 Pengendara Terjaring Razia

  • Bagikan
SUASANA saat Personil Satlantas Polres Luwu memasangkan helem ke pengendara roda dua belum lama ini. --ist--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, BELOPA-- Ratusan pengendara terjariang razia operazi zebra 2023 yang dilaksanakan secara serentak di Kabupaten Luwu pada 4-13 September 2023. Sesuai jadwal, giat ini berakhir pada 17 September 2023.

Berdasarkan data yang dihimpun, saat ini sebanyak 309 pelanggar lalu lintas terjaring razia Operasi Zebra Satlantas Polres Luwu.

“Kita masih terus melakukan razia, hasilnya hingga awal pekan ini sebanyak 43 tilang, dan 266 tilang teguran. Totalnya 309 pengendara,'' ungkapnya Kasat Lantas Polres Luwu, AKP Mahrus saat dikonfirmasi di Belopa, Rabu, 13 September 2023 kemarin.

Kasat Lantas menyampaikan berdasarkan data Dirlantas Polda Sulsel, dalam kurun waktu 3 tahun, 2020 sampai dengan 2022 di wilayah hukum Polda Sulawesi Selatan telah terjadi kecelakaan lalu lintas sebanyak 17.797 kasus. Dengan total korban sebanyak 26.369 kasus, meninggal dunia 3.056, luka berat 1.085 orang, dan luka-luka sebanyak 22.228 orang, yang cukup memperhatikan dari total korban lakalantas.

“Itu merupakan persentase terbesar, usia korban kecelakaan lalu lintas adalah usia antara 15 sampai dengan 19 tahun sebanyak 5612 orang atau sekitar 21%, yang notabenenya berstatus pelajar,” ujarnya.

Lanjut mantan Kasat Lantas Polres Sidrap ini, keselamatan adalah prioritas utama, jadi ia mengingatkan hal yang terpenting agar tidak mengabaikan aturan lalu lintas dengan memikirkan diri sendiri tapi juga pikirkan pengguna jalan lainnya.

Selain melakukan tindakan dalam rangka Ops Zebra Pallawa 2023, Sat Lantas Polres Luwu juga aktif melakukan sosialisasi.

Satlantas Polres Luwu laksanakan Program Polisi Sambangi Sekolah (Police Go To School), yang dilaksanakan di SMA 1 Luwu, baru-baru ini. Ia juga mengajak pelajar SMA 1 Luwu untuk belajar dan memahami aturan lalu lintas karena hal tersebut menjadi kunci untuk berkendara dengan aman.

“Ketika kalian mencapai usia yang memungkinkan untuk mengemudikan kendaraan pastikan untuk memahami semua aturan berlalu lintas dan mengikuti aturan dengan konsisten,” tambahnya.

Terakhir, Kasat Lantas mengajak dengan kesadaran dan komitmen bersama untuk dapat mengurangi angka kecelakaan lalu lintas dan menciptakan lingkungan yang lebih baik di jalan raya.

“Mari kita bersama-sama menjaga diri kita sendiri serta orang lain dan masa depan kita dengan menjadi pengguna jalan yang bertanggung jawab agar kamseltibcarlantas Yang Kondusif menuju pemilu damai 2024 dapat terwujud,” ajaknya. (fan/ikh)

  • Bagikan