Mantap, Selamat! S2 Kesehatan Masyarakat UMB Palopo Terakreditasi Baik Sekali

  • Bagikan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO-- Salah satu Program Studi di Universitas Mega Buana (UMB) Palopo kembali mendapatkan nilai akreditasi Baik Sekali dari LAM-PTKes, yakni Program Magister (S2) Kesehatan Masyarakat. Itu berdasarkan SK No.0670/LAM-PTKes/Akr/Mag/IX/2023 Tanggal 8 September 2023 dengan nilai 306.

“Alhamdulillah, SK dari LAM-PTKes sudah kita terima, nilainya baik sekali,”kata Rektor UMB Palopo, Dr Hj Nilawati Uly, S.Si, Apt, M.Kes, 16 September 2023. Diketahui Program Studi S2 Kesehatan Masyarakat UMB Palopo ini pertama kalinya dilakukan proses akreditasi setelah mendapatkan izin pendirian pada tahun 2021 lalu. Dan tahun ini juga S2 Kesehatan Masyarakat akan mewisuda alumni pertamanya.

Dr Hj Nilawati Uly,S.Si, Apt, M.Kes, Rektor Universitas Mega Buana Palopo

Hadirnya Program Studi S2 Kesehatan Masyarakat di UMB Palopo ini memang menarik bagi masyarakat untuk lanjut kuliah, terlebih kalangan ASN, itu terlihat dari sejumlah Kepala Puskesmas dan para insan kesehatan dan lainnya yang sementara menempuh pendidikan disini, pasalnya ini satu-satunya program studi S2 Kesehatan Masyarakat yang berada diluar kota Makassar, sehingga masyarakat di wilayah Tana Luwu dan Tana Toraja lebih mudah untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang S2, khususnya program Studi Kesehatan Masyarakat. “Kuliah tak perlu jauh-jauh, ditambah biaya kuliah yang lebih terjangkau dan bisa diangsur, dan Alhamdulillah saat ini terakreditasi Baik Sekali dari LAM-PTKes,” jelasnya.

Terkait akreditasi dan reakreditasi dilakukan Universitas Mega Buana Palopo sejak memasuki pertengahan tahun 2023, perguruan tinggi dengan slogan ‘Baik Sekali’ ini mulai melakukan reakreditasi seiring dengan peningkatan mutu yang juga terus ditingkatkan berdasarkan standar yang sudah ditentukan. Proses Reakreditasi dimulai dari Perguruan Tinggi dengan nilai Baik Sekali, kemudian disusul sejumlah Program Studi lainnya yang juga mendapatkan nilai baik sekali, dan yang saat ini program studi S2 Kesehatan Masyarakat.

Pasalnya, berdasarkan Permendikbud No 5 tahun 2020 jenis tingkatan akreditasi yang digunakan saat ini adalah Unggul, Baik Sekali dan Baik. Pada pasal 3 ayat (2) dalam peraturan tersebut berbunyi “Peringkat Akreditasi Program Studi dan Perguruan Tinggi terdiri atas Baik, Baik Sekali, dan Unggul.”

Unggul, Baik Sekali dan Baik untuk akreditasi yang dilakukan dengan IAPS 4.0 (Intrumen yang berlaku sejak 1 April 2019) dan IAPT 3.0 (Instrumen akreditasi berlaku sejak tanggal 1 Oktober 2018). Sehingga Perguruan Tinggi dan Program Studi yang masih berstatus akreditasi dengan model A, B, C melakukan konversi peringkat A ke Unggul, B ke Baik Sekali, dan C ke Baik, sementara jika akan mengubah peringkat dari C ke Unggul atau Baik Sekali atau dari B ke Unggul maka Perguruan Tinggi dan Prodi wajib melakukan usulan akreditasi dengan IAPS 4.0 atau IAPT 3.0. Untuk akreditasi perguruan tinggi sendiri dilakukan oleh BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi), sementara untuk tingkatan Prodi Kesehatan dilakukan oleh LAM-PTKes.

Diketahui Universitas Mega Buana Palopo sejak didirikan tahun 2009 lalu yang berawal dari Stikes menjadi Universitas telah mengelola 11 Program Studi diantaranya, S2 Kesehatan Masyarakat, S1 Kesehatan Masyarakat, S1 Keperawatan Profesi Ners, S1 Kebidanan, Profesi Bidan, S1 Perdagangan Internasional, S1 Kewirausahaan, S1 Ilmu Hukum, S1 Sistem Informasi, S1 Informatika dengan sejumlah keunggulan yang dimiliki yakni Akreditasi Institusi Baik Sekali dari BAN-PT (Perguruan Tinggi Pertama Yang Terakreditasi Baik Sekali di Tana Luwu dan Tana Toraja), memiliki Rumah Sakit tempat mahasiswa praktek & alumni bekerja, CBT Centre (Satu-satunya perguruan tinggi yang punya CBT Center untuk Tenaga Kesehatan), Biaya Kuliah terjangkau & bisa diangsur, Program Beasiswa, Uji kompetensi Gratis untuk Mahasiswa Program Studi di Fakultas Kesehatan, ruang yang nyaman serta sarana perkuliahan yang lengkap, alumni difasilitasi mendapatkan pekerjaan & studi lanjut, Kerjasama dalam Negeri & Luar negeri di 4 Benua dan masih banyak lagi.(*/uce)

  • Bagikan