Terpilih Ketua AIPTKMI Regional Timur, Prof Sukri Palutturi Apresiasi UMB Palopo

  • Bagikan

Ketua AIPTKMI Regional Indonesia Timur, Prof Sukri Palutturi, SKM, M.Kes.,M.Sc.PH,PhD (kedua dari kanan) foto bersama Wakli Rektor I UMB Palopo, Indra Amanah AN, SKM., MPH (kiri) dan Ketua Prodi S2 Kesmas UMB Palopo Dr Zamli. --hmsumb--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO-- Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin terpilih, Prof Sukri Palutturi, SKM, M.Kes.,M.Sc.PH,PhD sebagai Ketua Asosiasi Institusi Pendidikan Tinggi Kesehatan Masyarakat Indonesia (AIPTKMI) untuk wilayah regional timur pada kegiatan simposium dan Musda yang digelar di Makassar, 16 September 2023.

Dalam sambutannya, Prof Sukri, sapaan akrab Ketua terpilih ini berkelakar bahwa dirinya mungkin sudah ditakdirkan untuk menjadi ketua yang dimulai dari ketua kelas, sejumlah organisasi kampus, profesi hingga saat ini terpilih sebagai ketua AIPTKMI Regional Timur.

"Saya memang nasibnya menjadi ketua. Saya kadang-kadang berpikir begini, sejak saya sekolah SD 6 tahun jadi ketua kelas, 3 tahun SMP jadi ketua kelas, 3 tahun SMA jadi ketua kelas, S1 5 tahun jadi Ketua kelas, 2 tahun di S2 FKM Unhas 2 tahun jadi Ketua kelas, Ketua Himpunan Mahasiswa Turatea, S2 dan S3 di Australia jadi Ketua," ucapnya saat sambutan disambut gelak tawa. Belum lagi organisasi lain, seperti di Fakultas, Organisasi Profesi seperti Persakmi dan menjadi Dekan.

Dan saat ini ia terpilih sebagai Ketua Asosiasi Institusi Pendidikan Tinggi Kesehatan Masyarakat Indonesia (AIPTKMI) untuk wilayah regional timur, "namun karna sudah dipilih, saya siap mengemban amanah ini secara bersama,"katanya.

Dalam penyampaiannya, ia menegaskan bahwa AIPTKMI harus memberikan manfaat kepada semua anggotanya, misalnya yang paling sederhana dan memberikan manfaat besar yakni melalui MoU dan MoA yang dilakukan pada momentum tersebut antara Fakultas Kesehatan UMB Palopo dan Fakultas Kesehatan Masyarakat Unhas. "Itulah sebabnya, kelihatan sederhana penandatanganan MoU dan Moa, tapi sesungguhnya implikasinya besar. MoU serta MoA yang baru saja ditandatangani ini diharapkan bermanfaat apakah itu dalam bentuk kredit atau apakah itu dalam bentuk akreditasi nantinya," ucapnya.

Dalam penandatanganan ini dilakukan oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik UMB Palopo, Indra Amanah AN, SKM., MPH bersama Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat Unhas yang juga Ketua AIPTKMI terpilih, Prof Sukri Palutturi, SKM, M.Kes.,M.Sc.PH,PhD. Disela sela kegiatan, Prof Sukri mengapresiasi kemajuan di Universitas Mega Buana Palopo. Karena ia optimis dalam penyelenggaraan pendidikan seperti program RPL, ia mengatakan, Universitas Mega Buana Palopo sudah tidak diragukan lagi, apalagi sudah menjalankan,"katanya.

Sementara dalam kegiatan simposium yang juga dihadiri mantan Ketua dewan Pengawas AIPTKMI Pusat prof Dr. Drg Andi Zulkifli juga turut mengapresiasi UMB Palopo, dimana mutu pendidikannya semakin maju. Itu terlihat dari akreditasi yang didapatkannya dengan predikat 'Baik Sekali' baik itu Institusi maupun Program Studi seperti S1 dan S2 Kesehatan Masyarakat, "Saya yakin Akreditasi Kesmas UMB berikutnya sudah unggul karena sudah sangat baik,"ucapnya.(*/uce)

  • Bagikan