PMI Torut Kini Punya Markas Baru

  • Bagikan
PERESMIAN Markas Baru PMI Torut di Kompleks Perkantoran BPBD Karassik, Sabtu 16 September 2023. IST
  • Siap Siaga Bantu Dalam Kebencanaan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID RANTEPAO -- PMI Toraja Utara dalam merayakan HUT PMI ke-78 mengadakan doa syukur atas markas yang baru di Kompleks Perkantoran BPBD Karassik serta penerimaan hibah mobil operasional double cabin dari PMI Sulawesi Selatan, Sabtu sore 16 September 2023.


Doa syukur di Aula Markas PMI ini dipimpin Pdt Yusuf Paliling sebagai Ketua Crisis Center Gereja Toraja yang adalah juga Ketua V BPS GT.


Di kesempatan itu juga, Ketua PMI Toraja Utara yang juga Wakil Bupati Torut, Frederik Victor Palimbong ST menyampaikan rasa syukur kepada Tuhan dan berterima kasih serta mengapresiasi pimpinan daerah atas tersedianya Markas PMI di Kompleks Kesiapsiagaan Bencana di Karassik.


"Kita juga bersyukur atas hibah kendaraan operasional dari PMI Sulsel sesuai dengan kondisi medan jalan di Kabupaten Toraja Utara yang bervariasi hingga ke ekstrem," kata Wabup Torut yang juga Ketua IKA Unhas Torut ini.


Saat ini, PMI Kabupaten Toraja Utara sudah mengajukan proposal langsung kepada Ketua PMI Pusat HM Jusuf Kalla terkait dengan penyediaan sarana prasarana penunjang dan fasilitas pelatihan-pelatihan. "Saya berharap kolaborasi dan keterlibatan yang lebih besar dari komunitas-komunitas yang peduli kemanusiaan," sebutnya.


Lanjut FVP, Markas PMI ini diharapkan dapat menjadi tempat berkoordinasi dengan intens dari semua pihak, dalam segala situasi, apakah sedang ada situasi kebencanaan ataupun tidak. PMI dan pemangku kepentingan harus memiliki strategi bagaimana meminimalisir bencana dan antiaipatif terkait kondisi daerah Toraja Utara yang merupakan salah satu daerah rawan bencana.


"Akhirnya saya berterima kasih kepada semua pihak yang memiliki kepedulian kepada kerja-kerja kemanusiaan dan terkhusus kepada Crisis Center Gereja Toraja yang terus mendampingi dan terlibat dalam kerja-kerja kemanusiaan ini , Ketangguhan kita baru terukur atau teruji pada saat ada kejadian tetapi sebelum itu terjadi kita harus selalu bersiap,” pungkasnya.


Ditambahkan Sekretaris Daerah Salvius Pasang SP sebagai pemerintah daerah menyampaikan Toraja Utara adalah salah satu daerah yang rawan bencana dan salah satu lembaga yang selalu mengambil peran penting dalam kondisi ini adalah PMI , kami berkomitmen untuk tetap mendukung pembiayaan operasional PMI Toraja Utara sesuai dengan aturan per-UU-an yang berlaku dan atas dasar kerja-kerja kemanusiaan , saya juga mengingatkan pentingnya pelatihan-pelatihan bagi pihak-pihak terkait dengan tugas-tugas kepalangmerahan, karena PMI Toraja Utara tidak hanya bermanfaat untuk kepentingan masyarakat toraja utara tetapi juga daerah-daerah di sekitar Torut," jelasnya.


Dalam Doa Syukur ini hadir Juga Kelaksa BPBD Torut, Pengurus PMI dan Pengurus Markas PMI Toraja Utara, Ketua Bawaslu, Lurah Karassik, Perwakilan Kapolres Toraja Utara dan Dandim 1414.


Rangkaian perayaan Ulang tahun PMI ke 78 juga dilaksanakan Aksi Donor Darah di Lapangan Bakti Rantepao pada Ahad 17 September 2023 bekerja sama paramedis dari UTD, RS Lakipadada. (idr)

  • Bagikan