Pj Wali Kota Dilantik 26 September

  • Bagikan

Akan Dievaluasi Pj Gubernur Tiap Tiga Bulan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO -- Sebanyak 4 penjabat (Pj) Kepala Daerah akan dilantik pada Selasa 26 September pekan depan di Makassar. Keempat daerah tersebut ialah Bone, Palopo, Bantaeng dan Sinjai.
Sebelum itu, Kepala Biro Pemerintahan Idham Kadir sudah mengingatkan standar penilaian Pj Gubernur Sulsel Bahtiar.

Ia mengaku Pj Gubernur Bahtiar akan mengevaluasi Pj Kepala Daerah setiap 3 bulan. Terutama dalam menyukseskan 8 program prioritas Bahtiar.
"Saya dengar Pak Gubernur kemarin, semua Pj Kepala Daerah itu dievaluasi setiap tiga bulan," kata Idham Kadir saat ditemui di Kantor Gubernur Sulsel, Jl Urip Sumoharjo, Jumat (15/9/2023).

Evaluasi tiap tiga bulan dijalankan Bahtiar sebab dirinya juga dievaluasi Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.

Bahkan Pj Kepala Daerah harus bersiap mendapat evaluasi langsung dari Tito Karnavian.
"Pak Pj Gubernur pun dievaluasi tiga bulan, tiga bulan. Saya juga begitu," kata Idham Kadir.
"Nanti juga (tiap Pj) akan dievaluasi dari Kemendagri sama Kemenpan RB," lanjutnya.

Terdekat, Kab Bantaeng bakal ditinggal Ilham Syah Azikin dan Sahabuddin pada 26 September 2023.
Bupati Sinjai Andi Seto Gadhista Asapa dan wakilnya Andi Kartini Ottong juga bakal turun takhta.
Kemudian Bone ditinggal Andi Fahsar Padjalangi dan Ambo Dalle.

Terakhir, ada Kota Palopo yang bakal ditinggal Judas Amir dan Rahmat Masri Bandaso pada 27 September 2023.
Bulan Oktober 2023, ada dua lagi kepala daerah yang turun takhta. Taufan Pawe akan menanggalkan jabatannya Walikota Pare-Pare.
Serta Muslimin Bando yang juga habis masa jabatan di Kabupaten Enrekang.

Tiga Nama Menguat
Tiga nama yang menguat yakni Asrul Sani merupakan ASN yang berkiprah di Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel dengan jabatan sebagai Kepala Dinas Penanaman Modal dan PTSP dengan pangkat/golongan Pembina Tingkat I/IV.b. Hasrul merupakan putra kelahiran Watampone 21 Maret 1975.

Lalu ada nama Andi Ihsan Lebbi Bassaleng (44) Kabiro Umum Pemprov Sulsel. Ia adalah putra asli Palopo yang saat ini berkarir sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) di Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel.

Sebelum mengisi jabatan itu, Andi Ikhsan merupakan Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Sulsel. Ia juga pernah Pj Kepala Seksi Pembinaan dan Pengaturan Bidang SDA Dinas PUPR Luwu Timur pada 2013.
Kepala Seksi Sarana dan Prasarana Perumahan Pemukiman, Bidang Pemukiman dan Perumahan pada Dinas Tata Ruang dan Pemukiman Kab.Luwu Timur tahun 2015.

Kepala Seksi Permasalahan dan Penertiban Tanah, Bidang Pertanahan Dinas Perumahan, Kawasan, Pemukiman dan Pertnahan, Luwu Timur tahun 2016.
Staff Penalaah dan Pengelolaan Leger Jalan Bidang Bina Teknik pada Dinas Marga dan Bina Konstruksi, Pemrov Sulsel pada 2019.
Kepala Bidang Konstruksi pada Dinas PU dan Tata Ruang Pemrov Sulsel pada 2020.

Semasa mahasiswa, dirinya pernah menjabat Ketua Ikatan Pelajar Mahasiswa Indonesia Luwu (IPMIL) Palopo.
Terkahir, Iqbal Suhaeb yang juga Wija To Luwu. Iqbal merupakan salah satu calon kuat sebagai Penjabat (Pj) Wali Kota Palopo. Namanya salah satu yang diusul Gubernur Sulsel sebagai Pj Wali Kota Palopo ke Mendagri.

Lelaki kelahiran Makassar 2 September 1966 tersebut saat ini mengemban jabatan sebagai Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Pemprov Sulsel dengan golongan pembina utama madya (IVd).
Sebelumnya, Iqbal Suhaeb banyak menduduki jabatan strategis di Pemrov Sulsul. Bahkan, pernah menjadi Pj Wali Kota Makassar dan Pj sementara Bupati Kabupaten Luwu Utara pada tahun 2020.(idr)

  • Bagikan