55 KUBE Terima Bansos Rp1 Miliar

  • Bagikan
Bupati Luwu Timur, H. Budiman saat menyerahkan secara simbolis Bansos KUBE Tahun 2023 kepada 55 kelompok di Gedung Wanita Simpurusiang Malili, Selasa 19 September 2023.

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, MALILI -- Bupati Luwu Timur, H. Budiman menyerahkan secara simbolis Bantuan Sosial (Bansos) Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Tahun 2023 kepada 55 kelompok di Gedung Wanita Simpurusiang Malili, Selasa 19 September 2023.

Dalam arahannya, Bupati menyampaikan beberapa waktu lalu ia memimpin rapat penerimaan bantuan hibah keuangan, kemudian ini KUBE. Menurutnya, dirinya berkewajiban hadir untuk memastikan bahwa program ini tepat sasaran dan bisa dipertanggung jawabkan.
Budiman menegaskan bahwa ini merupakan kebijakan pemerintah daerah sehingga ia berharap bantuan ini dimanfaatkan dengan baik.

"Jadi semua bantuan nanti kita monitoring pak kadis dan pak desa, karena ini berbasis desa, lihat maki itu kelompok-kelompok yang dibantu kemarin," pesannya.
"Hari ini kita hadir untuk memastikan, bahwa yang pertama Apakah tidak ada pungli didalamnya, dan yang kedua SPJ nya ada, karena bantuan ini akan terus menerus diberikan, bagi kelompok-kelompok yang rentan," ungkapnya.

Orang nomor satu di Bumi Batara Guru ini juga mengungkapkan pemerintah juga telah menyerahkan bantuan ini di tahun 2022, dimana pada anggaran pokok sebanyak 54 kelompok dan di perubahan 45 kelompok sehingga totalnya 95 KUBE dengan anggaran Rp2,3 Miliar.

"Sementara untuk tahun 2023, di anggaran pokok, 55 kelompok dengan total anggaran Rp1 Miliar lebih dan diperubahan yang sementara proses sebanyak 34 kelompok, setiap kelompok akan mendapatkan Rp25 juta. Kita berharap bahwa tahun ini bisa kita serahkan semua dan bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat," tuturnya.

Terakhir, Bupati mengajak kepala desa, camat, kepala dinas, untuk bersinergi membangun daerah ini dengan baik.

"Semakin lama, semakin baik APBD kita, sehingga mari berdoa semoga bantuan ini semakin besar dan bisa bermanfaat bagi masyarakat di Kabupaten Luwu Timur. Terima kasih juga kepada seluruh kepala desa dan yang hadir, mudah-mudahan ini menjadi kebaikan kita," tandas Budiman.

Turut mendampingi Bupati, anggota DPRD, Rully Heryawan dan Kepala Dinas Sosial P3A, Sukarti. Tampak pula hadir Kepala Bapelitbangda, Dohri As'ari, Kepala PMD, Halsen, Kepala Disdagkoprinum, Senfry Oktavianus, para Camat dan Kepala Desa, para Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK), para Pendamping Program Keluarga Harapan (PKH), dan para Pengurus KUBE.(krm/rhm)

  • Bagikan