BMKG Perkirakan Musim Hujan Mulai November

  • Bagikan
FOTO ILUSTRASI

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, Kota Makassar kini dilanda kemarau yang berkepanjangan. Kondisi ini diperburuk dengan El Nino, hingga menyebabkan kekeringan dan krisis air.
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika memperkirakan musim hujan di Makassar akan terjadi pada bulan November 2023.

“Prakiraan awal musim hujan untuk wilayah makassar adalah bulan november 2023,” kata Forecester BMKG Makassar, Sitti Nurhayati Hamzah, Selasa (19/9/2023).
Meski begitu, Sitti mengatakan musim hujan yang akan datang tak sebagaimana lazimnya. Tidak optimal karena dipengaruhi El Nino.

“Namin karena masih ada pengaruh El Nino, sehingga musim hujannya belum maksimal seperti tahun tahun sebelumnya,” jelas Sitti.

Sitti mengungkapkan, pihaknya memperkirakan tidak akan ada hujan dalam waktu dekat ini. Jika dilihat dari kemungkinannya, hujan akan turun dalam waktu dekat ini hanya sekitar 30 persen.

“Menurut prakiraan kami beberapa hari ke depan potensi terjadinya hujan di wilayah makassar keseluruhan masih rendah,” terangnya.

Ia mengakui, pada Senin 18 September 2023 malam, memang terjadi hujan rintik di Makassar. Tapi gerimis itu hanya sbentar dan sangat lokal.

Pantauan fajar.co.id, gerimis terjadi di perbatasan Makassar-Gowa. Meski terjadi tak lama.
“Gerimis yang terjadi semalam, kejadiannya masih sangat lokal sekali belum bisa dijadikan acuan untuk wilayah Makassar,” pungkasnya.(idr)

  • Bagikan