Pendaftaran Capres dan Cawapres 19-25 Oktober 2023

  • Bagikan
--ilustrasi--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, JAKARTA-- Akhirnya setelah melalui rapat yang alot, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Pemerintah, dan KPU menyepakati tanggal pendaftaran Calon Presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Pada rapat itu, disepakati pendaftaran 19-25 Oktober 2023.

Pada rapat bersama Komisi II DPR nampak hadir adalah Dirjen Polpum Kemendagri Bahtiar, Ketua KPU Hasyim Asy'ari, hingga pimpinan dari lembaga Bawaslu dan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP).

"Soal tentang jadwal, saya kira pilihannya tinggal dua, opsi satu dan opsi dua. Tidak ada yang lain soal itu. Tadi Pak Gaus (Anggota Komisi II DPR dari Fraksi PAN Guspardi Gaus) mengusulkan lebih cenderung ke opsi kedua," kata Ketua Komisi II DPR Ahmad Doli Kurnia di Gedung DPR/MPR, Rabu, 20 September 2023.

"Sebelum saya sampaikan, kita anggap saja karena Pak Gaus yang bicara, kita setuju Pak Gaus atau ada yang menolak Pak Gaus. Setuju ya?," tanya Doli.

"Setuju," jawab peserta rapat.

"Pemerintah?" tanya Doli.

"Sangat setuju," kata Direktur Jenderal Polpum Kemendagru Bahtiar Baharuddin menimpali.

"Jadi 19-25 Oktober, kita sepakati ya," kata Doli seraya mengetok palu.

Jadwal pendaftaran capres dan cawapres 2024 ini tertuang dalam PKPU tentang Pencalonan Peserta Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden. Rapat juga menyepakati dua rancangan Peraturan Badan Pengawas Pemilu (Perbawaslu) dan dua rancangan Peraturan DKPP.

Adapun tahapan lengkapnya yakni, 16 Oktober 2023, pengumuman pendaftaran, 19-25 Oktober 2023pendaftaran, 13 November penetapan Capres-Cawapres, penetapan dilakukan 15 hari sebelum kampanye. Sementara tahapan kampanye dimulai 28 November 2023.

Mendaftar

Bakal calon presiden atau bacapres Anies Baswedan menyatakan bersama pasangannya, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, menyatakan tak akan berlama-lama mendaftar ketika tahapan itu sudah dibuka.

Lantas, kapan Anies akan mendaftar? Apakah hari pertama? "(Hari pertama), ya mudah-mudahan, begitu buka kami daftar, Insyaallah," kata Anies usai menghadiri acara Bacapres Bicara Gagasan di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Selasa, 19 September 2023.

Bacapres yang diusung Partai NasDem, PKB, dan PKS itu menuturkan pihaknya sendiri tak mengejar nomor urut dalam pendaftaran capres dan cawapres nanti.

Menurut Anies, Koalisi Perubahan berfokus agar saat pendaftaran dibuka segala persyaratan administrasi sudah beres. Sehingga bisa langsung berfokus untuk upaya pemenangan Pemilu 2024. "Kalau nomor (urut) ya nanti lihat saja, tidak ada bedanya," kata Anies, seperti dikutip tempo.

Anies menyatakan, dalam Pemilu 2024 nanti ingin semua proses berjalan lancar dan situasi juga kondusif. Anies pun merespons soal heboh akun Instagram Kebun Binatang (bonbin) Surabaya (KBS) yang dibajak pada Selasa, 19 September 2023 dengan mengunggah foto Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar saat deklarasi capres dan cawapres di Hotel Majapahit, Surabaya sebelumnya.

"Saya malah baru tahu (akun bonbin Surabaya dibajak)," kata Anies.

"Tapi kami ingin suasana pemilu ini sehat, jadi bagi semua pihak bantu supaya suasananya tenang, teduh, dan jangan melakukan kegiatan seperti (membajak media sosial) itu," imbuh Anies.

Anies menuturkan, aksi tak bertanggung jawab seperti yang terjadi pada akun media sosial wahana publik itu seharusnya tak terjadi. "Itu akan merepotkan semua," kata Anies. (*/net/pp)

  • Bagikan