Dosen PKM Serahkan Bantuan Alat Produksi di Takalar

  • Bagikan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, TAKALAR-- Pengabdian masyarakat, adalah kewajiban bagi setiap dosen. Selasa 26 September 2023, bertempat di sentra produksi Kue Baruasa, tradisional Makassar, menyerahan aset berupa alat produksi kepada dua pengusaha mikro (rumahan) di Desa Sampulungan, Kecamatan Galesong Utara, Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan.

Hadir menerima alat produksi, Saiful Daeng Tarang (Kue Baruasa Daeng Bau), dan Saedah Daeng Tanning (Usaha Kue Baruasa Sampulungan). Di hadapan tim dosen, kedua penerima alat produksi berjanji akan meneruskan usahanya, sebagai pelestarian kuliner khas Makassar.

“Ini merupakan tahapan dalam pelaksanaan hibah Program Kemitraan Masyarakat (PKM), didanai Direktorat Riset Teknologi dan Pemberdayaan Masyarakat,” ujar Dr. Nani Harlinda Nurdin, M.Si. Ketua Tim PKM, yang juga dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Indonesia Timur (UIT).

Skema PKM ini mensyaratkan adanya solusi yang diberikan pada minimal dua aspek permasalahan yang di hadapi oleh mitra. “Mitra kami mempunyai 3 aspek permasalahan yakni aspek produksi, pemasaran dan kesehatan,” lanjut Nani, yang saat penyerahan bantuan peralatan didampingi Dr. Miah Said, SE. MM. Dosen Universitas Bosowa (UNIBOS).

“Solusi yang kami tawarkan pada ke tiga aspek inilah yang membuat proposal memenangkan hibah Direktorat Riset, Teknologi dan Pemberdayaan Masyarakat (DRTPM) Kemenristekdiki tahun anggaran 2023,” tambah Nani. Sembari menambahkan disamping kesesuaian bidang ilmu dan rekam jejak penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang telah dilakukan oleh tim pengusul.

Program ini menawarkan nilai inovasi yang berguna bagi mitra serta menjadi point dalam hasil review proposal. “Kedepan kami berharap dapat ikut serta dalam skema-skema lain yang lebih tinggi sehingga bisa membawa manfaat yang lebih besar bagi mitra dalam menyelesaikan permasalahan produksi mereka.

Nismawati, S.Si. M.Kes. Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UIT, “Kegiatan dosen ini sangat bermanfaat bagi Perguruan Tinggi (PT) kami dalam meraih peringkat yang lebih tinggi,” ujarnya. Kepada sejumlah masyarakat yang hadir, Nisma berharap pengembangan usaha rumahan terus digalakkan.(rls/pp)

  • Bagikan