Timnas Indonesia Terhenti di Babak 16 Besar, Gol Dianulir, Uzbekistan Menang 2-0

  • Bagikan

Skuad timnas Indonesia. -noc--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, HANGZHOU-- Timnas Indonesia harus bersabar. Hasrat untuk melaju ke babak perempatfinal Asian Games 2023 terhenti saat dikalahkan Uzbekistan 2-0.

Gol-gol yang dilesakkan Uzbekistan tersebut di babak tambahan wakti yakni menit92 dan menit 120 plus 2. Adalah gol S. Esanov yang membuyarkan ambisi Indonesia di ajang ini.

Pada waktu normal, kedudukan tetap 0-0 sampai babak tambahan di Asian Games 2023.

Bertanding di Shangcheng Sports Centre Stadium, Hangzhou, Kamis (28/9/2023), Indonesia dan Uzbekistan bermain 0-0 pada babak pertama.

Sama seperti babak pertama, Indonesia masih terus digempur oleh Uzbekistan. Tim asuhan Indra Sjafri sesekali mengancam, salah satunya lewat tembakan jarak jauh Muhammad Taufany pada babak kedua.

Pada babak pertama, Tim Merah-Putih susah membongkar pertahanan Uzbekistan.

Sementara itu, Uzbekistan beberapa kali membahayakan gawang Indonesia. Peluang emas Uzbekistan pada menit ke-25 terlewat. Bola umpan sundulan Alibek Dravronov gagal dimaksimalkan oleh Jiyanov di muka gawang Indonesia.

Uzbekistan melakukan percobaan dari luar kotak penalti pada menit ke-42. Tendangan jarak jauh dari Jasurbek Jaloliddinov masih bisa ditepis Ernando Ari.

Ernando Ari mampu melakukan penyelamatan penting untuk Indonesia. Dia mampu menepis tembakan bebas pemain Uzbekistan pada menit ke-51.

Uzbekistan menyamping! tembakan Khusain Norchaev dari jarak dekat masih melebar tipis dari gawang Indonesia.

Ulugbek Khoshimov memberikan ancaman untuk Indonesia pada menit ke-59! Sepakannya juga cuma menggetarkan jala gawang Indonesia dari samping saja.

Gempuran Uzbekistan terus menyasar gawang Indonesia. Pada menit ke-64, sundulan Alibek Davronov juga masih melambung jauh. Sundulan Jasurbek Jaloliddinov 11 menit berselang juga masih menyamping.

Blok penting dilakukan oleh Rizky Ridho untuk mencegah gawang Indonesia kebobolan. Dia memblok tendangan Alisher Odilov pada menit ke-82.

Indonesia mengancam pada menit ke-84. Sepakan jarak jauh Muhammad Taufany masih melambung jauh dari mistar gawang Uzbekistan.

Gawang Indonesia terancam pada menit ke-86. Tembakan bebas Jaloliddinov sudah tepat sasaran, bisa ditangkap oleh Ernando Ari.

Hingga laga selesai belum ada gol, Indonesia vs Uzbekistan lanjut ke babak tambahan.

Pada babak tambahan waktu, Indonesia tidak berdaya. Gol pertama dilesakkan S. Esanov pada menit 92. Berawal dari tendangan sudut kanan gawang Indonesia. Dengan sekali sontekan, ia pun memperdaya penjaga gawang Indonesia, Ernando Ari.

Indonesia pada manit 116, nyaris menyamakan kedudukan. Hanya saja gol dianulir wasit karena Ramadhan Sananta melakukan pergerakan yang berujung offside.

Pada menit ke-120 plus 2, malapetaka kembali dialami Indonesia. Satu kerjasama yang baik, membuat gol kedua lahir. Dari daerah pertahanan Timnas Indonesia, umpan manis berhasil diselesaikan dengan sempurna oleh S. Esanov. Kedudukan pun menjadi 2-0 sampai pertandingan usai.

Di babak perempat final, Uzbekistan akan melawan pemenang antara Arab Saudi atau India. (*/net/pp)

Susunan Pemain:

Indonesia: Ernando Ari, Bagas Kaffa, Andi Setyo, Rizki Ridho, Dony Tri, Alfeandra Dewangga, Muhammad Taufany, Syahrian Abimanyu, Egy Maulana Vikri, Ramadhan Sananta, Ramai Rumakiek.

Uzbekistan: Otabek Boymurodov, Khamidullo Abdunabiev, Makhmudjon Makhmadjonov, Shokhjakhon Sultonmurodov, Bekhzod Shamsiev, Eldorbek Begimov, Asadbek Rakhimjonov, Sherzod Esanov, Otabek Jurakuziyev, Alisher Odilov

  • Bagikan