UMB Palopo Ancang-ancang Buka Program Doktoral Kesmas

  • Bagikan

Suasana yudisium periode kedua angkatan XIV tahun 2023 yang digelar UMB Palopo di SCC, Jumat 29 September 2023. --hms umb--

Di Tengah Persiapan Pembukaan Fakultas Kedokteran

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO-- Universitas Mega Buana (UMB) Palopo di tengah persiapan pembukaan Fakultas Ilmu Kedokteran yang sementara berjalan, terus melakukan pengembangan layanan pendidikan tingginya dengan mengancang-ancang untuk membuka program doktoral (S3) Kesehatan Masyarakat.

Hal itu diungkapkan Rektor UMB Palopo, Dr Hj Nilawati Uly, S.Si, Apt, M.Kes saat sambutan pada kegiatan yudisium Program Sarjana, Profesi, dan Magister, Jumat 29 September 2023 di Saodenrae Convention Centre.

"Untuk S2 Kesmas ini, kami tengah berupaya. Ya, dalam waktu dekat mengajukan pembukaan program doktoral (S3)Kesmas," beber Rektor UMB Palopo Dr. Hj NIlawati Uly, S.Si, A.pt, M.Kes.

Sejumlah alasan untuk membuka program studi ini. Salah satunya, permintaan serta kebutuhan masyarakat. Tentunya, untuk meningkatan kualitas dan kualitas SDM di lingkup bidang kesehatan.

Di samping itu, respon masyarakat terlihat di S2 Kesmas dimana sejak dibukanya penerimaan Maba tahun ini disambut baik serta S2 Kesmas UMB Palopo telah terakreditasi baik sekali dari LAM-PTKEs.

Diungkapkan Rektor, telah terjalin kerjasama dengan FKM Unhas pada program doktoral (S3) Kesehatan Masyarakat.

"Bagi alumni program magister (S2) kesmas, bisa melanjutkan pada program S3 Kesmas di Unhas," katanya.

Diketahui S2 Kesmas UMB ini yang pertama di Tana Luwu dan Tana Toraja sejak mendapatkan izin pendirian pada tahun 2021 lalu. Dan ini adalah alumni pertama bagi program studi ini.

Selain program doktoral, UMB Palopo juga mempersiapkan S2 untuk Prodi Ilmu Hukum. Setelah melalui proses reakreditasi yang akan dilakukan ke depan.

Diketahui, alumni Hukum ini merupakan angkatan kedua di UMB Palopo sejak akuisi perguruan tinggi STIH Damarica Palopo pada tahun 2020 dan mendapatkan sambutan yang baik juga setelah dalam pengelolaan UMB Palopo.

Untuk program pengembangan layanan pendidikan, UMB Palopo yang tengah berjalan saat ini adalah proses pembukaan prodi Ilmu Kedokteran yang dibimbing langsung oleh FK Unhas.

"Untuk pembukaan prodi ini UMB Palopo telah mendapatkan rekomendasi dari Kementerian kesehatan. Insya Allah dalam waktu dekat akan dilakukan visitasi. Dan, mudah-mudahan dalam waktu dekat juga mendapatkan ijn penyelenggaraan. Kita doakan sama-sama hasilnya bagus seperti yang diharapkan," katanya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Palopo, Irsan Anugrah S.KM.,MM, menyampaikan sambutan pada kegiatan ini. Ia memberikan apresiasi kepada UMB Palopo.

Menurutnya, kehadiran UMB Palopo memberikan rasa bangga bagi Pemerintah di Kota Palopo ini. Khususnya kehadiran S2 Kesmas yang ternyata banyak diisi oleh pejabat dari lingkungan Puskesmas.

"Tadi saya lihat banyak senior saya yang di Yudisium, para Kepala Puskesmas di Kota Palopo, dan ada juga sejumlah Kepala Puskesmas dari daerah tetangga, itu patut kita berbangga dan saya kira sudah tepat teman-teman memilih UMB Palopo untuk melanjutkan studinya," ungkapnya disambut aplaus.

Ia juga menyinggung biaya kuliah S2 jika ke Kota Makassar yang tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit. ''Nah, dengan kehadiraan sejumlah program Studi di UMB Palopo ini bisa meringankan biaya biaya yang ada. Sehingga patutlah kita berterima kasih kepada UMB Palopo karena bisa menyediakan sarana pendidikan bagi masyarakat untuk meningkatkan kapasitas, utamanya kalangan ASN. Karena, jelas membantu dalam peningkatan SDM secara kualitas dan mutu yang bermuara pada pemberian layanan kesehatan yang berkualitas.

Ia menyampaikan, UMB Palopo telah bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota Palopo berikut dengan Puskesmas yang ada di Kota Palopo.

"Ini adalah wujud komitmen yang baik. Namun, harus dijalankan secara berkesinambungan. Karena, kita sama-sama tahu bahwa UMB Palopo menyelenggarakan sejumlah Prodi Kesehatan, dan sejumlah prodi lainnya," sebutnya.

Pelaksanaan Yudisium dan dilanjutkan dengan proses wisuda yang digelar ini adalah periode kedua tahun 2023, dimana pada periode pertama bulan Agustus lalu diwisuda sebanyak 629 lulusan. Untuk periode kedua ini, diwisuda sebanyak 143 orang, dengan total lulusan tahun ini sebanyak 772.

Dengan demikian, jumlah alumni secara total sebanyak 4.462. Para wisudawan ini juga terdiri dari sejumlah mahasiswa dari berbagai daerah di Sulawesi dan Papua.(*/pp)

  • Bagikan