PSM Kalah Dramatis dari PSIS 2-1, Terpuruk di Urutan 14 Klasemen, Bernardo Tavares: Saya Capek dan Lelah

  • Bagikan

Foto: Pemain PSM Makassar Dzaky Asraf berebut bola dengan pemain PSIS Semarang dalam laga Liga 1 2023/2024. (Dok. PSM Makassar)

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, SEMARANG--
PSM Makassar kini makin terpuruk. Bertanding melawan PSIS Semarang dalam laga lanjutan Liga 1 2023/2024, Tim Juku Eja kalah dramatis 1-2. Dua gol cepat tuan rumah membuat tim Juku Eja kesulitan mengejar ketertinggalan.

Duel penuh gengsi ini, dihelat di Stadion Jatidiri, Semarang, Sabtu 30 September 2023 sore Wita. Adalah Gali Frietas membawa timnya memimpin di menit ke-29. Kemudian, disusul Vitinho menggandakan keunggulan pada menit ke-35.

Tim Asuhan Bernardo Tavares berhasil memperkecil ketertinggalan menjadi 2-1 di menit ke-66 lewat gol Kenzo Nambu. Hanya saja, upaya untuk menyamakan skor tidak kunjung tercipta hingga peluit panjang dibunyikan.

Hasil ini membuat PSM tertahan di posisi 14 klasemen Liga 1 dengan 18 poin dari 14 laga. Sementara PSIS naik ke peringkat 3 dengan mengemas 24 poin.

Atas keberhasilan PSIS tersebut, Pelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares mengucapkan selamat kepada Tim Mahesa Jenar.

Ia mengaku di pertandingan ini atmosfer yang ditunjukkan oleh para pendukung tim tuan rumah begitu luar biasa di sepanjang jalannya pertandingan.

“Selamat kepada PSIS Semarang untuk kemenangannya. Atmosfer yang luar biasa ditunjukkan oleh pendukung tim tuan rumah,” kata Bernardo Tavares di sesi konferensi pers usai laga, Sabtu (30/9/2023).

Pelatih asal Portugal ini kembali mengeluhkan masalah jadwal padat dan saling berdekatan yang harus dijalani tim pada musim ini. 

Bahkan, ia kembali menyinggung masalah waktu persiapan dari lawannya PSIS Semarang dibandingkan tim yang memiliki waktu begitu sedikit.

“Tim PSIS menunggu kita di kota mereka di sini 8 hari, yang mana kita masih di Vietnam saat itu dan harus melakukan perjalanan jauh sekali dan balik lagi ke Indonesia dengan berbagai transit dan akhirnya kita tiba ke sini,” tuturnya.

Bernardo Tavares pun mengaku dirinya begitu capek dan lelah karena harus terus memainkan pertandingan di waktu yang saling berdekatan.

Pelatih berusia 43 tahun itu pun menyampaikan, dirinya saja bisa secapek itu apalagi pemainnya yang harus berlaga di lapangan.

“Saya capek dan lelah bayangkan pemain-pemain, mereka harus memainkan pertandingan,” sebutnya.

“Terima kasih, khususnya untuk para pemain yang sudah memberikan segalanya pada hari ini,” ungkapnya. 

HASIL LAIN

SEMENTARA itu, pada partai lain,  Persis Solo vs Persija Jakarta. Duel ini tersaji di Stadion Manahan, Sabtu malam, 30 September 2023. Kedua tim bermain imbang 2-2.

Persija unggul lebih dahulu, saat laga baru berlangsung dua menit, lewat gol Oliver Bias. Persis membalas pada menit ke-32 lewat gol Tan Sutanto.

Persis kemudian harus bermain dengan 10 orang setelah Jaime mendapat kartu kuning kedua pada menit ke-42. Namun, mereka berbalik unggul lewat gol Althaf Alrizky pada menit ke-50.

Keunggulan itu sirna pada menit ke-79. Persija meraih gol keduanya lewat Aji Kusuma.

Persis Solo yang terus menang dalam dua laga sebelumnya kini menempati posisi ke-10 klasemen dengan nilai 19. Persija Jakarta yang mengalami dua hasi seri secara beruntun, setingkat di atasnya berkat keunggulan selisih gol.

Dalam pertandingan lain, Persik Kediri mengalahkan Bhayangkara FC 2-0. Kedua gol dalam laga ini diborong Mohammad Khanafi.

Persik meraih kemenangan kedua secara beruntun. Mereka menempati posisi ke-12 klasemen dengan nilai 18. Bhayngkara FC tetap di dasar klasemen dengan nilai 6.

Hasil Liga 1 Sabtu Sore

Dewa United bermain imbang 1-1 saat menjamu Persebaya Surabaya. Hasil ini diraih ketika Persebaya harus bermain dengan 10 orang dalam sebagaian laga.

Persebaya unggul lebih dahulu lewat gol Ripal Wahyudi pada menit ke-17. Mereka kemudian kehilangan Arief Catur karena kartu merah pada menit ke-37.

Dewa United menyamakan kedudukan pada akhir babak pertama. Mereka meraih gol dari Majed Osman.

Dewa United gagal menang untuk keempat kalinya secara beruntun. Mereka menempati posisi ke-10 klasemen dengan nilai 18.

Adapun Persebaya gagal menang untuk ketiga kalinya dalam lima laga terakhir. Mereka naik ke posisi kelima klasemen dengan nilai 22.

Laga Arema FC vs PSS Sleman juga berakhir 2-1. Dua gol Arema diborong Gustavo Almeida dari titik penalto. Gol PSS dicetak gol Thales, yang kemudian mendapat kartu merah.

Arema gagal maih berada zona degradasi, posisi ke-16 klasemen dengan nilai 13. PSS Sleman gagal menang dalam lima laga terakhirnya. Mereka menempati posisi 13 klasemen dengan nilai 18. (****/pp)

Hasil dan Jadwal Liga 1 Pekan Ke-14

Jumat, 29 September 2023
Barito Putera vs RANS Nusantara FC 1-1
Bali United vs Persikabo 1973 2-0.

Sabtu, 20 September 2023
Dewa United vs Persebaya Surabaya 1-1
Arema FC vs PSS Sleman 2-1
PSIS Semarang vs PSM Makassar 2-1
Persik Kediri vs Bhayangkara FC 2-0
Persis Solo vs Persija Jakarta 2-2.

Minggu, 1 Oktober 2023
15.00 Madura United vs Borneo FC (Indosiar, Vidio)
19.00 Persib Bandung vs Persita Tangerang (Indosiar, Vidio).

Klasemen Liga 1

Daftar Top Skor Liga 1 2023-2024

11 Gol:
Gustavo Almeida dos Santos (Arema FC)

7 gol:
Gustavo Tocantins (Barito Putera)
Alex Martins (Dewa United)
Junior Brandao (Madura United)
Carlos Fortes (PSIS Semarang)
Kenzo Nambu (PSM Makassar).

6 Gol:
Murilo (Barito Putera)
Jefferson de Assis (Bali United)
Gali Freitas (PSIS)
Bruno (Persebaya).

5 gol:
Stafeno Lilipaly (Borneo FC)
Fernando Rodriguez (Persis Solo)
Ramadhan Sananta (Persis)
Ciro Alves (Persib)
David da Silva (Persib).
(fjr/pp)

  • Bagikan