HUT Ke-25 PSMTI, Moeldoko: Tak Ada Lagi Minoritas!

  • Bagikan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID JAKARTA -- Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko menekankan pemerintah berkomitmen melakukan usaha-usaha pemajuan kebudayaan dan mengakui keberagaman budaya di Indonesia yang ditujukan pada persatuan dan kesatuan bangsa.

“Ke depan tidak ada lagi minoritas,” tekan Moeldoko mewakili Presiden Joko Widodo menghadiri perayaan HUT ke-25 Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, Senin 2 Oktober 2024.

Salah satunya telah dituangkan dalam sebuah Undang-Undang, yaitu UU Nomor 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan

Moeldoko mengapresiasi kehadiran organisasi masyarakat seperti PSMTI yang menjadi wadah penghubung antara pemerintah dengan masyarakat secara luas, khususnya untuk penyampaian aspirasi yang berpengaruh dalam pembuatan kebijakan pemerintah.

Mantan Panglima TNI ini berharap, di usia 25 tahun, PSMTI kedepannya selalu memberi kontribusi pada pemerintah.

Menurutnya peran organisasi masyarakat adalah sebagai partner strategis pemerintah karena selalu berkontribusi pada bangsa, peran itulah yang paling penting untuk PSMTI, jadi tolong dijalankan sebaik-baiknya.

Moeldoko berujar bahwa kontribusi bagi bangsa dan negara penting untuk diperhatikan oleh setiap organisasi.

“Bisa jadi pegawai negeri, bisa jadi TNI, atau keikutsertaan dalam proses politik, ruang ini terbuka untuk semuanya tanpa memandang ras maupun suku,” tegasnya.

Dia mencontohkan salah satu pejuang Indonesia keturunan Tionghoa, Laksamana Muda TNI (Purn) John Lie yang berjuang bertaruh nyawa demi tegaknya NKRI.

Di samping itu, Moeldoko menyampaikan adanya Dana Abadi Kebudayaan yang disebut juga Dana Indonesiana.

Hal ini merupakan upaya pemerintah dalam mendukung berbagai acara-acara kebudayaan di Indonesia. Sehingga, ide-ide kreatif yang berorientasi pada pemajuan kebudayaan dapat difasilitasi dengan baik oleh pemerintah.

"Pemerintah sudah mengalokasikan 5T untuk dana abadi ini, sehingga ini kesempatan yang sangat baik untuk digunakan,” kuncinya.

Selain Moeldoko yang menghadiri puncak perayaan HUT Ke-25 PSMTI, hadir juga Bakal calon presiden dari PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo dan Ketua Umum Perindo Hary Tanoesoedibjo, dan beberapa tokoh penting lainnya. (int/idr)

  • Bagikan