Siap Kawal Pemilu Aman dan Lancar

  • Bagikan
  • Memperingati HUT Ke-78 TNI, Dandim Palopo dan Tator Ziarah ke TMP

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO -- Hari ini adalah hari yang membahagiakan bagi para prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI). Pasalnya, hari ini memperingati HUT Ke-78 TNI, Kamis 5 Oktober 2023. Secara nasional digelar di silang Monas, Jakarta. Namun, euforia di daerah hingga ke tingkat Kodim sudah sangat ramai sejak beberapa pekan lalu.
Di HUT Ke-78 TNI tahun 2023 dengan tema "TNI Patriot NKRI: Pengawal Demokrasi untuk Indonesia Maju".

Adapun sejumlah harapan para prajurit TNI disampaikan salah satunya oleh Dandim 1403 Palopo, Letkol Inf Apriadi Nidjo. Bersama jajarannya melakukan ziarah ke Taman Makam Pahlawan di Salobulo.

Sementara itu, Dandim 1414/Tator Letkol Inf Monfi Ade Candra S.I.P., M.Han sehari sebelumnya, juga melaksanakan Ziarah Nasional di Taman Makam Pahlawan (TMP), Kelurahan Pasele, Kecamatan Rantepao, Kabubaten Toraja Utara, Rabu 4 Oktober 2023.

Kegiatan yang dimulai sejak pagi hari tersebut, merupakan rangkaian kegiatan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-78 Tentara Nasional Indonesia (TNI)
Kegiatan diawali dengan penghormatan kepada para arwah pahlawan, kemudian peletakan karangan bunga oleh inspektur upacara, dilanjutkan dengan penaburan bunga, dan diakhiri dengan doa.

Di sela-sela Pelaksanaan kegiatan saat di temui Dandim Letkol Inf Monfi Ade Candra S.I.P., M.Han. menyampaikan Ziarah Nasioanal ini wujud penghargaan atas perjuangan jasa-jasa para pahlawan terdahulu yang telah gugur merebut Kemerdekaan dari tangan penjajah dan berkat pengorbanan lahir serta batinnya bangsa Indonesia ini bisa merdeka.

"Kita sebagai generasi penerus mereka wajib mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang tercinta ini untuk mencapai Bangsa yang berdaulat adil dan makmur," ungkapnya.

"Mari di hari jadi TNI yang ke-78 ini, kita tingkatkan sinergitas untuk negeri, serta menjadikan bangsa Indonesia hidup damai, aman, tentram, makmur dan sejahtera,” tutup Dandim 1414/ Tator ini.
Hadir dalam kegiatan tersebut Kasdim 1414/Tator, Perwira Kodim 1414/Tator, Bintara/Tamtama, PNS, Dan Pengurus Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XLI Dim 1414/Tator.

Sejarah Singkat HUT TNI Tanggal 5 Oktober
Sebagai informasi dikutip dari laman resmi TNI, peringatan HUT TNI setiap tanggal 5 Oktober berdasarkan momen pembentukan Tentara Keamanan Rakyat (TKR) pada 5 Oktober 1945, yang menjadi cikal bakal TNI saat ini. TKR sebelumnya bernama perubahan nama Badan Kesatuan Rakyat (BKR).

Nama Tentara Nasional Indonesia (TNI) sendiri diresmikan pada tanggal 3 Juni 1947 oleh Presiden Soekarno. Tujuannya untuk mempersatukan dua kekuatan bersenjata, yaitu TRI sebagai tentara regular dan badan-badan perjuangan rakyat yang ada di Indonesia.(idr)

  • Bagikan