Hadiri Upacara Peringatan HUT Ke-78 TNI, Pj Gubernur Sulsel Akui TNI Hebat dan Kuat

  • Bagikan

Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, menghadiri upacara peringatan HUT ke-78 Tahun TNI, di Lapangan Karebosi Makassar, Kamis, 5 Oktober 2023. --hms pemprov--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, MAKASSAR - Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Bahtiar Baharuddin, menghadiri upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-78 Tahun TNI, di Lapangan Karebosi Makassar, Kamis, 5 Oktober 2023.

Di sela-sela berlangsungnya acara, Pj Gubernur Sulsel mengakui, dengan segala prestasi dan torehan selama ini, TNI memang diakui kuat dan hebat dalam mengawal keamanan dan ketahanan nasional dan tentunya khususnya di Sulsel.

"Insyaallah kita dikawal oleh TNI Darat, Laut, Udara yang bekerja menegakkan keamanan bersama TNI dan Polri wilayah ini, kita bangga sebagai warga negara kita memiliki TNI yang hebat, TNI kita yang kuat," ujar Bahtiar, di Lapangan Karebosi Makassar, Kamis, 5 Oktober 2023.

Untuk itu, sebagai Pj Gubernur Sulsel dan mewakili seluruh masyarakat dan Forkompinda Sulsel, menyampaikan selamat HUT Ke-78 tahun TNI.

"Saya atas nama Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dan seluruh masyarakat Sulawesi Selatan, termasuk pemerintah kabupaten kota hari ini mengucapkan selamat ulang tahun TNI yang ke 78," ucapnya.

Menurut dia, TNI adalah pengawal demokrasi. TNI selalu menunggal bersama rakyat. Terbukti hari ini disaksikan seluruh elemen masyarakat bagaimana rangkaian kegiatan HUT Ke-78 TNI.

"Hari ini kita bangga sekali menyaksikan hari ulang tahun yang disiapkan secara baik oleh Panglima Kodam Hasanuddin, dan seluruh jajaran termasuk rekan-rekan dari angkatan darat dan udara dengan Polri dan satuan intelejen dan lain-lainnya," ungkapnya.

Ia menyampaikan apresiasi luar biasa dari melihat apa rangkaian kegiatan yang dilakukan oleh Pangdam melihat kesiapsiagaan TNI bersama Polri, aparat keamanan dan pendukung lainnya dengan seluruh masyarakat dan tentunya simulasi yang dipertontonkan untuk simulasi gladi pemutaran suara untuk Pemilu.

"Saya yakin dan percaya sebagai gubernur yang memimpin sementara wilayah ini, saya yakin pelaksanaan Pemilu 2024 maupun Pilkada serentak di wilayah ini, Insyaallah akan berjalan aman dan lancar untuk kesiapsiagaan sangat siap sekali untuk mengamankan seluruh wilayah di Sulawesi Selatan," jelasnya.

"Jadi masyarakat tetap tenang menjalankan kegiatan sebagaimana mestinya sehari-hari," lanjutnya.

Panglima Kodam XIV/Hasanuddin, Mayjen TNI Dr. H. Totok Imam Santoso menjelaskan, pada hari ini di wilayah Provinsi Sulsel untuk jajaran TNI baik darat, udara, memperingati HUT Ke-78 TNI. Intinya dalam HUT ini ingin meningkatkan kualitas pengabdian kepada masyarakat, bela negara dan bangsa.

"Makanya hari ini khusus di Sulsel kita gelar maksimal seluruh prajurit TNI bahkan melibatkan kepolisian pemerintah daerah, mahasiswa, pelajar dan juga komponen bangsa yang lain," katanya.

Ia menjelaskan, hari ini juga kita gelar pemberian sembako 3.300. Untuk di Makassar 1.900 sembako, dan yang lain tersebar di Sulbar dan Sulsel kepada seluruh masyarakat yang berhak menerima.

"Kemudian juga nanti ada penghargaan prajurit, PNS, wartawan dan rekan-rekan yang berprestasi dalam tugas pengabdian selama ini. Kemudian ada penyerahan sepeda motor ambulance dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan kepada kita untuk masyarakat daerah terpencil," lanjutnya.

Untuk itu, ia berharap, mudah-mudahan bisa dilakukan dan berterimakasih kepada pemerintah provinsi, kepada Kapolda, Forkompinda atas partisipasi dan seluruh komponen masyarakat di wilayah Sulsel. 

"Mohon doa restunya, semoga kedepannya TNI lebih optimal dalam melaksanakan tugas TNI patriot NKRI. Kita sudah lama bekerjasama dengan pemerintah provinsi dan pemerintah daerah setempat melaksanakan ketahanan pangan," tuturnya.

"Jadi TNI sudah beberapa lahan-lahan kita, kemudian lahan masyarakat yang tertidur kita kelola bersama-sama, kita tanami baik jagung, padi dan lain sebagainya," lanjutnya.

Menurut dia, untuk membantu ketahanan inflasi dan ketahanan pangan kita untuk saat ini dan imbauan di kondisi saat ini kita kurangi konsumsi beras, tapi kita konsumsi jagung, ubi, dan lain sebagainya. (*/pp)

  • Bagikan