Petahana Rawan ‘Disleding’, Persaingan Caleg DPRD Palopo Makin Ketat

  • Bagikan
--ilustrasi--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO-- Persaingan menuju parlemen dalam kontestasi pemilihan anggota legislatif (Pileg) untuk DPRD Kota Palopo pada Pemilu 2024 membuka peluang besar kepada calon penantang dari beberapa partai politik (Parpol) peserta Pemilu 2024.

Palopos Pos merangkum sejumlah bakal caleg khususnya di Dapil 1 yang meliputi, Kecamatan Wara (22.214 pemilih) dan Wara Utara (15.693 pemilih) dengan kuota 7 kursi. Adapun beberapa Parpol dengan komposisi Bacaleg mumpuni dan dipastikan memperoleh kursi.

Partai Golkar. Partai berlambang pohon beringin ini salah satunya diperkuat Kamriah Muhajir. Melabeli dirinya dengan sebutan 'Mama Muda' membuat namanya terus mencuat sebagai penantang petahana di Pileg yang dilaksanakan pada 14 Februari 2024.

Ada partai Gerindra cukup menjanjikan dengan keberadaan Mustahir Sidu yang bersaing di Dapil ini. Sosoknya cukup dikenal dan pengalamannya dalam persaingan Pileg cukup mumpuni. Tidak sedikit yang mengenyampingkan namanya dalam merebut kursi di parlemen.

Kemudian, Yospin Patayang dari PDI Perjuangan juga menjadi salah satu penantang yang mempunyai peluang. Sosoknya merupakan mantan ASN guru di Palopo dengan memiliki segudang pengalaman dalam bidang pendidikan.

Selanjutnya, ada nama Buhari Suli. Ia merupakan jagoan yang dipersiapkan dalam mengamankan posisi PKB di parlemen.

Dia dikenal dengan basis keluarga yang terbilang solid dalam memenangkan persaingan.
Ansir Ismu dari partai Demokrat. Kerab disapa bang kumis. Ia merupakan pendatang baru dalam kontestasi Pileg. Latar belakangnya sebagai ASN di Palopo menjadikan Ansir Ismu ikut diperhitungkan. Tidak sedikit masyarakat mengenalnya lantaran pernah menjadi Camat di Kecamatan ini semasa aktif sebagai abdi negara.

Kemudian, di partai Hanura juga ada nama Idham Haryanto. Dia seorang politisi senior sekaligus pengusaha. Sosoknya dikenal di kalangan pemuda dan cukup diperhitungkan memperoleh kursi untuk Hanura di Dapil 1.

Di kalangan politisi pada khsusnya nama Yasman Miming tidak asing lagi. Yasman Miming adalah Bacaleg PPP yang bertarung di Dapil ini. Ia merupakan mantan legislator DPRD Palopo asal partai Golkar. Keberadannya sebagai salah satu colon berpeluang menggeser posisisi petahana.

Di partai Nasdem, ada nama Aldhy Aldrial Rivaldhy Somalinggi. Salah satu Bacaleg termuda dengan latar belakang pengusaha yang ikut diperhitungkan. Meski terbilang baru dalam politik, namun dirinya berpeluang menggeser posisi petahana.

Dosen Fakultas Hukum, Unanda Palopo, Dr Haedar Djidar, belum lama ini memberikan pandangannya dalam persaingan Pileg. Menurutnya, para kontestan tersebut harus pandai memainkan pola strategi yang dapat merebut simpati masyarakat. Lanjut Haedar, hal yang paling mendasar ialah bagaimana para Bacaleg mampu menjual ide dan gagasan kepada masyarakat.

"Bacaleg harus memiliki ide dan gagasan untuk ditawarkan masyarakat. Masyarakat perlu tahu seperti apa rekam jejak para calon wakil rakyat mereka. Terlebih lagi seperti apa yang mereka akan lakukan ketika menjadi wakil rakyat. Makanya sangat perlu para Bacaleg mengemukan ide gagasan mereka," kata mantan ketua KPU Palopo ini. (asrul syafruddin)

  • Bagikan