Pemda Torut Terima BBR Rp197 juta Untuk 17 Penerima Korban Tanah Longsor dan Angin Puting Beliung

  • Bagikan

Wakil Bupati Toraja Utara, Frederik V. Palimbong, ST,saat menerima bantuan dari Kemensos RI sebesar Rp 197.500.000 di ruang kerjanya. Senin ,9 Oktober 2023. --albert tinus--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, RANTEPAO- Pemerintah Kabupaten Toraja Utara meneriman Bantuan Bahan Bangunan Rumah (BBR) sebanyak Rp. 197.500.000 kepada 17 Penerima / Korban Bencana Tanah Longsor dan Angin Kencang di Kabupaten Toraja Utara Provinsi Sulawesi Selatan dari Kementerian Sosial Republik Indonesia

Bantuan tersebut diterima oleh Wakil Bupati Toraja Utara di Ruang Kerja Wakil Bupati Toraja Utara di Marante Senin,09 Oktober 2023.Kemudian diserahkan kepada kepada 17 Penerima / Korban.

Menyambut hangat rombongan Kementerian Sosial, Wakil Bupati Toraja Utara, Frederik V. Palimbong, ST menyampaikan Selamat datang kami ucapakan di Kabupaten Toraja Utara bagi rombongan Kementerian Sosial di daerah ini, dilaporkan juga bahwa indeks resiko bencana di Toraja sudah di angka 150 dan bencana yang sering terjadi seperti tanah longsor, angin puting beliung, banjir dan bencana non alam seperti kebakaran.

"Atas nama Pemerintah Daerah kami mengapresiasi bantuan yang telah diberikan kepada warga kami yang tertimpa bencana dan diharapkan kepada warga penerima bantuan agar dimanfaatkan sebaik mungkin dan atas nama Pemerintah kami ucapkan terima kasih ", kata Wabup Toraja Utara .

Sementara Plt. Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana alam (PSKBA) Kementerian Sosial RI, Adrianus Alla mengatakan ,Terima Kasih atas penyambutan kami bersama rombongan yang hangat di Kabupaten Toraja Utara dan tentu disisi lain kami juga merasakan turut prihatin atas kejadian bencana alam yang menimpa warga bersangkutan di Kabupaten Toraja Utara dan diharapkan bantuan ini dapat membantu sedikit usaha bapak/ibu untuk kembali bangkit.

"Bantuan ini diharapkan diperuntukan untuk membeli bahan bangunan rumah tidak disarankan untuk peruntukan hal yang lain", ungkap Adrianus Alla.

Ditambahkan,Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial Kabupaten Toraja Utara, Alexander M. Maraya mengatakan Bagi Korban yang menerima bantuan ini tentu sudah melewati berbagai proses dan tahapan kriteria penerima bantuan seperti pendataan korban, survei yang dilakukan oleh Dinas Sosial bersama dengan Dinas Sosial Provinsi dan PSKBA dari Kementerian Sosial .

"Dan anggaran yang digunakan bersumber dari Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Direktorat Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Tahun Anggaran 2023 Nomor : 027-05.1.690557/2023", jelas Kabid Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinsos Toraja Utara.

Penyerahan tersebut dilakukan secara simbolis oleh Plt. Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana alam (PSKBA) Kemensos RI kepada Pemerintah Kabupaten Toraja Utara yang diterima oleh Wakil Bupati Toraja Utara Frederik V. Palimbong, ST kemudian dilanjutkan diserahkan kepada korban penerima bantuan.

Turut dihadiri Plt. Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana alam (PSKBA) Kemensos RI, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Toraja Utara Elias Madi Para'pak,Perwakilan dari Pihak Bank Mandiri serta 17 warga penerima bantuan atau yang mewakili.(albert tinus)

  • Bagikan