Penjabat Wali Kota Terima Kepala Kantor ATR/BPN Kota Palopo, Asrul Sani: Aset Tak Bersertifikat Segera Anggarkan Bertahap

  • Bagikan
Nampak Pj Wali Kota Palopo Asrul Sani, S.H, M.Si, saat menerima Kepala Kantor ATR/BPN Kota Palopo di ruang kerjanya, lantai 3, Selasa, 10 Oktober 2023. --hms--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO-- Pj. Wali Kota Palopo, Asrul Sani, S.H., M.H., menerima Kepala Kantor ATR/BPN Kota Palopo di Ruang Kerjanya, lantai 3 Kantor Wali Kota Palopo, Selasa, 10 Oktober 2023.

Kepala Kantor ATR/BPN Kota Palopo, Aspar, SSiT., MPA mengatakan, dirinya dan jajarannya siap mensupport Pj. Wali Kota sekaligus juga minta dukungan dalam menjalankan tugas untuk kemudian bersama-sama menyelesaikan dinamika terkait pertanahan di masyarakat.

Melalui Pj. Wali Kota, kepala BPN meminta waktu para camat dan lurah untuk menginventarisir sejauh mana tanah yang telah dan akan didaftarkan melalui Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di wilayah mereka.

“Kita ingin tahu berapa bidang tanah yang belum bersertifikat di wilayah masing masing. Jadi, kita bisa duduk bersama. Dari situ, kita bisa tahu dan bisa kita rencanakan untuk tahun 2024 program Pendaftaran Tanah Kabupaten/kota Lengkap (PTKL). Jadi jika kita sudah punya jumlah (yang belum) bisa kita ajukan ke pusat untuk anggarannya,” ungkap Aspar.

Pj. Wali Kota meminta jajarannya untuk selalu berkoordinasi dan bersinergi dengan BPN dalam mengurusi hal-hal terkait pertanahan. “Untuk hal-hal terkait pertanahan ini kita mesti rajin bertemu, bersilaturahim, dan selalu berkoordinasi,” ungkapnya.

Asrul Sani meminta Kadis Pertanahan Kota Palopo, Hj. Munasirah yang juga hadir pada audiensi itu untuk segera menindaklanjuti hal yang menjadi penyampaian BPN Kota Palopo.

“Segera ditindaklanjuti. Program PTKL dan Forum Penataan Ruang di Kota Palopo. Nanti dikoordinir Asisten I, dan libatkan Kabid Aset BPKAD dalam setiap hal terkait aset Pemkot Palopo,” ungkapnya.

Pj. Wali Kota menambahkan, terkait aset-aset yang belum bersertifikat, akan dianggarkan untuk disertifikatkan walaupun tidak bisa langsung semuanya. 'Jadi, kita akan lakukan secara bertahap. Segera kita anggarkan sesuai kemampuan keuangan,'' katanya.

Tak hanya menerima audiensi dari BPN Kota Palopo, pada hari yang sama, Pj. Wali Kota juga menerima audiensi dari Kepala Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Palopo, Agung Pranoto Eko Putro bersama jajarannya.

Dari audiensi dengan Kepala KKP Pratama, Pj. Wali Kota Palopo meminta agar Pemkot Palopo senantiasa dibantu dalam hal terkait perpajakan.

“Kerjasama Pemkot dan KPP Pratama Kota Palopo senantiasa harus kita jalin.
Kita saling berkoordinasilah, saling bersinergi untuk mewujudkan Kota Palopo yang taat pajak,” ujarnya.

Pada hari itu juga, Pj. Wali Kota menerima Mozart Andi Pangeran, yang memimpin rombongan pengurus Ikatan Motor Indonesia (IMI) Kota Palopo untuk audiensi.

Asrul Sani, Pj. Wali Kota Palopo juga menerima tim verifikasi Inspektorat Pemprov Sulawesi Selatan. Tim Inspektorat Pemprov Sulsel didampingi Inspektur Kota Palopo, Subair, bermaksud pamit kepada Pj. Wali Kota setelah melaksanakan tugas melakukan verifikasi terhadap perangkat daerah di Kota Palopo. (rls)

  • Bagikan