Gelar Diskusi Reboan, KoReAn Sulsel Hadirkan 4 Komisioner Bawaslu Makassar

  • Bagikan

PALOPOPOS. CO. ID, MAKASSAR - Konfederasi Nasional Relawan Anies (KoReAn) wilayah Sulawesi Selatan menggelar Diskusi Reboan dengan topik Seputar Hukum Kepemiluan di Posko Induk Pemenangan AMIN Indonesia Timur, Jalan Meranti, Panakukkang Makassar, Rabu (18/10/2023).

Diskusi dipandu oleh Muhammad Saleh Said yang juga adalah Wakil Ketua DPW Mileanies Sulsel, diawali dengan sambutan dari Wakil Ketua Umum KoReAn Irwan Usman.

"Kegiatan Reboan semacam ini kita harapkan terus dilakukan oleh kawan-kawan relawan di seluruh daerah di Indonesia. Bentuknya bisa bermacam-macam, bisa diskusi, zikir, pengajian atau apapun, sepanjang dilakukan dengan baik dan sukarela," harap Irwan.

Sementara itu Bawaslu Kota Makassar mengutus empat orang Komisionernya untuk menjadi narasumber. Diantaranya Ahmad Ahsanul Fadhil, Risal Suaib, Rachmat Sukarno, dan Eric David Andreas.

Para komisioner Bawaslu ini memperkenalkan sejumlah Perbawaslu yang relevan di seputar kegiatan relawan. Mereka juga secara bergantian menjelaskan tahapan-tahapan pemilu dari perspektif pengawas pemilu.

Termasuk yang diuraikan adalah bagaimana menyikapi dugaan pelanggaran Pemilu yang seringkali dikeluhkan oleh masyarakat.

Diskusi berlangsung lancar dan dinamis. Ratusan relawan memenuhi ruangan di lantai 1 Hotel Pondok Meranti yang telah diresmikan Anies Baswedan sebagai Posko Induk Pemenangan AMIN Indonesia Timur, 24 September lalu.

Untuk diketahui, KoReAn adalah salah satu poros utama simpul relawan di Indonesia yang kini memenangi 250 simpul relawan di berbagai daerah seluruh Indonesia.

Khusus di Sulawesi Selatan, KoReAn kini menaungi 65 simpul relawan yang tersebar di seluruh Kabupaten dan Kota se-Sulawesi Selatan.

Beberapa diantaranya adalah Mileanies, Relabatin, Resopa, Simpanies, Resonansi, Mulanies, Relapena, Pemanies, Front Relawan Anies (FRA), Suara Baswedan, Formarasa, Relas, Relasi, Relawan Mahasiswa Hijau Hitam (REMAHH), dan Relatani.

Selain itu, juga ada Forum Anies National Network (FANN), APDI, Laskar Ar-Rumnis, Pinisi, Sobat Bung Anies (SBA), Garda Amin, Ratakan Takalar, Relawajo, WTL Militan Anies, AMANA, Relanakes, dan yang lainnya. (rls/ikh)

  • Bagikan