Mahfud MD Menguat Dampingi Ganjar, Hari Ini Diumumkan, Sebelumnya Ketemu Megawati

  • Bagikan
Ganjar Pranowo - Mahfud MD (JAWA POS)

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, JAKARTA-- Partai politik (parpol) pengusung calon presiden (capres) Ganjar Pranowo akan mengumumkan nama bakal calon wakil presiden (cawapres) hari ini, Rabu, 18 Oktober 2023 di DPP PDI Perjuangan (PDIP), Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat. Adalah, nama Menko Polhukam Mahfud MD memiliki kans kuat menjadi pendamping Ganjar.

Kepastian pengumuman cawapres Ganjar itu disampaikan Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto setelah bertemu Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri di kediamannya di Jalan Teuku Umar, Jakarta Pusat, 17 Oktober 2023. Sejumlah petinggi partai banteng menghadiri pertemuan di rumah Megawati untuk melakukan konsolidasi penentuan cawapres.

Hasto mengatakan, melihat dinamika politik yang terjadi akhir-akhir ini, Megawati menugaskan DPP PDIP melakukan koordinasi dengan Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo untuk menyiapkan pengumuman nama cawapres. "Kami ditugaskan berkoordinasi dengan TPN Ganjar Pranowo Presiden,” terangnya.

Hasto menegaskan, bersama partai politik pengusung Ganjar yang tergabung dalam TPN, pihaknya akan mengumumkan nama cawapres Ganjar hari ini pada pukul 10.00 di kantor DPP PDIP. "Besok (hari ini) Rabu tanggal 18 Oktober 2023 pada jam 10.00 tepat, akan diumumkan siapa calon wakil presiden yang akan mendampingi Pak Ganjar Pranowo. Mohon doa restunya," terangnya.

Saat ditanya sosok yang akan diumumkan sebagai cawapres Ganjar, Hasto tidak memberikan jawaban pasti. Dia juga enggan menyebutkan inisial nama bakal cawapres Ganjar. Hasto hanya menyebutkan bahwa inisialnya adalah Indonesia Raya. "Untuk Indonesia Raya, untuk rakyat Indonesia dan kemajuan kita bersama,” tuturnya.

Terkait peluang nama Mahfud MD sebagai pendamping Ganjar, Hasto juga enggan menjawab. Dia meminta para wartawan untuk menunggu pengumuman di kantor DPP PDIP hari ini.

Peluang Mahfud sebagai pendamping Ganjar memang sangat kuat. Kemarin Megawati diketahui menggelar pertemuan dengan Mahfud MD di Teuku Umar. Kans Mahfud juga diperkuat dengan statement Ketua Majelis Pertimbangan PPP Muhammad Romahurmuziy tadi malam. Romi mengatakan, tokoh yang akan mendampingi Ganjar adalah figur religius. Selain itu, integritasnya sebagai pejabat publik sudah terentang lintas dekade.

"Pengalamannya yang lengkap berada di seluruh kamar trias politika," kata Romi. Mahfud sendiri diketahui pernah duduk di legislatif, yudikatif, dan saat ini di eksekutif. Namun, Romi belum mau menegaskan. Dia meyakini rekam jejak kebersihannya yang tanpa kompromi akan membantu Ganjar untuk mewujudkan Indonesia hebat.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum Partai Hanura Benny Rhamdani juga memberi kode sama. Dia mengatakan bahwa cawapres yang akan mendampingi Ganjar berinisial M. Namun, dia tidak menyebutkan secara gamblang siapa yang dimaksud dengan inisial M. "Pokoknya inisialnya M,” beber Benny.

Menurut dia, nama berinisial M bisa saja Mahfud MD, tapi bisa juga sosok lain yang selama ini disebut-sebut. Misalnya, Andika Perkasa, Khofifah, Erick Thohir, Gibran Rakabuming Raka, dan nama lainnya. "Bisa Mas Mahfud, Mas Andika, Mbak Khofifah,” ungkap Benny.

Terpisah, Wakil Ketua TPN Ganjar Gatot Eddy Pramono juga memastikan pengumuman cawapres Ganjar akan dilakukan hari ini. Namun, dia juga enggan menyebutkan nama sosok yang akan menjadi pendamping Ganjar. Dia meminta para wartawan bersabar menunggu sampai pengumuman dilakukan.

Dia menambahkan, deklarasi pengumuman cawapres Ganjar akan dilakukan dengan penuh kejutan. Tentu, sosok yang akan mendampingi Ganjar adalah orang yang tepat. "Tunggu besok (hari ini). Pasti ada element of surprise-nya,” tutur mantan Wakapolri itu setelah menghadiri acara di Gedung Juang 45, Jakarta, kemarin. (jawapos/pp)

  • Bagikan