Harmoni Alam PT Antam dan Masyarakat Cisangku Menjaga Kelestarian Hutan Pongkor

  • Bagikan
MERAWAT HUTAN, SUMBER AIR PUN TERPENUHI. Masyarakat kawasan Cisangku yang tergabung dalam Kelompok MKK (Model Kampung Konservasi) binaan dari PT Antam, melakukan pembersihan sumber air bersih Curug Kembar, Rabu 18 Oktober 2023. Dengan menjaga kelestarian ekosistem hutan, maka hutan akan terus memberikan kehidupan bagi masyarakat, mulai dari air bersih hingga keindahan alam. IDRIS PRASETIAWAN/PALOPO POS

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID -- Hari ketiga site visit media MIND ID mengunjungi kawasan PAPELING (Pusat Pengelolaan Lingkungan) PT Antam di Desa Malasari, Kec. Nanggung, Kab. Bogor, Provinsi Jawa Barat.

Sebagai bagian dari upaya pelestarian lingkungan untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat sekitar wilayah operasi Antam, sejak 2019, PT Aneka Tambang Tbk (Antam) melakukan kegiatan Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Pelestarian Lingkungan (Pepeling), di Kampung Cisangku, Bogor, Jawa Barat.

Melalui Program Pepeling, Antam melakukan berbagai kegiatan, mulai dari restorasi kawasan TNGHS (Kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak), pemberdayaan ekonomi, serta kegiatan patroli kawasan secara partisipatif oleh Kelompok MKK (Model Kampung Konservasi) Cisangku untuk memastikan keamanan dan kelestarian kawasan hutan dari kegiatan ilegal logging, pembukaan lahan dan perburuan.

Kampung Cisangku, yang terletak di TNGHS ini memiliki banyak potensi alam yang melimpah. Kondisi keterbatasan yang dialami warga Kampung Cisangku dicoba diselesaikan Antam melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) yang dilakukan melalui UBP Emas.

Dalam Program Pepeling ini, Antam merestorasi kawasan melalui rehabilitasi lahan lahan kritis dan usaha pembibitan tanaman endemik.

“Kegiatan pemberdayaan ekonomi dalam Program PEPELING dilakukan melalui pengembangan usaha pembuatan pupuk bokasi, budi daya domba, budidaya ikan nila, budidaya kopi serta pengembangan ekowisata,” kata Kepala CSR dan Eksternal PT Antam Wilayah Barat, Munadji, Rabu 18 Oktober 2023.

“Program ini juga dilakukan untuk penguatan ekonomi, sosial, budaya dan kelembagaan masyarakat di Kampung Cisangku, yang diharapkan dapat menjaga pelestarian lingkungan di Kawasan TNGHS,” sebutnya.

Sementara itu, Kepala MKK Cisangku, Pak Hendrik, mengungkapkan, sangat berterima kasih atas perhatian besar dari PT Antam kepada kelompok masyarakat di Desa Malasari Cisangku ini.

Sehingga ibu-ibu, pemuda, dan petani bisa memperoleh pendapatan dari hasil pengolahan lokal. Seperti penyediaan bibit kayu, hingga pembuatan kopi tumbuk.

"PT Antam sejak tahun 2009 sampai sekarang sudah membeli 867 ribu bibit pohon yang digunakan reklamasi lahan pascatambang. Untuk harga tiap bibit mulai Rp4 ribu sampai Rp2.500," ujar Pak Hendrik.

Bahkan selain ke PT Antam, pusat pembibitan MKK Cisangku juga menyuplai bibit penghijauan hingga ke Surabaya dan Singapura.

Bahkan hingga kini sudah berhasil menghijaukan lahan seluas 64 hektare dengan kapasitas pohon 70 ribu batang.(idris prasetiawan)

MERAWAT BIBIT. Masyarakat kawasan Cisangku yang tergabung dalam Kelompok MKK (Model Kampung Konservasi) melakukan perawatan bibit pohon dengan teratur, Rabu 18 Oktober 2023. Mulai dari penyiraman hingga pemupukan organik, untuk menghasilkan bibit yang unggul. Dengan adanya Kelompok MKK Cisangku ini yang merupakan binaan langsung dari PT Antam UPBE Pongkor, menjadi salah satu contoh keberhasilan kolaborasi dalam menjaga kelestarian hutan. IDRIS PRASETIAWAN/PALOPO POS
REMAJAKAN BIBIT. Mas Dadan, salah satu masyarakat yang tergabung dalam Kelompok MKK (Model Kampung Konservasi) Cisangku memilih bibit unggul hasil persemaian, Rabu 18 Oktober 2023. MKK Cisangku merupakan salah satu kelompok masyarakat binaan PT Antam Tbk UPBE Pongkor yang berhasil. Hingga kini MKK Cisangku telah memproduksi 867 ribu bibit yang sudah tersebar ke Jawa Barat, Surabaya, bahkan Singapura. IDRIS PRASETIAWAN/PALOPO POS
PILIH BIBIT UNGGUL. Petugas nursery PT Antam Tbk UPBE Pongkor memilih bibit unggul tanaman endemik yang disemai untuk selanjutnya akan ditanam pada kawasan bekas tambang di kawasan Gunung Pongkor, Selasa 17 Oktober 2023. Selama setahun nursery PT Antam UBPE Pongkor memproduksi 48 ribu bibit tanaman. IDRIS PRASETIAWAN/PALOPO POS
SEMAI BIBIT. Karyawan nursery PT Antam UPBE Pongkor melakukan penyemaian bibit tanaman, Selasa 17 Oktober 2023. Selama setahun nursery PT Antam UBPE Pongkor memproduksi 48 ribu bibit tanaman. IDRIS PRASETIAWAN/PALOPO POS
PENGHIJAUAN UNTUK MASA DEPAN CERAH. Masyarakat kawasan Cisangku yang tergabung dalam Kelompok MKK (Model Kampung Konservasi) binaan dari PT Antam, melakukan penanaman bagian hutan yang minim pepohonan dari bibit tanaman yang disemai, Rabu 18 Oktober 2023. Dengan adanya Kelompok MKK Cisangku ini yang merupakan binaan langsung dari PT Antam UPBE Pongkor, menjadi salah satu contoh keberhasilan kolaborasi dalam menjaga kelestarian hutan untuk masa depan yang cerah. IDRIS PRASETIAWAN/PALOPO POS
  • Bagikan