Bawaslu Torut Gelar Kemah Pengawasan Pemilu Partisipatif lewat SAKA ADYHASTA di Tangmentoe

  • Bagikan

Suasana Kemah Pengawasan Pemilu Partisipatif lewat SAKA ADHYASTA PEMILU di Tangmentoe , Sabtu, 20 hingga 22 Oktober 2023. --albert tinus-

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID,RANTEPAO - Bawaslu Kabupaten Toraja Utara melaksanakan upacara Kemah Pengawasan Pemilu Partisipatif lewat SAKA ADHYASTA PEMILU di Tangmentoe , Sabtu, 20 hingga 22 Oktober 2023.

Kegiatan ini ,mengajak Kaum milenial turut berpartisipasi dalam pengawasan pemilu partisipatif lewat saka ADHYASTA. Pemilu yang akan digelar pada tahun 14 Februari 2024 .

Usai upacara, Kordiv Pencegahan Bawaslu Provinsi Sulawesi Selatan Sulawesi Saeful Jihat kepada Palopo Pos, Sabtu, 20 Oktober 2023 mengatakan Pramuka itu suatu kaderisasi bangsa yang sangat strategis, sehingga kemudian kami dari Bawaslu menganggap ini adalah ruang yang harus kita bangun kerjasama .

"Pramuka ini ada semangat didasa darmanya jelas, bagaimana mendorong semangat kegotongroyongan.Pemilu ini hanya bisa dikawal dengan baik prosesnya kalau kita semua komponen bangsa ikut.Nah ,Pramuka ikut menjadi institusi yang strategis sehingga kedepan menurut kami Pramuka ini tidak boleh ditinggalkan dalam proses pengawalan demokrasi kita ", ujarnya.

Selain itu , Saiful Jihad juga katakan banyak hal yang dikeluhkan dalam masyarakat tentang kwalitas demokrasi kita.Demokrasi ini kan bukan miliknya KPU,BAWASLU atau penyelenggara Pemilu,ini adalah milik semua bangsa dan masyarakat . Pemilu itu adalah hak seluruh anak bangsa, sehingga pemilu itu bukan hanya anak bangsa datang mencoblos tapi juga punya hak untuk mengawal prosesnya ,agar prosesnya berjalan dengan baik.

"Karena proses pemilu berjalan baik,kita bisa mendapatkan hasil yang baik ,maka kita kawal sejak awal prosesnya .Hal ini kita berharap lewat Pramuka tentu dibina oleh kakak -kakal pembina ada Kwarcap ,kita kawal sama-sama proses pemilu ini .Mulai cegah pencegahan minimal mulai dari diri kita , misalnya jangan terjadi praktek politik uang didiri kita, disekitar kita . Nah kalau ini menggelinding menjadi bola liar , kemudian masyarakat semakin menyadari bahwa politik uang itu merusak demokrasi kita ", Ungkapnya.

Ditambahkan Ketua Bawaslu Toraja Utara Brikken Linde Bonting katakan kita bersyukur hari ini Bapak Kordiv Pencegahan Bawaslu Provinsi Sulawesi Selatan Sulawesi Saeful Jihat luar biasa dengan berbagai kesibukan kita dapat bersama dalam kegiatan Kemah Pengawasan Pemilu Partisipatif lewat SAKA ADHYASTA PEMILU.Ini gerakan satu komando,semua kita koordinasi satu komando langsung kegiatan bisa berjalan .

"Jadi kami bersyukur hadirnya Saka ADHYASTA dikwartir cabang gerakan Pramuka Kabupaten Toraja Utara ini bersinergi dapat membangun sebuah visi kedepan untuk melakukan proses -proses dan kegiatan yang dilakukan oleh Bawaslu dalam pencegahan,pengawasan . Inikan terbagi tiga Krida ,dan sangat erat kaitannya bagaimana kepemiluan itu .Dan adik-adik Pramuka ini ditingkatan penegak itu pemilih-pemilih pemula", Ujarnya.

"Jadi kedepan saya sangat yakin bahwa saka ADHYASTA ini tumbuh berkembang di Toraja Utara dan saya kira menjadi primadona ditingkatan rekan-rekan penegak dan saya sudah komunikasiian ke beberapa kepala sekolah mereka menyambut baik , mudah -mudahan saka ADHYASTA ini dibantu oleh kakak -kakak pembina kita bisa bersinergi untuk membangun gerakan Pramuka di Toraja Utara ini khususnya di saka ADHYASTA ini ", Pungkas ketua Bawaslu Toraja Utara ini.

Usai upacara pengibaran bendera , dilanjutkan dengan pelantikan susunan pengurus SAKA ADYHASTA PEMILU Bawaslu Kabupaten Toraja Utara masa bakti 2023- 2028 di Gedung Aula Tangmentoe.

Kegiatan kemah pengawasan pemilu tersebut dihadiri Kordiv Pencegahan Bawaslu Provinsi Sulawesi Selatan Sulawesi Saeful Jihat ,Ketua Bawaslu Toraja Utara Brikken Linde Bonting,dan Anggota Bonnie Freedom dan Arifin Sempang beserta staf Bawaslu Toraja Utara,Plt. Ketua Kwarcap Toraja Utara Thomas Tandi , Ketua Adhyasta Akar Nimpa Demme .

Turut hadir Perwakilan Pramuka dari SMA Katolik Rantepao,SMK Kristen Tagari,SMK Harapan Rantepao ,SMA Kristen Rantepao , SMAN 1 Toraja Utara, SMAN 7 Toraja Utara,SMK 1 Toraja Utara,SMAN 6 Toraja Utara,SMA Pelita,SMA Nusantara dan SMA Lentera . (Albert)

  • Bagikan