PSM Bantai Hougang United, Gol Adilson Silva Antar Tim Juku Eja Menang 3-1

  • Bagikan

Pemain PSM merayakan gol. 1-ist1-

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, BALI -- Akhirnya PSM Makassar berhasil meraih kemenangan perdananya di ajang AFC Cup 2023/2024 usai menekuk Hougang United 3-1 di matchday ketiga.

Duel PSM Makassar versus Hougang United berlangsung di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Rabu (25/10/2023).

Adapun dua gol yang tercipta di babak pertama lahir lewat brace dari sang pemain bertahan Yuran Fernandes dimenit ke-22 dan menit ke-29.

Untuk dua gol lainnya yang tercipta di babak kedua lahir dari Adilson Silva di menit ke-55, kemudian di balas oleh Donde Maksimovic melalui titik putih di menit ke-78.

Jalannya Pertandingan

Sejak awal babak pertama, PSM Makassar yang bertindak sebagai tuan rumah, langsung mengambil inisiatif serangan terlebih dahulu.

Peluang pertama hadir di menit kelima melalui Rizky Eka Pratama. Memanfaatkan umpan crossing dari Dzaky Asraf sayang sepakannya membentur mistar gawang.

Kemudian, pada menit ketujuh Adilson Silva mendapatkan peluang. Berhasil melakukan keping yang sangat baik, namun sayang eksekusinya masih melebar.

Satu menit berselang giliran Everton Nascimento yang mendapat peluang, sayang kali ini plesingnya masih membentur tiang gawang.

Pada menit ke-22 PSM Makassar akhirnya unggul terlebih dahulu. Melalui gol yang diciptakan melalui sundulan Yuran Fernandes memanfaat assist Dzaky Asraf. 1-0.

Yuran Fernandes kembali menciptakan gol keduanya di menit ke-29, situasi yang sama kali dari umpan Akbar Tanjung yang dikontrol dengan baik sebelum eksekusi manisnya kembali bersarang ke gawang lawan. 2-0 untuk PSM Makassar.

Meski sudah unggul dua gol, PSM Makassar seperti tidak mengendurkan permainannya dan terus menekan tim tamu Hougang United.

Pada menit ke-36, Safruddin Tahar mendapatkan peluang. sayang sundulannya yang memantul masih melambung di atas gawang lawan. 

Dua menit jelang berakhirnya laga, kejadian untuk terjadi di pinggir lapangan. Dimana, pelatih PSM Makassar Bernardo Tavares terkena sleding dari pemain.

Sampai peluit paniang tanda berakhirnya babak pertama di bunyikan tak ada lagi gol yang tercipta, PSM Makassar untuk sementara unggul 2-0 atas Hougang United.

Pertandingan memasuki babak kedua baru semenit berjalan, Yuran kembali mengancam sundulannya kemudian bola reboud yang disambar Adilson masih mampu di amankan kiper lawan.

Pada menit ke-55 Adilson Silva berhasil menggandakan keunggulan. Memanfaatkan umpan terobosa ia yang terlepas kemudian berhasil menyarangkan bola ke gawang. 3-0 PSM unggul.

Setelah gol tersebut, pelatih Bernardo Tavares pun banyak melakukan pergantian. Salah satunya dengan memasukkan Kenzo Nambu.

Pada menit ke-77 petaka untuk tim tuan rumah. Andy Harjito melanggar Hazwan di dalam kotak terlarang. Pinalti untul Hougang United.

Penyerang asing milik Hougang United, Donde Maksimovic yang maju sebagai algojo pun sukses menunaikan tugasnya dengan baik. Skor sementara 3-1. 

Usai kebobolan tim tuan rumah PSM Makassar pun terus meningkat intesitas serangan dan berusaha untuk menambah keunggulan.

Sampai peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan di bunyikan, tidak ada lagi gol yang tercipta. PSM Makassar pun sukses meraih kemenangan perdananya di ajang AFC Cup dengan skor 3-1 atas Hougang United.

Hasil ini membuat PSM Makassar naik dari dasar klasemen ke posisi ketiga dengan poin 3. Juku Eja menggeser Hougang United yang juga mengoleksi 3 poin tetapi kalah head to head dari PSM.

Susunan Pemain PSM Makassar Vs Hougang United

PSM Makassar (3-5-2)

Muh Ardiansyah; Safrudin Tahar, Yuran Fernandes, Daffa Salman; Rizky Eka Pratama (Joao Pedro 73'), Akbar Tanjung, M Arfan (Kenzo Nambu 60'), Ananda Raehan (Ricky Pratama 91'), Dzaky Asraf (Yance Sayuri 46'); Everton Nascimento, Adilson Silva (Andy Harjito 73').

Pelatih: Bernardo Tavares.

Hougang United (4-1-4-1)

Zaiful Nizam; Takayama Kazuma, Naoki Kuriyama, Abdil Qaiyyim Mutalib (Jordan Vestering 46'), Anders Aplin (Sahil Suhaimi 84'); Zulfahmi Arifin; Hazzuan Halim (Louka Jun Cheng 78'), Shahdan Sulaiman (Amir Zalani 78'), Irwan Shah Arismail (Amy Recha 59'), Nazrul Nazari; Dorde Maksimovic.

Pelatih: Marko Kraljevic. (*/pp)

  • Bagikan