Mahasiswa Komunikasi Unismuh Makassar Praktek Memahami Opini Publik dan Kampanye Politik Media di Harian Fajar

  • Bagikan

Suasana saat mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi Unismuh Makasar semester 3 angkatan tahun 2022 peserta mata kuliah komunikasi politik Jumat siang 27 Oktober 2023 melakukan kuliah lapangan di Redaksi Harian Fajar Lt 4 Gedung Graha Pena Jl.Urip Sumoharjo, Sinrijala, Makassar.

Citizen Reporter

Laporan: Rahmat Rahim
Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fisip Unismuh Makassar

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, MAKASSAR-- Puluhan mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi Unismuh Makasar semester 3 angkatan tahun 2022 peserta mata kuliah komunikasi politik Jumat siang 27 Oktober 2023 melakukan kuliah lapangan di Redaksi Harian Fajar Lt 4 Gedung Graha Pena Jl.Urip Sumoharjo, Sinrijala, Makassar.

Para mahasiswa berpakaian jas almamater berkunjung ke Redaksi Harian Fajar untuk memahami proses penyebaran berita kemudian menjadi pendapat umum masyarakat atau publik opini serta kampanye politik oleh aktor politik lewat media massa seperti yang dialami Harian Fajar Makassar.

Para mahasiswa ini selama kuliah lapangan didampingi dosen pengampu mata kuliah komunikasi politik, Dr Muhammad Yahya Mustafa M.Si. Saat di redaksi disambut dengan sangat baik dan ramah oleh Redaktur Harian Fajar, Takbir Ridwan.

Kesempatan itu Takbir memberi informasi kalau Fajar saat ini mengalami perubahan dengan kehadiran beragam flatpon media sejalan perkembangan dan perubahan teknologi informasi. Saat ini Harian Fajar sudah ada Fajar Online, Radio Fajar FM, Fajar TV.

Berita itu katanya didapat dari sumber terpercaya dan kejadian yang sebenarnya. Berbagai kasus telah diberitakan dengan bahasa berbeda beda seperti diketahui satu kasus dapat menghasilkan beragam sudut pandang dan tentu harus sesuai kaidah penulisan berita.

Dijelaskan juga sambut tahun politik 2024 kebijakan manajemen Harian Fajar tetap mengedepankan netralitas dan tidak melakukan pemihakan kepada para konstestan.

Dijelaskan pula strategi dilakukan redaksi Fajar agar berita dapat dikonsumsi oleh khalayak dengan baik. Berbagai berita telah dipublikasikan dengan berbagai kategori mulai dari berita bisnis, politik, prestasi, ekonomi, olahraga, pendidikan, dan lain sebagainya.

Sebelumnya dosen pengampu mata kuliah komunikasi politik, Muhammad Yahya pada kata pengantar mengucapkan terima kasih atas penerimaan manajemen Harian Fajar kepada para mahasiswa yang melakukan kuliah lapangan di redaksi.

Mahasiswa peserta mata kuliah ini sebelumya telah diberikan materi berupa teori tentang media dan politik, public opini, kampanye politik, kata wartawan politik Harian Pedoman Rakyat di masanya ini.

Teori yang didapat dalam ruang kelas di kampus kemudian diuji dalam dunia nyata di redaksi Harian Fajar. Pilihan ke Fajar karena surat kabar ini termasuk berusia tua dan sangat dikenal luas di masyarakat Sulsel, ungkap doktor sosiologi politik PPs-UNM ini.

Mahasiswa merasa sangat antusias mengikuti kegiatan kuliah lapangan yang dilakukan untuk pertama kalinya. Kunjungan ini membawa kesan baik bagi mahasiswa karena hal ini menjadi kali pertama mahasiswa berkunjung langsung dan belajar secara nyata di lapangan.

Pembelajaran kali membawa pengaruh baik bagi mahasiswa dan merasa sangat terbantu mendapatkan wawasan luas terkait hal yang berkaitan dengan berita dan media.

Kunjungan kali ini diajak berkeliling di ruang redaksi serta perpustakaan jadi salah satu gambaran dalam dunia pekerjaan di kemudian hari. Berbagai karyawan melakukan pekerjaan sesuai job yang mereka dapatkan dan itu terlihat sangat menarik.

Kedepan diharap perkuliahan seperti ini dapat sering dilakukan dan diselingi dengan materi yang diberikan dalam kelas, agar mahasiswa menjadi lebih paham dan melihat contoh nyata sebagai gambaran memperdalam wawasan.

Lewat kuliah lapangan ini mahasiswa dapat dengan mudah menerapkan ilmu yang telah didapatkan dalam ruang kelas dan mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari dalam jangka waktu yang panjang.

Perluas Pengetahuan

Salah seorang peserta studi lapang Herlina mengatakan setelah berkunjung ke redaksi Harian Fajar telah mendapatkan informasi terbaru tentang berbagai topik, memperluas pengetahuan, dan terkadang merasa terhubung dengan isu global yang relevan serta isu-isu baru tentang politik.

Namun, penting untuk selalu memeriksa kebenaran informasi dan mempertimbangkan sumbernya dengan kritis. Harapan Harian Fajar terus menjaga standar keberimbangan dan integritas dalam melaporkan berita. Informasi yang andal sangat penting dalam memastikan masyarakat tetap terinformasi dengan baik.

Hal lain juga ditegaskan mahasiswa lainnya, Bagus Budi Artha dia menilai setelah mengikuti kuliah lapangan di Redaksi Harian Fajar, kesannya sangat senang sekali karena banyak pengalaman baru dan ilmu ilmu baru.

Sebelumnya belum terpikirkan sampai ke situ, tetapi setelah bertanya tanya sama redaktur Harian Fajar ternyata dunia jurnalis jadi lebih paham proses kerja jurnalis dan produksi media cetak.

Mahasiswa lainnya Didi Winardi mengaku sangat berkesan saat berkunjung kuliah lapangan di harian Fajar memahami lebih jauh proses produksi berita kemudian disebarkan dan menjadi pendapat umum di tengah masyarakat.

Selain itu mendapat informasi secara detail proses produksi berita, direncanakan, dicari, ditulis, diedit, layout dicetak dan disebarkan kepada para pembaca. ***

  • Bagikan