BMKG: Hari Ini Cuaca Cerah, Besok 30 Oktober 2023: Potensi Mendung dan Hujan Ringan Terjadi di Palopo, Masamba, dan Beberapa Daerah Lainnya di Sulsel

  • Bagikan

--ilustrasi--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, MAKASSAR-- Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan tak ada hujan hingga 29 Oktober 2023 hari ini. Namun, untuk 30 Oktober 2023, akan terjadi hujan di beberapa daerah di Sulsel. Hanya saja, intensitasnya hujan ringan.

Menurut Prakirawan BMKG Wilayah Makassar Amhar Ulfiana menyebut hal ini tidak terlepas dari kondisi atmosfer yang ada saat ini.

“Mengingat kondisi atmosfer seperti angin di wilayah Sulsel yang dulunya masih bertiup dari arah timur hingga tenggara. Kemudian kelembaban udara pada lapisan atmosfer masih rendah serta kondisi stabilitas atmosfer yang cenderung rendah atau lemah,” ucapnya kepada Fajar.co.id, Sabtu, (28/10/2023).

BMKG seperti dirilis dalam lamannya, memprediksi potensi hujan baru ada pada tanggal 30-31 Oktober mendatang di sejumlah wilayah di Sulsel.

“Sehingga belum ada potensi terjadinya hujan di wilayah Sulsel pada tanggal 25,26, sampai 29. Pada tanggal 30-31 ada potensi hujan di beberapa wilayah di Sulsel berdasarkan dinamika atmosfer. Sehingga perkiraan atmosfer pada tanggal-tanggal tersebut untuk terjadinya potensi hujan di wilayah itu,” jelasnya.

Untuk hari ini 29 Oktober, BMKG memprediksi kondisi cuaca di wilayah Sulsel cerah hingga berawan.

Sementara besok, 30 Oktober, daerah yang berpotensi mendung dan hujan ringan adalah Palopo, Masamba. Rantepao, Makale, Bantaeng, Barru, Bulukumba, Enrekang, Jeneponto, Makassar, Maros, Pangkep, Parepare, Pinrang, Sinjai Sidrap, Sungguminasa, Takalar. Sementara yang cerah adalah Bone, Soppeng, Malili, dan Selayar.

Untuk suhu Udara, Senin, 30 Oktober 2023 adalah 19 – 33 °C, kelembapan Udara 50 – 90 %, angin Timur – Selatan, 10 – 40 km/jam.

“Peringatan dini moderate sea (Gel. 1.25-2.5 m terjadi di Selat Makassar bagian selatan, Perairan spermonde Makassar bagian barat, dan Perairan barat Kepulauan Selayar” tandasnya. (fjr/pp)

  • Bagikan