PerumdAM Waemami Lutim Jamin Air Bersih yang Didistribusikan Layak Konsumsi

  • Bagikan

PALOPOPOS. CO. ID, MALILI-- Terkait pemberitaan aksi tanggal 25/10 yang lalu Warga Wasponda tentang Krisis Air Bersih "Minta PT.Vale Sediakan Air Bersih" dimana dalam aksi itu warga Wasponda mengeluhkan menurunya debet air yang kurang , tapi juga air PDAM tidak layak komsumsi dan harganya mahal, sembari mereka juga menuntut agar PT.Vale dapat memberikan air bersih gratis sebagai bentuk tanggung jawab sosial.

Menurut Direktur Perumda Air Minum Waemami A.Maryam M.N.Palullu, SE.,M.Ak melalui Kepala Sekretariat & Administrasi Perusahaan menyampaikan bahwa. Terkait pernyataan dalam aksi tersebut, pihak manajemen perusahaan selaku pengelola pelayanan air bersih di Kecamatan Wasponda memandang perlu melakukan klarifikasi terkait pernyataan bahwa "air PDAM tidak layak komsumsi dan harganya mahal".

Kami dari manajemen Perumda Air Minum Waemami sebagai BUMD Luwu Timur, menyatakan bahwa air bersih yang didistribusikan ke pelanggan kami di Wasponda adalah air bersih dan layak untuk dikomsumsi dengan cara dilakukan proses pemanasan (dimasak) sampai mendidih dan selama air bersih ini dimasak kami jamin dapat dikomsumsi, memang kita juga tidak dapat pungkiri bahwa air baku dari sungai kali dingin yang diambil sebagai sumber air baku untuk diolah di pengolahan tidak luput dari adanya zat kapur tapi hasil pemeriksaannya masih sebatas dilevel ambang batas bawah yang artinya selama air tersebut dilakukan proses dimasak hingga mendidih ya tidak masalah.

Sedangkan kalau tarif harga pelayanan kalau dikatakan mahal kemungkinan tidak juga, boleh dicek tarif air didaerah lain yang ada di wilayah sulawesi selatan apa betul di Luwu Timur air pdam kemahalan selama standar penggunaannya itu digunakan secara wajar tidak berlebihan apalagi membiarkan air bersih terbuang-buang tanpa ada kepedulian kita untuk melakukan penghematan dan perlindungan air baku. (rls/ikh)

  • Bagikan