Hari Pahlawan, Baharman Sumbang Buku Andi Djemma kepada Tiga Kepala SMAN

  • Bagikan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, TOMPOTIKKA--Anggota DPRD Palopo, Drs Baharman Supri MM menyumbangkan buku Pahlawan Nasional Andi Djemma kepada tiga SMA Negeri (SMAN) di Kota Palopo, Jumat, 10 November 2023.

Tiga Kepala Sekolah (Kepse tersebut yakni Kepala SMAN 5 Arsyad, Kepala SMAN 3 Haeruddin, dan dan Kepala SMAN 1 Syukur.

Menurut Baharman, buku tersebut disumbangkan bertepatan peringatan Hari Pahlawan 10 November, sebagai wujud dari salah satu cara memaknai Hari Pahlawan tahun ini.

Baharman yang merupakan Penulis Buku dan Ketua Panitia Pengusulan Andi Djemma Pahlawan Nasional berpesan kepada tiga kepala sekolah agar mentransfer nilai-nilai yang dimiliki Pahlawan Nasional Andi Djemma sekaligus raja yang paling berpengaruh di Sulsel pada masanya.

Baharman juga menyampaikan ke kepalah sekolah, tidak usah belajar keluar dan mencari tokoh untuk dijadikan sebagai panutan selain para nabi. Cukup mempelajari karakter Andi Djemma. Misalnya prinsip Andi Djemma ketika diminta turun Bendera Merah Putih oleh Belanda.

"Beliau justru menantang dengan pernyataan kalau saya tidak turunkan bendera Merah Putih, Belanda menembak saya. Tapi kalau saya turunkan, rakyatku akan marah ke saya. Hal itu diucapkan beliau di depan tentara Belanda dengan tegas menyatakan lebih baik Belanda menembak saya. Maka pecahlah perang yang dikenal dengan Palopo terbakar,'' kata Baharman kepada Palopo Pos, usai sumbang buku.

Lanjut dia, masih banyak lagi di dalam buku yang ditulis oleh peneliti handal Baharman. Bahkan nilai kejujuran, kelemahlembutan, serta patriotisme disajikan dalam buku ini.

''saya mulai khawatir saat ini akibat pengaruh hedonisme, nilai patriotisme, negarawan semakin menipis terutama di generasi Z. Bahkan para politisi banyak menganut prinsip cari selamat atau yang penting aman oke sih,'' kata politisi Golkar yang maju Caleg DPRD Provinsi Sulsel ini. (ikh)

  • Bagikan