Longsor di Lokasi Objek Wisata To’ Tombi Akibatkan Dua Rumah Warga Rusak Parah

  • Bagikan

Situasi longsor yang mengakibatkan dua bangunan rumah kayu masyarakat hancur diterjang material longsor Kamis sore, 9 November 2023. --albert tinus--

PALOPOPOS.FAJAR CO.ID, RANTEPAO-- Hujan deras disertai angin Kencang, mengakibatkan tanah longsor dan dua kayu buangin tumbang di lokasi Objek wisata To' Tombi Lembang Benteng Mamullu, Kabupaten Toraja Utara, Kamis, 9 November 2023 sekitar pukul 17: 00 WITA.

Akibat tana longsor tersebut, dua rumah warga terkena material longsor disertai dua pohon Buangin tumbang, sehingga satu rumah warga hancur dan satu rumah warga lagi terkena rumah yang tergeser oleh material longsor.

Salah satu warga yang pondoknya tertimpa material longsor Pong Dennis yang ditemui di lokasi Jumat ,10 November 2023 mengatakan Pondok kami ini bergeser oleh material longsor dari atas, sehingga mengakibatkan bangunan ini yang terbuat dari bahan kayu rusak parah. Mungkin kalau tidak ada rumah yang didepannya milik Reang atau Papa ieng bisa saja pondok ini bergeser sampai ke bawah.

"Ya melihat kondisi bangunan pondok ini , kemungkinan sudah tidak bisa lagi ditempati. Satu-satunya jalan ya di bongkar,itupun setelah material longsor ini dibersihkan yang memakan waktu yang cukup lama karena bisanya secara manual saja .Juga dua pohon buangin ini yang tumbang setidaknya di tebang-tebang dululah," jelasnya.

Dirinya juga berharap agar pemerintah dalam hal ini BPBD Kabupaten Toraja Utara dapat membantu warga yang tertimpa musibah ini.

"Dengan adanya musibah longsor ini , semoga pemerintah dalam hal ini BPBD agar dapat membantu kami dalam meringankan musibah yang terjadi ini," harapnya .

Sementara Banne salah satu warga yang melihat saat terjadi longsor mengatakan kejadian longsor kemarin sore sekitar jam lima ,hujan keras disertai angin kencang.

"Kejadiannya sore kemarin sekitar jam Lima lewat ,saat itu hujan keras dan angin kencang tak lama kemudian terjadi longsor," jelasnya.

Diketahui warga yang tinggal dirumah tersebut,saat ini sudah mengungsi di rumah kerabatnya. Dan juga dari dinas BPBD kabupaten Toraja Utara belum ada ke lokasi.(Albert tinus)

  • Bagikan