Mahasiswa UT Aceh Peserta Program Kampus Merdeka di UNM Menginspirasi Mahasiswa UT Makassar

  • Bagikan

Mahasiswa Universitas Terbuka (UT) Aceh prodi ilmu hukum, pada tahun akademik semester 2023 lolos menjadi peserta Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) pada program pertukaran mahasiswa di Universitas Negeri Makassar (UNM) Fakultas Ilmu Sosial. Nampak mahasiswa UT Makassar. --ist--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, MAKASSAR-- Salah seorang mahasiswa Universitas Terbuka (UT) Aceh prodi ilmu hukum, Muhammad Nur pada tahun akademik semester 2023 lolos menjadi peserta Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) pada program pertukaran mahasiswa di Universitas Negeri Makassar (UNM) Fakultas Ilmu Sosial.

Pria kelahiran Paloh Punti Aceh 02 Februari 1995, Ahad sore 19 November 2023 hadir di tengah mahasiswa S1 Ilmu Komunikasi di Kantor UT Makassar membagi pengalaman dan menginspirasi serta memotivasi mahasiswa semester satu ini untuk belajar tekun dan trik untuk bisa lolos dalam program kampus merdeka.

Pada pertemuan itu, Nur menjelaskan, merasa sangat senang dan beruntung dapat lolos seleksi jadi peserta Program Pertukaran Mahasiswa karena dapat bertemu dan berinteraksi dengan mahasiswa PTN dari seluruh Indonesia.

Pada proses interaksi dan akademik Nur mengaku telah mempersiapkan diri untuk ikut kompetisi dalam proses pembelajaran dan mampu menyesuaikan diri dengan sistem pembelajaran di kampus UNM.

Lewat ikut program Kampus Merdeka ini, menjadi wadah untuk lebih memperluas sosialisasi dan promosi UT selaku kampus negeri yang sudah berstatus PTN-BH. Selain itu masih ada mahasiswa sesama perserta pertukaran mahasiswa menganggap UT kampus swasta dan sejenisnya.

Kemampuan lolos jadi peserta program kampus merdeka sekaligus memberi insyarat kalau kampus UT sejajar dan selevel dengan kampus PTN lainnya yang ada di seluruh pelosok Indonesia.

Nur yang mulai tercatat sebagai mahasiswa UT 2021.1 di Jakarta dan pidah ke UT Aceh 2022, juga menjelaskan kepada yuniornya di UT Makassar, kalau hendak sukses belajar dan studi di UT maka kuncinya adalah membaca berulang ulang dan serius buku modul yang diberikan kampus.

Lewat buku modul itu soal soal final akan keluar dan kalau modul agak jarang dibaca maka tentu akan berpengaruh pada kemampuan mahasiswa dalam menjawab soal soal pada final test.

Respon mahasiswa

Kehadiran Muhammad Nur di tengah mahasiswa UT Makassar mendapat respon dari beberapa mahasiswa salah seorang di antaranya, Rezky Aulia Ramadhani alumni SMAN 1 Gowa 2022, mengatakan kehadiran mahasiswa UT asal Aceh di kampus UT Makassar sangat bagus dan sangat memotivasi untuk memberikan semangat agar tidak down disaat nilai UAS

Respon lain juga datang dari Nurmayani, alumni SMKN 1 Enrekang 2022 dia mengatakan sangat berkesan baik memberikan semangat dan motivasi untuk lebih giat belajar dan tekun memanejemen atau mengefisienkan waktu, dengan aktifitas yang padat namun dia bisa menjalankannya sungguh luar biasa memotivasi terutama mahasiswa semester pertama yang mungkin masih dalam proses adaptasi, katanya.

Mahasiswa yang satu itu Nur Aulia Sri Ramadhany alumni SMKN 6 Makassar Jurusan Tata Busana 2023, mengaku sangat terkesan dengan kehadiran kakak mahasiswa tersebut karena sangat termotivasi untuk terus belajar dan membaca modul agar lulus dengan IP yang memuaskan dan mengikuti kegiatan" baik dalam kampus maupun luar kampus.

Kehadiran kakak mahasiswa UT asal Aceh ini sangat menginspirasi dan mendorong untuk ikut program kampus merdeka jika ada waktu dan Insyaallah nilai mendukung akan mencoba berkompetisi dalam program kampus merdeka ini.

Sitti Fatimah alumni SMK2 Soppeng 2023 mengaku merasa sangat beruntung dan terinspirasi atas kehadiran mahasiswa UT asal Aceh peserta program pertukaran mahasiswa. Nur telah menghadapi berbagai tantangan dan rintangan dalam hidupnya, dan melalui keberanian dan ketekunan, berhasil menjadi mahasiswa di UT dan berpartisipasi dalam program kampus merdeka.

Dia memotivasi untuk selalu rajin belajar dan tidak menunda waktu belajar. Kehadiran di kampus UT Makassar akan memberi peluang berharga untuk belajar, bertumbuh, dan memperkuat persatuan di antara sesama mahasiswa Kampus Merdeka. (*/pp)

  • Bagikan