Gol Saddil Ramdani Selamatkan Indonesia dari Kekalahan, Filipina Sempat Unggul 0-1 di Babak Pertama

  • Bagikan

Selebrasi Saddil Ramdani usai mencetak gol ke gawang Filipina (foto: dok PSSI)

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, MANILA -- MESKI sempat tertinggal 0-1 di babak pertama, namun Timnas Indonesia tidak menyerah atas tim tuan rumah Filipina.

Laskar Merah Putih, berhasil membawa pulang satu poin dari lawatannya ke markas Filipina di ajang matchday kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Di pertandingan tersebut kedua tim harus puas bermain imbang 1-1 selama pertandingan yang berlangsung 90 menit itu.

Laga antara tuan rumah Filipina melawan Indonesia berlangsung hari Selasa tanggal (21/11/2023), di Stadion Rizal Memorial, Manila.

Adapun satu-satunya gol yang terjadi di babak pertama berhasil diciptakan oleh penyerang Timnas Filipina, Reichelt di menit ke-23. Filipina sempat memimpin 1-0 berkat penyelesaian Patrick Reichelt yang bergulir pelan ke arah kanan gawang Indonesia.

Sementara gol balasan dari Indonesia baru tercipta di babak kedua tepatnya menit ke-70 melalui Saddil Ramdhani.

Gol Saddil Ramdani tersebut bermula dari aksi individu cantik Ricky Kambuaya yang bak menari-nari di depan kotak penalti Filipina.

Jalannya Pertandingan

Pada awal pertama, kedua tim baik Filipian atau pun Indonesia sama-sama langsung bermain terbuka dan menekan satu sama lain.

Peluang pertama justru di dapatkan oleh tuan Filipina di menit ke-11. Berawal dari kesalahan serangan balik hampir saja berbuah gol. Andai sepakan dari Reichelt tidak melebar.

Semenit berselang Filipina kembali mendapatkan peluang. Kesalahan antisipasi hampir saja berbuah gol andai Ernando Ari tidak sigap menghalau bola.

Akhirnya, pada menit ke-23 Filipina berhasil unggul terlebih dahulu. Penyerang yang beberapa kali mendapat peluang Reichelt akhir berhasil mengecoh Ernando. 1-0 Indonesia tertinggal.

Sampai menit ke-30, Timnas Indonesia belum bisa membongkar lini pertahanan Filipina. Bahkan belum bisa menciptakan satu pun shot on target.

Peluang pertama untuk Indonesia hadir di menit ke-34 melalui kerja sama apik tiga pemain. Namun, eksekusi terakhir dari Witan Sulaeman masih melebar.

Di lima menit terakhir jelang berakhir pertandingan babak pertama, Indonesia terus mengempur lini pertahanan lawan. Hanya saja, mereka masih menemukan kebuntuan.

Sampai peluit panjang tanda berakhirnya babak pertama di bunyikan. Indonesia gagal mengejar ketertinggalan 1-0 atas tuan rumah Filipina.

Pertandingan masuk babak kedua, Timnas Indonesia yang tertinggal satu gol langsung tampil menekan lini pertahanan Filipina.

Pertandingan berjalan 15 menit di babak kedua, tensi pertandingan semakin tinggi. Dimana, pemain dari Timnas Indonesia sering di langgar oleh pemain Filipina.

Akhirnya pada menit ke-70, Indonesia berhasil menyamakan kedudukan. Berawal dari aksi Individu ciamik yang ditunjukkan oleh Ricky Kambuaya. Umpannya sukses di selesaikan dengan baik oleh Saddil Ramdhani. Skor sementara 1-1.

Setelah gol tersebut, Indonesia terus meningkatkan intensitas serangan di 10 menit terakhir jalannya pertandingan. Hanya saja, belum berbuah apa-apa.

Pada menit ke-87, Filipina hampir saja mencetak gol keduanya ke gawang Indonesia. Hanya kesigapan dari Ernando Ari berhasil membuat gawangnya kembali aman.

Indonesia mencoba membalas di menit ke-89, berawal dari kerja sama apik, solo dari Pratama Arhan berhasil dihalau dengan baik.

Sampai peluit panjang tanda berakhir pertandingan di bunyikan tidak ada lagi gol yang tercipta. Kedua tim pun harus puas berbagi poin usai bermain imbang 1-1.

Sebenarnya, pada partai ini Timnas Indonesia bertekad bangkit kala melawan Filipina. Sebab, pada laga pertama Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, skuad Garuda asuhan Shin Tae-yong takluk 1-5 dari Irak.

Misi serupa diusung tuan rumah Filipina yang mengawali perjalanan di Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia dengan kekalahan 0-2 dari Vietnam.

Susunan starter Filipina vs Indonesia

Timnas Indonesia: 21-Ernando Ari; 5-Rizky Ridho, 4-Jordi Amat, 3-Elkan Baggott, 5-Asnawi Mangkualam, 20-Shayne Pattynama; 6-Sandy Walsh, 13-Rachmat Irianto, 15-Ricky Kambuaya; 17-Saddil Ramdani, 9-Rafael Struick.

Pelatih: Shin Tae-yong.

Filipina: 1-Neil Etheridge; 2-Jesse Curran, 4-Jefferson Tabinas, 6-Kevin Ingreso, 7-Mike Ott, 8-Manuel Ott, 10-Jose Elmer, 11-Daisuke Sato, 14-Carli de Murga, 18-Patrick Reichelt, 21-Santiago Rublico.

Pelatih: Hans Michael Weiss.(fajar/pp)

  • Bagikan