Maju Pilbup Toraja Utara 2024, Bobby Sangka Siap Kendarai PDI Perjuangan dan Partai Lainnya

  • Bagikan

Ketua DPC PDIP Toraja Utara Samuel Matasak didampingi sekretaris Kantiandago dan Ketua Bidang Kehormatan Paulus Tangke saat bincang-bincang dengan awak media di Kantornya Kamis malam, 23 November 2023. --ist--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID,RANTEPAO-- Setelah lama dinanti-nanti, sosok bersahaja ini menyatakan sikap maju pemilihan kepala daerah dengan mengendarai PDI Perjuangan.

Partai besutan Megawati Soekarnoputri yang sudah kenyang dengan berbagai pengalaman pahit di masa orde baru, namun hingga saat ini tetap eksis. Bahkan, dua kali menjadi pemenang Pemilu berturut-turut.

Bobby Sangka, tepat dihari ulang tahunnya, dirinya melaksanakan zoom meeting bersama Ketua PDI Perjuangan Kabupaten Toraja Utara Samuel Matasak di dampingi, Sekretaris Kantiandago, Ketua Bidang Kehormatan Paulus Tangke, dan jajaran pengurus lainnya. Mereka menjalin komunikasi terkait niat baiknya untuk agenda pilkada serentak tahun 2024 di Kabupaten Toraja Utara.

Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Toraja Utara Samuel Matasak kepada para awak media mengatakan semalam melalui sambungan zoom, Bobby Sangka meminta waktu ke partai untuk menyampaikan keinginan yang tulus darinya.

'Intinya, setelah berbincang-bincang tadi melalui zoom, ternyata ada maksud yang mulia yang disampaikan. Yakni, ikut ambil bagian dalam kontestasi Pilkada di tahun 2024. Dia dengan hati yang tulus mengatakan ingin maju dalam kontestasi Pilkada di Toraja Utara.

"Tadi, saya mengkatakan kami sepertinya mendapatkan berita yang bagus. Karena, ternyata beliau ingin maju tetapi pintu yang pertama diketuk adalah PDI Perjuangan. Walupun selama ini banyak yang ingin memintanya. Tetapi, dengan komitmen hati yang tulus, dia mengatakan pintu yang pertama harus saya ketuk adalah PDI Perjuangan. Beliau meminta tadi untuk zoom dan menyampaikannya," jelas
Samen, sapaan akrabnya Kamis malam, 23 November 2023.

Dalam zoom tersebut, lanjut Samuel Matasak, sebenarnya keinginannya ingin hadir di Toraja karena beliau juga posisi salah satu Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud di pusat.

Jadi mungkin itu yang bergelora di hatinya. Dia sudah ikut mendukung Ganjar -Mahfud , sekaligus ingin memiliki Kartu Tanda Anggota (KTA) PDI Perjuangan.

"Jika kemudian ada partai -partai lain yang mendukung, beliau juga tetap membuka diri untuk ikut bersama-sama berjuang di 2024. Tetapi yang kami syukuri ternyata beliau ingin mengetuk pintu PDIP terdahulu. Mengetuk pintu PDI Perjuangan, tentu itu melalui hubungan emosional. Batinnya menggerakkan. Karena, kapasitas Pak Bobby tentu bukan berpikir kelasnya hanya Toraja Utara saja, tetapi tentu selama ini sudah menyimak bagaimana sih pergerakan politik yang ada di Indonesia," katanya.

"Dan beliau ingin mengabdi di kampungnya sendiri. Kita tahu beliau ini banyak teman-temannya. Tentu banyak mendengar bagaimana situasi bangsa dan negara saat ini. Dan itu menjadi bekal buat dia. Jadi, itu keinginan yang mendorong dia untuk mengetuk pintu pertama adalah PDI Perjuangan," ungkap Anggota DPRD Kabupaten Toraja Utara ini.

Sementara itux Sekretaris PDI Perjuangan Kantiandago mengatakan, jika nantinya usai Pileg digelar tanggal 14 Februari 2024. Dengan kehendak Tuhan, PDI Perjuangan memperoleh 20 persen jumlah kursi di Kabupaten Toraja Utara. Maka itu berhak mengusung calonnya sendiri dengan target 6 kursi. Dan jika hal itu terjadi, maka tidak berarti akan sendiri. PDIP mencari tandem. Jadi, tidak akan menutup diri untuk tidak berkoalisi dengan partai lain guna berjuang bersama-sama.

"Kami tidak akan menutup diri untuk berjuang memenangkan Pak Bobby Sangka dalam kontestasi Pilkada di Toraja Utara tahun 2024 nanti. Kami tetap akan berkoalisi dengan partai lain, tentu tak lain untuk memenangkan kontestasi politik,dan khususnya demi kemaslahatan masyarakat Toraja Utara," ujarnya.

Masih kata Kantiandago, ada yang datang di sini tetapi hanya sekadar singgah. ''Tetapi untuk hari ini Pak Bobby Sangka meminta secara formal. Dia beraudiens langsung dengan DPC Perjuangan. Tapi hanya karena situasi, sehingga hanya ketemu lewat zoom sekaligus rapat terbatas. Dan dalam rapat terbatas tersebut dihadiri Ketua, Sekretaris, Bendahara, dan ketua bidang Kehormatan Paulus Tangke.

"Tadi kita semua sudah dengar secara formal dari Pak Bobby Sangka keinginannya ikut kontestasi politik di Toraja Utara . Momentumnya ini tidak setelah Pileg. Biasanya proses setelah Pileg lalu dihitung kursi berapa baru mendekat. Tapi, Pak Bobby Sangka ini tidak demikian . Dia masuk di awal sebelum Pileg. Artinya bisa kerjasama ini dibangun tidak hanya untuk nanti tapi mulai dari sekarang", bebernya.

Sementara di tempat yang sama, Paulus Tangke, ketua Bidang Kehormatan mengatakan ada hal yang menarik. Tadi ternyata bertepatan dengan hari ulang tahunnya Pak Bobby. Mungkin dengan rangkaian itu, karunia Tuhan yang dia syukuri dan keinginan untuk mengabdi di kampungnya sendiri mendorong dia untuk meminta waktu untuk beraudiens.

"Menarik tadi yang disampaikan Pak Bobby Sangka. Yaitu, beliau menyatakan andil dalam perjuangan baik pada tingkat Nasional Pilpres, kemudian DPR RI, lalu Caleg Provinsi, dan Caleg Kabupaten. Pada khususnya, siap bekerjasama untuk itu. Karena beliau ingin supaya kursi di PDIP ini cukup untuk mengusungnya. Tidak berarti mengabaikan yang lain tetapi itu yang mau dilakukan. Sehingga kebanggaan kami ialah sulit karena selama ini tidak ada calon yang mengatakan seperti itu. Dia andil tidak nanti ada kursi baru dia masuk. Dan, kebanggaan kami PDIP adalah beliau salah satu putra terbaik Toraja yang masuk dalam TPN Ganjar-Mahfud", pungkasnya.

Diketahui Bobby Sangka adalah seorang pengusaha yang sukses di dunia IT. Dari segi kemampuannya dalam pemimpin tidak diragukan lagi. Dirinya sukses memimpin ratusan pegawainya selama puluhan tahun. Dan saat ini, bulat tekatnya untuk pulang kampung mengabdikan dirinya untuk membangun Kampung halamannya yang lebih baik lagi ke depannya.(Albert)

  • Bagikan