Sabtu Capres Ganjar Berada di Toraja, Minggu Cawapres Gibran

  • Bagikan

Gibran Rakabuming dan Ganjar Pranowo. (Dok. Istimewa)

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, TANA TORAJA-- Calon Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia ramai-ramai mengunjungi Toraja, Sulawesi Selatan.

Calon Presiden RI nomor urut 3, Ganjar Pranowo dijadwalkan berkunjung ke Toraja, Sabtu (25/11/2023) besok.

Sementara Calon Wakil Presiden nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka juga berada di Toraja, Minggu (26/11/2023).

Informasi dibenarkan Ketua DPC Gerindra Tana Toraja, dr. Zadrak Tombeg dan menjelaskan kunjungan putra sulung Presiden Jokowi itu bagian dari safari politik, sekaligus memperkenalkan diri kepada masyarakat Toraja.

Lanjut Zadrak, segala persiapan penyambutan telah disiapkan secara matang.

“Persiapan menyambut Mas Gibran sudah matang, Cawapres datang menyapa masyarakat Toraja dan berkoordinasi dengan Ketua-ketua Partai Koalisi Indonesia Maju (KIM),” udar Zadrak, Jumat (24/11/2023).

Ketua Kita Prabowo (Kipra) Tana Toraja, Kombes Pol (Purn) Darma Lelepadang menambahkan Cawapres dari KIM akan mendarat pukul 11.00 Wita di Bandara Toraja di Buntu Kunik, Kecamatan Mengkendek.

Kemudian, Gibran menuju Plaza Kolam Makale yang disambut ribuan relawan pendukung dengan penyambutan secara adat dan budaya Toraja.

Darma menjelaskan, Gibran akan menerima gelar adat ditokko yang menjadi kewenangan para Tokoh Adat.

Gelar yang sama juga pernah diberikan kepada Ibunda Presiden Jokowi, Almh Hj Sudjiatmoko Notomiharjo sebagai salah satu warga kehormatan Tongkonan di Sangalla dan Presiden Jokowi juga menerima gelar adat tersebut saat kunjungan kerja di Kabupaten Tana Toraja.

“Setelah dari Kolam Makale menyapa masyarakat, Gibran akan bertolak ke Toraja Utara, jadi jadwalnya hanya hari Minggu di Toraja,” ucap Darma.

Sementara jadwal Gibran di Toraja Utara akan bersilaturahmi ke Kantor Badan Pekerja Sinode (BPS) Gereja Toraja Tongkonan Sangulele di Jalan Pongtiku, Kecamatan Rantepao.

Setelah bertatap muka dengan pengurus BPS Gereja Toraja, Walikota Solo itu akan mengikuti apel besar Gerakan Anak Muda Kristen Indonesia (GAMKI) dan selanjutnya bertolak kembali ke Jakarta.

Sementara kabar kunjungan Ganjar Pranowo juga disampaikan Dewan Pengarah Tim Pemenangan Daerah (TPD) Ganjar-Mahfud Tana Toraja, Yohanis Lintin.

“Pak Capres Ganjar Pranowo mendarat di Toraja dan langsung menuju kampus UKI Toraja di Plaza Kolam Makale untuk membawakan kuliah umum,” kata Yohanis.

Mata kuliah umum dibawakan Capres nomor urut 1 itu yakni 'Bonus Demografi Menuju Indonesia Emas 2045'.

Setelah memberikan kuliah umum ke mahasiswa UKI Toraja di Makale, Pak Ganjar bertolak ke kantor BPS Gereja Toraja di Rantepao untuk makan siang bersama pengurus.

“Pihak UKI Toraja mengundang tiga Capres untuk membawakan kuliah umum dan hanya Ganjar Pranowo yang bersedia hadir memenuhi undangan itu,” ungkap Yohanis.

Lanjut Yohanis yang juga Ketua DPC PDI Perjuangan Tana Toraja itu menuturkan kehadiran Ganjar di Toraja sangat penting karena akan lebih dikenali masyarakat.

“Warga bisa lebih mengenal sosok Capres Ganjar dan tujuan baiknya rakyat tidak membeli kucing dalam karung, karena branding tim kampanye belum tentu sesuai dengan fakta kualifikasi calon,” pungkasnya.

Setelah makan siang bersama jajaran pengurus BPS Gereja Toraja, Ganjar Pranowo kembali ke Bandara Toraja untuk terbang ke Kabupaten Maros dan Kota Makassar. (Risna)

  • Bagikan