Kades Lebani – UMPalopo Teken MoU di Rumah Baca HMD Anak Desa

  • Bagikan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, BELOPA-- Kepala Desa (Kades) Lebani, Kec. Belopa Utara, Luwu dengan Rektor Universitas Muhammadiyah Palopo (UMPalopo) melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) untuk wujudkan desa binaan sebagai tanggung jawab kampus.

Penandatanganan MoU dilaksanakan di Rumah Baca HMD Anak Desa, Desa Lebani pada Sabtu, 25 November 2023.

Dimana, pihak Rektor Universitas Muhammadiyah Palopo(UMPalopo) yang diwakili Wakil Rektor 3 Dr Goso Saputra SE MM dan Kepala Desa (Kades) Lebani, melakukan penandanganan Memorandum of Understanding (MoU) menjadikan Desa Lebani sebagai desa binaan.

Menurut Anggota DPRD Provinsi Sulsel Fraksi PAN, Dr H Husmaruddin SE MM (HMD Anak Desa) kepada Palopo Pos, Sabtu, 25 November 2023, pokok utama dari kerja sama tersebut yakni bagaimana literasi rumah baca dimanfaatkan untuk anak-anak SD dan SMK untuk bisa digunakan belajar sambil bermain pada akhir pekan (Sabtu-Ahad). Karena di situ ada lapangan dan ada kebun desa.

Yang kedua, HMH berharap Fakultas Pertanian UMPalopo bisa menjadikan Markas Anak Desa jadi kebun bibit pembuatan pupuk kompos untuk diberikan kepada kelompok wanita tani kebun-kebun desa di sekitarnya. Sekaligus jadi tempat penelitian dan pengabdian masyarakat UMPalopo.

''Kita berharap kegiatan seperti ini mampu berkontribusi memberikan skill para peserta didik, mahasiswa, dan sekaligus bisa beri sumbangsih kepada masyarakat melalui HMD sebagai anggota DPRD Provinsi Sulsel, sebagai Wija To Luwu sekaligus sebagai dosen. Dan pihak kampus berkontribusi secara maksimal untuk melakukan pengabdiannya kepada masyarakat,'' tandas politisi asal Tana Luwu yang disebut-sebut akan maju sebagai Calon Bupati Luwu pada Pilkada 2024 mendatang. (ikh)

  • Bagikan