Di Hadapan Jajaran Kesbangpol, Bahtiar Tekankan Pemerintahan Wajib Terapkan Sistem Informasi Berbasis Elektronik

  • Bagikan

Nampak Penjabat Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, di acara diskusi Panel Interaktif Implementasi Pelaksanaan Urusan Pemerintahan Umum di Daerah dan Sosialisasi Sistem Informasi Politik dan Pemerintahan Umum, yang diselenggarakan di Four Points Hotel Makassar, Selasa, 28 November 2023. --hms pemprov--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, MAKASSAR-- Penjabat Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, yang juga Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri, membuka Diskusi Panel Interaktif Implementasi Pelaksanaan Urusan Pemerintahan Umum di Daerah dan Sosialisasi Sistem Informasi Politik dan Pemerintahan Umum, yang diselenggarakan di Four Points Hotel Makassar, Selasa, 28 November 2023.

Pelaksanaan acara tersebut, dirangkaikan dengan Penyerahan Bantuan Pemerintah Sarana Penunjang Pelaksanaan Urusan Pemerintahan Umum di Daerah untuk 38 provinsi. Sebanyak 250 peserta dari Kesbangpol seluruh Indonesia hadir di acara ini.

Bahtiar mengatakan Kesbangpol seluruh Indonesia adalah bagian penting dari sistem negara dalam Pemerintahan Indonesia yang melaksanakan fungsi-fungsi urusan pemerintahan umum, yang selalu berupaya melahirkan kebahagiaan lahir batin bagi masyarakat.

Ia juga menyampaikan sebagai Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum (Polpum), salah satu area perubahan yang digerakkannya adalah membangun sistem informasi di lingkungan Ditjen Polpum Kemendagri yang terkoneksi hingga provinsi dan kabupaten/kota, bahkan ke depan ditargetkan sampai kecamatan.

"Karena urusan pemerintahan digerakkan dari tingkat nasional hingga level kecamatan yang menyelenggarakan urusan pemerintahan umum," ujarnya.

Hal ini dilakukan untuk dapat berkomunikasi dengan 38 provinsi dan 514 kabupaten/kota. Sehingga perlu aplikasi yang sama dengan sistem informasi pemerintahan berbasis elektronik. Demikian juga dengan aspirasi masyarakat, banyak disampaikan melalui media elektronik.

"Sistem pemerintahan berbasis elektronik harus kita lakukan," kata Bahtiar.

Hal lainnya, pada kesempatan ini, selain Sulsel sebagai satu-satunya provinsi yang telah menyiapkan anggaran bantuan untuk Forkopimcam. Ia mengapresiasi Kabupaten Lembata dari Nusa Tenggara Timur yang telah menganggarkan sejak dua tahun lalu, agar menjadi contoh daerah lain, pungkasnya. (*/rls/pp)

  • Bagikan