UMPalopo Kerja Sama HMD Institute Gelar Workshop Internet Sehat dan Lomba Video Pendek

  • Bagikan

PALOPOPOS. CO. ID, BELOPA--UMPalopo bekerjasama dengan Dr. Husmaruddin, S.E., M.M., melalui HMD Institute melaksanakan kegiatan Workshop Internet Sehat dan Lomba Video Pendek Tingkat SMA/SMK se-Kabupaten Luwu di Desa Lebani, Kecamatan Belopa Utara pada tanggal 24 sampai 25 November 2023.

Dr. Husmaruddin, S.E., M.M., yang juga merupakan dosen di UMPalopo ini dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan ajang silaturahminya selaku Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Selatan dengan masyarakat khususnya peserta kegiatan yang berasal dari kalangan generasi Z.

“Untuk tetap mampu produktif dan bertindak positif di era teknologi komunikasi dan informasi ini, kalangan generasi Z membutuhkan kompetensi literasi digital,” ungkap Anggota DPRD dari Komisi E yang membidangi Pendidikan ini.

Rektor UMPalopo yang di wakili Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Bisnis, Dr. Goso, S.E., M.M., menyampaikan bahwa sinergitas antara perguruan tinggi dan pemerintah sangat krusial melalui kegiatan-kegiatan produktif dan positif khususnya bagaimana memanfaatkan peluang kemajuan teknologi. Selain itu, melalui kegiatan ini juga menjadi ajang promosi prodi-prodi yang ada di UMPalopo bagi peserta workshop yang merupakan siswa SMA/SMK kelas XII.

Dr. Muh. Zainal S, selaku ketua panitia kegiatan melaporkan bahwa tujuan kegiatan pada dasarnya sebagai upaya untuk memfasilitasi siswa agar lebih cermat, cerdas dan bijak dalam memanfaatkan internet. Lebih lanjut Dekan Fakultas Sains dan Teknologi (F-Saintek) UMPalopo ini menyampaikan bahwa kegiatan berlangsung selama dua hari, yakni Jumat dan Sabtu. Adapun materi yang disiapkan mulai dari sharing session mengenal lebih dekat Dr. H. Husmaruddin, S.E., M.M., salah satu politisi sekaligus akademisi sukses di Tana Luwu dan dilanjutkan dengan workshop internet sehat serta lomba video pendek.

Turut hadir dalam kegiatan Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah XI, sejumlah Kepala Sekolah SMA/SMK dan guru pendampingnya, Kepala Desa Lebani serta mahasiswa pendamping dari UMPalopo yang terdiri dari Badan Eksekutif Mahasiswa, Himpunan Mahasiswa Prodi Penyuluh Pertanian, Himpunan Mahasiswa Prodi Rekayasa Perangkat Lunak, Himpunan Mahasiswa Prodi Ilmu Kelautan, dan Himpunan Mahasiswa Kreatif (HMK).

Kegiatan ini juga dirangkaikan dengan penandatanganan MoU antara UMPalopo dengan Pemerintah Desa Lebani yang difasilitasi oleh HMD Institute dengan fokus kerjasama bidang pengembangan pertanian, pengembangan dan penerapan teknologi informasi dan komunikasi serta implementasi program Kampus Merdeka dan Merdeka Belajar (MBKM). (ikh)

  • Bagikan