Berprestasi, Perpustakaan IAIN Palopo Raih Akreditasi A dari Perpus Nasional RI

  • Bagikan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID PALOPO -- Belum genap enam bulan kepemimpinan Dr Abbas Langaji, IAIN Palopo kembali menorehkan prestasi yang membanggakan, Perpustakaan IAIN Palopo meraih predikat Akreditasi A oleh Perpustakaan Nasional RI.


Hal tersebut sesuai dengan sertifikat akreditasi yang dikeluarkan Perpustakaan RI Bernomor: 3073/1/PPM.02/VIII/2023 ditandangani langsung Kepala Perpustakaan Nasional RI, Muhammad Syarif Bando.


Terkait prestasi tersebut Rektor IAIN Palopo, Dr Abbas Langaji, M.Ag mengungkapkan, bahwa pembinaan dan pengembangan perpustakaan di IAIN Palopo sejak beralih status dari STAIN menjadi IAIN Tahun 2014, merupakan salah satu fokus program pada masa kepemimpinan Prof Abdul Pirol. Pada tahun 2016, dilakukan pembangunan Gedung Perpustakaan berlantai tiga dengan anggaran SBSN sebesar Rp16 M. Pada tahun-tahun berikutnya dilakukan penambahan jumlah koleksi dan perubahan sistem layanan dari manual menjadi layanan digital.


Dikatakannya, bila Akreditasi A ini dianggap sebagai prestasi, maka hakikatnya adalah prestasi warga IAIN secara keseluruhan. Prestasi kolektif institusional bukan prestasi individual rektor.


Prestasi tersebut kata rektor, tidak bisa dipisahkan dari kontinuitas kepemimpinan sebelumnya, khususnya kepemimpinan Prof Pirol yang salah satu fokusnya pada perbaikan tata kelola dan peningkatan layanan perpustakaan.


Secara khusus, Rektor juga menyampaikan apresiasi atas kerja keras dan kerja cerdas Bapak H. Madehang, S.Ag, M.Pd selaku Kepala Perpustakaan IAIN Palopo 2019-2023 yang telah melakukan banyak hal terkait tata kelola untuk peningkatan standar layanan perpustakaan, yang bermuara dengan diraihnya akreditasi tertinggi di bidang perpustakaan.


Rektor berharap agar prestasi ini tidak menimbulkan euforia dan berpuas diri dengan prestasi yang diraih. Namun terus berupaya memperbaiki tata kelola untuk peningkatan layanan.


Sementara itu, Kepala UPT Perpustakaan IAIN Palopo, Abu Bakar, S.Pd.I, M.Pd mengungkapkan adapun penerbitan sertifikat ini sudah dilakukan sejak Agustus 2023 lalu. Namun pihaknya baru mendapatkan informasi tersebut, per 29 November 2023.


"Alhamdulillah, kita raih akreditasi A untuk perpustakaan dari Perpustakaan Nasional RI," ujarnya.
Mengenai, kapan diterima sertifikat fisiknya, pihaknya saat ini mengatur jadwal untuk menerima secara langsung dari Perpustakaan RI di Jakarta.


Dikatakan Abu Bakar, Perpustakaan IAIN Palopo terus melakukan berbagai inovasi dalam memberikan layanan terbaik bagi civitas akademik maupun masyarakat di Kota Palopo dan Luwu Raya pada umumnya.
Di Perpustakaan IAIN Palopo sendiri, saat ini menyiapkan fasilitas internet gratis. Itu dilakukan sejak September 2023 kemarin.


Fasilitas internet gratis ini, kata dia diperuntukkan bagi para pengunjung Perpustakaan IAIN Palopo. Baik mahasiswa, dosen, tendik IAIN maupun masyarakat umum.


Siapapun pengunjung diberi layanan internet gratis, karena perpustakaan IAIN ini terbuka bagi masyarakat umum. Termasuk para siswa SMA di Luwu Raya, yang ingin baca buku di Perpustakaan IAIN.
Di Perpustakaan IAIN Palopo sendiri kata dia, itu menyiapkan 40 ribu eksemplar lebih dengan 15 ribu judul buku. Sementara pelayanannya dibuka sejak pukul 08.00 hingga 16.00 Wita.


"Kami berkantor itu pukul 07.30 Wita namun pelayanan di perpustakaan dimulai pukul 08.00," tandasnya.
Ditambahkannya, selain menyiapkan fasilitas internet gratis, UPT Perpustakaan IAIN Palopo juga memberi kemudahan bagi masyarakat umum menikmati membaca buku elektronik (E-book) kapan saja dan dari mana saja.


Caranya membuka website libiainpalopo.com atau bisa juga ketik: perpustakaan IAIN Palopo. Kemudian mendaftarkan diri sebagai peserta perpustakaan. Setelah itu dapat menikmati 800 judul lebih E-book yang disediakan.


"Bagi civitas akademika IAIN Palopo serta masyarakat umum yang ingin membaca buku E-book, kita menyiapkan 800 judul lebih. Itu bisa diakses kapan saja serta dari mana saja," terangnya.(idr)

  • Bagikan