Hanya Bermain Imbang, PSM Makassar dan Hai Phong Sama-sama Tersingkir dari Piala AFC 2023/24

  • Bagikan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, BALI-- Nasib PSM Makassar untuk lolos ke babak semifinal AFC Cup terhenti sudah.

Tim Juku Eja harus berlapang dada. Yakob Sayuri cs,  tersingkir usai bermain imbang lawan Hai Phong FC di matchday kelima Grup H.

PSM gagal meraih poin penuh setelah bermain imbang 1-1 saat menghadapi wakil Vietnam tersebut di Stadion Kapten I Wayang Dipta, Bali, Kamis, 30 November 2023.

Tambahan satu poin membuat PSM dipastikan tidak bisa mengejar perolehan poin Sabah yang lolos sebagai juara grup H.

Nasib sama juga dialami Bali United. Mereka tidak mungkin lagi untuk mengejar perolehan poin Phnom Penh, karena fase grup zona ASEAN hanya menyisakan satu laga.

Hasil seri tersebut menempatkan PSM di peringkat ketiga, karena hanya mengumpulkan tujuh poin. Koleksi angka PSM sama dengan Hai Phong, namun mereka kalah selisih gol. Kendati demikian, Hai Phong juga tetap tersingkir.

Hal itu tak lepas dari hasil pertandingan antara wakil Kamboja, Phnom Penh Crown FC, dan Dynamic Herb Cebu di saat bersamaan.

Phnom Penh mencatat kemenangan telak 4-0 atas klub Filipina tersebut. Imbasnya, Bali United juga ikut tersingkir dari Piala AFC.

Kemenangan itu membuat Phnom Penh yang menduduki peringkat kedua klasemen sementara Grup F mengumpulkan 12 poin. PSM dan Bali United tak mungkin lagi mengejar raihan poin Phnom Penh, mengingat fase grup zona ASEAN hanya menyisakan satu laga. Seperti halnya PSM, Bali United hanya mengumpulkan tujuh poin.

Pada duel itu, PSM sempat mengawali laga dengan baik. Hanya saja mereka gagal menciptakan peluang berbahaya, sehingga skor imbang tanpa gol menutup babak pertama.

Permainan antara PSM dan Hai Phong berjalan imbang di babak kedua. Namun tim Juku Eja terbungkam ketika Lucao do Break membuka keunggulan Hai Phong pada menit ke-74.

Gol Yakob Sayuri memanfaatkan set-piece selang tiga menit kemudian sempat membuka asa PSM meraih kemenangan yang bisa menjaga asa lolos ke semi-final. Walau begitu, upaya PSM untuk membalikkan keadaan menemui kegagalan hingga peluit panjang ditiupkan wasit.

Tidak lolosnya PSM Makassar, membuat Yakob Sayuri meminta maaf kepada seluruh suporter PSM atas hasil pertandingan itu karena gagal meraih kemenangan.

"Tetap bersyukur atas hasil yang didapatkan malam hari ini, walaupun tidak sesuai dengan yang diinginkan. Tapi, tim telah bekerja keras. Kami mohon maaf kepada seluruh suporter," kata Yakob usai pertandingan.

Walau dipastikan telah tersingkir, PSM masih menyisakan satu laga lagi di AFC Cup. Laga tersebut adalah duel tandang lawan Sabah. Dari lima laga yang telah dilalui, PSM mencatat dua kemenangan, satu hasil imbang, dan dua kekalahan.

Di Grup G, wakil Indonesia lainnya Bali United juga dipastikan gagal lolos karena terpaut tiga poin dari pemuncak klasemen, Central Coast Mariners.

Meski secara matematis bisa menyamai poin wakil Australia itu, Bali United kalah dalam head-to-head.

BELUM MOVE ON

Pelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares mengakui timnya begitu kesulitan di pertandingan AFC Cup 2023/2024 menghadapi Hai Phong.

Ia mengakui timnya punya satu peluang besar untuk bisa unggul terlebih dahulu di babak pertama. Hanya saja, peluang tersebut gagal dimanfaatkan.

“Saya pikir di babak pertama kita punya satu peluang untuk mencetak gol dan kami gagal,” kata Bernardo Tavares di sesi konferensi pers usai laga, Kamis, 30 November 2023.

“Kami banyak situasi dan bermain kurang baik,” ungkapnya.

Ia juga mengakui bahwa timnya masih belum move on dari kekalahan sebelumnya di laga perdana menghadapi Hai Phong.

“Kami tidak lupa kekalahan di kandang lawan 3-0,” ujarnya.

Pelatih asal Portugal itu pun juga mengakui lawannya kali ini adalah tim yang bagus. Dengan transisi dan permainan agresifnya.

“Mereka adalah tim bagus dengan transisi dan permainan agresif,” pungkasnya. (*/fjr/net/pp)

Berikut susunan pemain kedua tim:

PSM: Reza Arya Pratama; Safruddin Tahar, Yuran Fernandes, Daffa Salman, Rizky Eka, Akbar Tanjung, M Arfan, Kenzo Nambu, Yakob Sayuri, Everton Nascimento, Adilson Silva.

Hai Phong: Dinh Trieu Nguyen; Dang Van Toi, Pham Hoai Duong, Bicou Bissainthe, Le Manh Duong, Luong Hoang Nam, Trieu Viet Hung, Nguyen Tuan Anh, Nguyen Huu Son, Joseph Mpande, Lucao do Break.

  • Bagikan