Gawat! Tiga Punggawa PSM Absen Saat Hadapi Bhayangkara FC

  • Bagikan
Pemain andalan PSM Makassar Ananda Raehan dipastikan absen saat bentrok dengan Bhayangkara FC, Jumat, 8 Desember 2023. --fjr--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, MAKASSAR-- Berita tak sedap datang dari PSM Makassar. Menjelang bentrok dengan Bhayangkara FC dalam lanjutan Liga 1 Indonesia, Jumat, 8 Desember 2023 mulai pukul 20.00 Wita di Stadion Gelora Bj Habibie, tiga pemain andalannya dipastikan absen. Mereka adalah M Arfan, Ananda Raehan, dan Safruddin Tahar.

Ketiga pemain ini harus absen menghadapi Bhayangkara FC karena mereka sudah mengantongi total empat kartu kuning.

Dengan demikian, M Arfan, Ananda Raehan, dan Safruddin Tahar akan menjalani sanksi sesuai regulasi PT Liga Indonesia Baru (LIB).

Ketiga pemain ini harus absen membela PSM Makassar karena menerima skorsing dan harus absen selama satu pertandingan.

“Pemain yang memperoleh akumulasi empat kartu kuning dalam 4 laga berbeda selama berlangsungnya BRI Liga 1, tidak diperkenankan bermain 1 kali pertandingan pada laga berikutnya setelah akumulasi tercapai,” tulis regulasi Liga 1 di Pasal 57 ayat 3.

“Aturan larangan satu pertandingan juga berlaku untuk setiap akumulasi 3 kartu kuning berikutnya dalam 3 pertandingan yang berbeda selama berlangsungnya BRI Liga 1,” demikian lanjutan regulasi itu.

Menanggapi absenya tiga pemain ini, pengamat sepakbola Budiardjo Thalib menyebut absennya tiga pemain ini pasti memiliki pengaruh.

Menurutnya hal yang paling berdampak dari tiga pemain ini adalah lini belakang. Sebab, ketiga adalah pemain yang punya tipikal cenderung bertahan.

“Memang sih ada pengaruh dengan absenya beberapa pemain ini. Itu mungkin akan berdampak dengan menurunya kualitas di lini pertahanan tim,” kata Budiardjo Thalib saat dihubungi Fajar.co.id, Kamis (7/12/2023).

“Jadi, ini yang harus terus di evaluasi dan mendapatkan instruksi khusus. Meski beberapa pemain ini absen. Tapi mereka harus tetap fokus ke pertandingan,” jelasnya.

Lebih lanjut, Budiardjo pun menegaskan absen beberapa pemain ini kemungkinan akan punya pengaruh cukup besar untuk PSM di laga ini.

“Tapi kalau mau di bilang absennya beberapa pemain ini kemungkinan akan memberi pengaruh yang cukup besar,” pungkasnya. (fjr/pp)

  • Bagikan