Prestasi Terbanyak, UNCP Kampus Terbaik di Luwu Raya

  • Bagikan
Sebanyak 78 mahasiswa penerima beasiswa KIP Kuliah bersama Kepala LLDikti Wilayah IX, Ketua BPH YPT Cokroaminoto Palopo, Rektor, dan Wakil Rektor Bidang Sumberdaya.--ft: humas/uncp--

Disampaikan Kepala LLDikti Wilayah IX pada Wisuda Periode 3, Hari Kedua

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO-- Universitas Cokroaminoto Palopo (UNCP) rapat senat terbuka dalam rangka wisuda Sarjana dan Magister untuk Fakultas Pendidikan dan Pertanian Periode 3 Tahun 2023, hari kedua di gedung SCC Palopo, Rabu, 6 Desember 2023 kemarin.

Untuk diketahui, wisuda sarjana UNCP dilaksanakan selama dua hari yakni 5-6 Desember 2023. Jumlah wisudawan 744 orang. Terdiri 227 orang Sarjana Pendidikan, 144 Sarjana Pertanian, 16 Sarjana Sains, dan 357 Sarjana Komputer.

Kepala LLDikti Wilayah IX Sultan Batara, Dr. Drs. Andi Lukman MSi dalam sambutannya pada wisuda UNCP menyampaikan, bahwa Universitas Cokroaminoto Palopo merupakan Kampus Terbaik di Luwu Raya.

"UNCP merupakan Perguruan Tinggi Terbaik di Luwu Raya dengan prestasi terbanyak. Hal ini menunjukkan bahwa UNCP terbaik dalam pembinaan mahasiswa dan kinerja dosen," tandas Andi Lukman

Dalam kesempatan tersebut Kepala LLDikti Wilayah IX menyerahkan beasiswa Kartu Indonesia Pintar Skema 1 tahun 2023 kepada 78 mahasiswa UNCP.

"Beasiswa KIP Kuliah ini meliputi biaya kuliah dan biaya hidup selama 8 semester, yang berasal dari pemerintah kepada mahasiswa berprestasi yang memiliki keterbatasan ekonomi," terangnya.

Sementara Rektor UNCP, Rahman Hairuddin dalam pelaksanaan rapat senat terbuka dalam rangka wisuda Sarjana dan Magister menyampaikan, UNCP berkomitemen terus mendorong mahasiswa dalam memperoleh capaian.

Sejauh ini, keberadaan UNCP banyak memberi dukungan terhadap mahasiswanya dalam program Merdeka Belajar Kampus Merdeka(MBKM)yang dicanangkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pada sejak tahun 2020 yang bertujuan mendorong mahasiswa untuk menguasai berbagai keilmuan untuk bekal memasuki dunia kerja.

Rektor melaporkan terkait pelaksanaan dari program tersebut yang diikuti para mahasiswa UNCP. Saat ini 245 Mahasiswa mengikuti Kampus Mengajar Angkatan 5 dengan semboyan utamanya Belajar Sambil Berdampak .

Mahasiswa-mahasiswa ini secara penuh waktu selama satu semester mengajar di satuan pendidikan dan diakhir kegiatan UNCP telah menyiapkan perangkat untuk merekognisi kegiatan ini sebanyak 20 SKS. Kemudian,4 orang mahasiswa lolos Magang Bersertifikat dan Studi Independent (MSIB) pada semester genap tahun akademik 2022/2023.

Selain kegiatan MBKM beberapa prestasi mahasiswa, untuk program kreativitas mahasiswa, UNCP berhasil meraih penghargaan Perguruan Tinggi dengan Pendanaan Terbanyak pada Klaster V secara nasional pada ajang Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Award 2023 yang digelar di Depok, Jawa Barat, pada 28 Oktober lalu.

Tim P2MW (Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha) berhasil meraih Juara 1 Kategori Budidaya KMI Awards 2023 yang dilaksanakan di Bali pada 17 November 2023.

Tercatat lebih dari 1871 tim wirausahawan mahasiswa yang berasal dari 275 perguruan tinggi se-Indonesia. Mahasiswa prodi Agroteknologi UNCP perkenalkan Budidaya Jangkrik pada ajang bergengsi nasional Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-36 tersebut.

Tim UNCP berhasil meraih juara tiga kategori video kreatif pada 4C National Competition 2023 yang diadakan oleh Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawija, 25 September -18 November 2023. Tercatat 248 tim Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta se-Indonesia, yang mengikuti 4C Nasional Competition.

Mahasiswa Prodi Kimia, Fakultas Sains UNCP atas nama Armayati dianugerahi sebagai Peneliti Terbaik Program IRN Tahun 2023-2024 pada kompetisi Indofood Riset Nugraha (IRN).

Mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa Inggris Ananda Melfa, meraih Juara 1 Kyorugi Senior Putri Under 67 kg Putri, Poltek Cup 2023 Taekwondo Open Tournament.

"Kami dari pihak pimpinan terus mendorong anak-anak kami para mahasiswa untuk terus mengembangkan kreativitas, inovasi, sehingga dapat terus meraih prestasi. Untuk menunjang prestasi mahasiswa, UNCP juga menyalurkan beasiswa dari berbagai sumber dan tahun ini," kata Rektor.

Seperti, dia mengemukakan KIP Kuliah yang mencakup biaya pendidikan dan biaya hidup. UNCP Scholarship yang merupakan beasiswa dari Yayasan Perguruan Tinggi Cokroaminoto Palopo. Beasiswa ini khusus dari Yayasan perguruan tinggi Cokroaminoto Palopo yang mencakup biaya studi selama 8 semester.

Bantuan biaya pendidikan dari PEMDA Luwu Timur. Beasiswa penyelesaian tugas akhir yang juga berasal dari Yayasan Perguruan Tinggi Cokroaminoto Palopo.

UNCP juga terus berbenah untuk meningkatkan kualitas SDM di UNCP. Saat ini UNCP memiliki Dosen berkualifikasi Doktor sebanyak 26 orang, 4 diantaranya memiliki jabatan fungsional Guru Besar atau Professor, Magister 114 orang, dan sementara menempuh pendidikan Doktor sebanyak 10 orang.

"Sumber daya Manusia yang dimiliki oleh UNCP ini merupakan kekuatan utama UNCP untuk menjadi universitas unggul, oleh sebab itu kami selalu mendorong dosen untuk meningkatkan kompetensi dan prestasi," katanya.

Saat ini, 3 orang Dosen lolos Pelatih sekolah penggerak sehingga total fasilitator sekolah penggerak saat ini di UNCP berjumlah 7 orang. Dosen-dosen ini aktif menjadi fasiltator nasional untuk menfasilitasi implementasi kurikulum merdeka di satuan pendidikan.

Selanjutnya, 6 Dosen lolos sebagai Dosen Pembimbing Kampus mengajar angkatan VI. Tahun ini juga dosen UNCP mencetak prestasi yang membanggakan dalam Kompetisi Hibah Penelitian dan Pengabdian 2023.

Secara keseluruhan dosen UNCP meloloskan 32 judul penelitian dan pengabdian tahun 2023 melalui Hibah DRTPM Kemendikbud.

UNCP tercatat sebagai kampus di luar Kota Makassar yang terbanyak memenangkan kompetisi Hibah Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) dengan menempatkan urutan kedua terbanyak di LLDikti Wilayah IX.

Ditjen Dikti merilis 5 Besar Perguruan Tinggi Penerima Program Pengabdian dengan Judul Terbanyak dan UNCP menempati posisi ketiga pada klaster madya dengan 7 judul.

Ditjen Dikti juga merilis 5 Besar Perguruan Tinggi Penerima Program Pengabdian dengan Dana Terbanyak dan UNCP menempati posisi keempat pada klaster madya dengan jumlah dana 299 juta. Kemudian, dua orang dosen lolos sebagai dosen pembimbing MSIB.

"UNCP terus mendorong para dosen untuk mengikuti program kompetitif nasional. Saat ini dosen tengah fokus pada pengajuan Hibah Penelitian dan Pengabdian Masyarakat dari Kemendikbud. UNCP akan memfasilitasi mulai dari pendampingan penyusunan proposal hingga pendampingan pengusulan proposal melalui BIMA" terang Rektor.

  • Bagikan