Muswil Permikomnas Wilayah XI Digelar, Kadis Kominfo Palopo: Program Permikomnas Sejalan dengan Smart City

  • Bagikan
Kepala Dinas (Kadis) Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Palopo, Hamsir Hamid, ST. --hms--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO-- Kepala Dinas (Kadis) Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Palopo, Hamsir Hamid, ST., mewakili Pj Wali Kota menghadiri kegiatan Musyawarah Wilayah (MUSWIL) Perhimpunan Mahasiswa Informatika dan Komputer Nasional (PERMIKOMNAS) Wilayah XI. Musyawarah Wilayah VI.

Kegiatan yang mengusung tema "Membangun Masa Depan dengan Teknologi Untuk Inovasi dan Kolaborasi dari Permikomnas untuk Masyarakat" dilaksanakan di Auditorium SaokotaE Rumah Jabatan Wali Kota Palopo, Kamis, 7 Desember 2023.

Ketua Panitia Pelaksana, Bintang Aprianta, dalam laporannya mengatakan, Perkopimnas merupakan sebuah wadah aspirasi mahasiswa teknik informatika. Di mana katanya, Permikomnas juga ikut berperan dalam meningkatkan mutu berpikir kritis mahasiswa.

Muswil Permikomnas wilayah XI tambahnya, diikuti delegasi dari 15 universitas. Yakni Sulsel dan Sulbar. Dalam muswil itu, dilakukan beberapa kegiatan. Di antaranya seminar nasional yang mengangkat tema Urgensi Keamanan Data Menuju Pesta Demokrasi.

Pj. Wali Kota Palopo, Asrul Sani. SH., M.Si., dalam sambutannya yang disampaikan Kadis Kominfo, menyampaikan selamat datang peserta di Kota Palopo bagi seluruh delegasi Permikomnas dari berbagai perguruan tinggi yang meliputi Permikomnas wilayah XI.

"Dipilihnya Palopo sebagai lokasi Muswil, merupakan suatu kehormatan sekaligus penguat citra Palopo sebagai kota berdimensi pendidikan. Karenanya, saya berharap semua rangkaian kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik dan lancar tanpa ada hambatan yang berarti", ungkapnya.

Kadis Kominfo melanjutkan, Visi misi Pemerintah Kota Palopo adalah terwujudnya Kota Palopo sebagai kota yang maju, inovatif, dan berkelanjutan.

Salah satu penjabaran dari visi misi itu adalah melalui pelaksanaan program smart city, ini tentu sejalan dengan program Permikomnas.

"Pelaksanaan program smart city di Kota Palopo terus diupayakan dengan berbagai potensi yang dimiliki termasuk di dalamnya penyiapan penerapan sistem pemerintahan berbasis elektronik. Ini amanah dari peraturan Presiden nomor 95 Tahun 2018. Yakni, di mana semua daerah di wilayah Republik Indonesia diharapkan untuk melakukan transformasi digital. Ini juga sejalan dengan kegiatan yang kita laksanakan hari ini", jelas Hamsir Hamid.

Lebih lanjut, Hamsir Hamid mengatakan, kepengurusan Permikomnas yang secara periodik berganti adalah untuk menciptakan regenerasi dan peningkatan organisasi yang lebih baik ke depannya.

"Suksesnya suatu organisasi ke depan tentu ditentukan oleh semakin kuat upaya kita untuk melakukan kolaborasi dan kolabor-aksi. Manfaatkan dan berdayakan semua potensi SDM dalam Perkopimnas agar semua memiliki rasa kepedulian terhadap kemajuan organisasi", jelasnya.

"Selamat menggelar musyawarah wilayah, semoga muswil ini dapat menghasilkan regenerasi dan kesepakatan yang dapat ditransformasikan dan diselaraskan dengan program Pemkot Palopo", ujarnya.

Seusai pembukaan, dilanjutkan dengan menggelar seminar nasional yang merupakan rangkaian kegiatan muswil.

Seminar bertajuk "Urgensi Keamanan Data Menuju Pesta Demokrasi", yang menghadirkan nara sumber dari Polres Kota Palopo, Akademisi dari Universitas Cokroaminoto Palopo, Komisioner KPU Kota Palopo, dan Pejabat Fungsional Ahli Dinas Kominfo Kota Palopo, Ramlan, M. Kom. (rls/pp)

  • Bagikan