PSM Vs Bhayangkara FC: Penalti Yuran Gagal, Tim Juku Eja Hanya Raih Satu Poin, Berikut Klasemen dan Top Skor Liga 1

  • Bagikan

Pemain PSM Makassar.

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PAREPARE -- ASA PSM Makassar untuk merebut poin penuh saat meladeni Bhayangkara FC pupus. Tim Juku Eja, julukan PSM Makassar, harus puas berbagi poin di pertandingan pekan ke-22 kompetisi Liga 1 Indonesia musim 2023/2024.

Pada laga yang berlangsung di Stadion Gelora BJ Habibie, Jumat, 8 Desember 2023 ini, berakhir dengan skor sama kuat 1-1.

Meski kedua tim saling bermain terbuka dan saling bertukar di babak pertama. Namun, tidak ada satu gol pun yang tercipta.

Sementara dua gol yang tercipta di babak kedua berhasil dicetak oleh Kenzo Nambu di menit ke-58. Sebelum dibalas oleh Junior Brandao di menit ke-78.

Jalannya Pertandingan 

Pada awal babak pertama, tim tuan rumah PSM Makassar langsung mendominasi pertandingan dan menekan lawannya.

Alhasil, di menit kedua mereka langsung mendapatkan peluang. Berawal dari umpan panjang dari second line ke jantung pertahanan. Namun, masih dihalau oleh pemain Bhayangkara FC.

Bhayangkara FC mencoba membalas dan mendapatkan peluang berbahaya di menit ke-12. Dua kali sundulan dari Junior Brandao gagal membobol gawang dari Reza Arya Pratama.

Setelah itu kedua tim saling bertukar serangan. Hanya saja, belum ada lagi peluang berbahaya yang berhasil diciptakan oleh kedua tim.

Pada menit ke-28 peluang kembali di dapatkan PSM Makassar. Berawal dari pergerakan Yakob Sayuri di sisi kiri, sayang sepakannya masih melambung jauh.

Peluang berbahaya kembali di dapatkan PSM Makassar di menit ke-33. Berawal dari umpan Yance Sayuri di sisi kanan. Bola liar di depan mulut gawang kemudian berhasil di buang pemain Bhayangkara.

Pada menit ke-44, Bhayangkara FC yang justru mendapatkan peluang. Berawal dari pergerakan di sisi kanan, sepakan dari Junior Brandao masih terlalu lemah dan mampu di amankan oleh Reza Arya Pratama.

Sampai peluit panjang tanda berakhirnlaga dibunyikan tidak ada satu pun gol yang tercipta. Skor sementara masih imbang 0-0 di babak pertama.

Pertandingan masuk ke babak kedua, PSM Makasdar kembali mengambil inisiatif serangan terlebih dahulu di banding tim lawan.

Hasil di menit ke-48 dua peluang langsung di dapatkan. Yang pertama dari sepakan keras Ze Paulo dari luar kotak pinalti yang masih mampu di mentahkan oleh Aqil Savik.

Sementara untuk satu peluang lainnya berawal dari sepak pojok. Yance Sayuri yang mendapatkan bola dan berdiri bebas, sepakannya masih mampu di halau.

Dua menit berselang masih PSM Makasar yang mendapatkan peluang. Kali melalui sepakan bebas. Sayang sepakan dari Yuran Fernandes masih mampu di block.

Pada menit ke-56 peluang emas di dapatkan oleh tim tuan rumah. Memanfaatkan umpan panjang dari second line, Victor Mansaray yang menerima bola gagal menciptakan gol usai sepakannya masih mampu di halau.

Gol akhirnya tercipta di menit ke-58 untuk PSM Makassar. Berawal dari umpan matang Yance Sayuri di sisi kanan dan kemudian berhasil di selesaikan dengan sundulan oleh Kenzo Nambu dan timnya unggul 1-0.

Pada menit ke-61, kembali PSM Makassar mendapatkan peluang. Kali ini bola liar di depan mulut gawang Bhayangkara gagal usai sepakan Yakob Sayuri masih melebar.

Dua menit berselang penalti didapatkan oleh PSM Makassar usai penyerang Adilson Silva di langgar oleh pemain Bhayangkara FC di dalam kotak 12 pass.

Yuran Fernandes yang maju sebagai algojo gagal menambah keunggulan tim tuan rumah usai sepakannya ke arah tengah mampu dimentahkan oleh Aqil Savik.

Pada menit ke-78 Bhayangkara FC berhasil menyamakan kedudukan. Berawal dari kesalahan di lini belakang PSM, Junior Brandao sukses memanfaatkan menjadi gol.

PSM Makassar kembali berusaha unggul. Mereka mendapatkan peluang di menit ke-85, berawal dari sepak pojok bola yang memantul kemudian sepakan dari Akbar Tanjung masih melambung.

Pada menit ke-90+2 sempat terjadi kemelut di depan Bhayangkara FC usai crossing dari pemain PSM gagal disambut oleh satu pun pemain.

Sampai peluit panjang di bunyikan tidak ada lagi gol yang tercipta. Skor akhir antara PSM Makassar menghadapi Bhayangkara FC berakhir imbang 1-1.

Dengan hasil imbang ini, PSM masih tetap bertengger di posisi 10 klasemen sementara dengan poin 28. Sementara Bhayangkara FC tetap terpuruk di dasar klasemen yakni urutan ke-18. Poinnya hanya 12. Sementara pemuncak klasemen sementara liga 1 adalah Borneo FC. Tim asal Kalimantan ini berhasil mengumpulkan poin 45.

Sementara itu, per 9 Desember 2023, pencetak gol terbanyak atau top skor di Liga 1 adalah:

14 Gol: Gustavo Almeida (Arema FC/Persija Jakarta), David da Silva (Persib Bandung)
12 Gol: Alex Martins (Dewa United)
11 Gol: Flavio Silva (Persik Kediri), Junior Brandao (Madura United/Bhayangkara FC)

10 Gol: Ciro Alves (Persib Bandung), Carlos Fortes (PSIS Semarang), Jefferson Assis (Bali United)
9 Gol: Stefano Lilipaly (Borneo FC), Kenzo Nambu (PSM Makassar),
8 Gol: Bruno Moreira (Persebaya Surabaya), Paulo Gali Freitas (PSIS Semarang)

7 Gol: Gustavo Tocantins (Barito Putera), Fernando Rodriguez (Persis Solo), Felipe Cadenazzi (Borneo FC), Ryo Matsumura (Persija Jakarta)
6 Gol: Murilo Mendes (Barito Putera)
5 Gol: Ramadhan Sananta (Persis Solo), Mohammad Khanafi (Persik Kediri), Mitsuru Maruoka (RANS Nusantara FC), Ricky Cawor (PSS Sleman), Yandi Sofyan (Persikabo 1973), Lulinha (Madura United), Ilija Spasojevic (Bali United), Evandro Brandao (RANS Nusantara FC), Tavinho (RANS Nusantara FC), Matias Mier (Bhayangkara FC), Ezequiel Vidal (Persita Tangerang), Dedik Setiawan (Arema FC)

KLASEMEN SEMENTARA LIGA

  • Bagikan