Jojo Ketemu Shi Yuqi, Fajar/Rian Bersua Peringkat I Dunia Liang Wei Keng/Wang Chang

  • Bagikan

Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie, pada laga perdana grup BWF World Tour Finals 2023 di Hangzhou Olympic Sports Centre, Hangzhou, China. (PP PBSI

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, HANZHOU-- Semifinal BWF World Tour Finals 2023 mulai digeber hari ini, Sabtu, 16 Desember 2023.

Turnamen bulutangkis yang digelar setiap akhir tahun ini, Indonesia berhasil mengirimkan dua wakilnya di babak semifinal. Adalah, Jonatan Christie & Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.

Pada babak semifinal ini, digelar di Hangzhou Olympic Sports Centre Gymnasium, mulai pagi ini, Sabtu, 16 Desember 2023.

Adapun rangkaian pertandingan dimulai pukul 10.00 Wita, dengan sesi kedua dimulai pukul 17.00 Wita.

Indonesia punya dua wakil di empat besar ini. Sektor ganda putra, yang diwakili Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto akan tampil lebih dulu disusul Jonatan Christie di partai tunggal putra.

Fajar/Rian bakal main di partai keempat. Ganda peringkat lima dunia ini akan menghadapi Liang Wei Keng/Wang Chang yang saat ini menempati peringkat satu.

Sejauh ini Fajar/Rian masih unggul catatan pertemuan 2-1 atas Liang/Wang. Duel terakhir dua ganda ini adalah di final Malaysia Open 2023, dengan Fajar/Rian menang rubber-game 21-18, 18-21, dan 21-13.

Tidak lama kemudian, berselang dua pertandingan, Jonatan Christie akan tampil melawan tunggal putra China Shi Yuqi di partai ketujuh.

Jonatan juga masih unggul head to head atas Shi dengan enam kemenangan berbanding lima.

Keduanya sudah saling mengalahkan sepanjang 2023 ini. Jonatan menang di semifinal Indonesia Masters 2023 dengan 21-13, 15-21, dan 21-19, lalu dibalas Shi di babak pertama Singapore Open 2023 dengan 19-21 dan 12-21.

Tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie, memastikan diri melaju ke semifinal BWF World Tour Finals 2023.

Jonatan Christie menggenggam tiket babak semifinal BWF World Tour Finals 2023 meski kalah di laga terakhir babak penyisihan.

Dalam pertandingan pamungkas grup B, pemain yang akrab disapa Jojo itu menghadapi wakil tuan rumah, China yakni Li Shi Feng.

Berlaga di Hangzhou Olympic Sports Centre Gymnasium, China, Jonatan menyerah dua gim langsung di tangan Li 13-21, 18-21.

Walau menelan hasil minor dalam pertandingan terakhir, tunggal putra peringkat keenam dunia tersebut melaju ke fase empat besar.

Jonatan melangkah ke semifinal dengan label sebagai runner-up grup B tunggal putra BWF World Tour Finals 2023.

Lolos sebagai runner-up, pemain jebolan PB Tangkas tersebut memiliki satu keuntungan di babak semifinal.

Ya, Jonatan dipastikan tidak berjumpa dengan wakil Denmark, Viktor Axelsen yang juga melaju sebagai runner-up.

Pemain peringkat pertama dunia itu lolos setelah di laga terakhir menumbangkan wakil Indonesia lainnya, Anthony Sinisuka Ginting.

Di semifinal, Jonatan akan melawan Shi Yuqi (China).

Dengan terhindar dari Axelsen, asa untuk melaju ke final terbuka lebar bagi Jonatan mengingat dia memiliki rekor apik melawan dua nama tersebut.

Ya, Jonatan masih unggul dari segi rekor pertemuan baik saat melawan Shi Yu Qi.

Jadwal BWF World Tour Finals 2023, Sabtu, 16 Desember 2023.

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto vs Liang Wei Keng/Wang Chang - Match 4
Jonatan Christie vs Shi Yuqi - Match 7. (*/net/pp)

  • Bagikan