Desa Langkidi Peringkat 1 KIP Tingkat Provinsi Sulsel, HMD Anak Desa Bangga dan Terharu

  • Bagikan

HMD Anak Desa makan siang bersama rombongan Pemdes Langkidi di Makassar, sebelum balik ke Luwu. -ft: istimewa


PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID. MAKASSAR-- Desa Langkidi, Kecamatan Bajo, Kabupaten Luwu berhasil meraih penghargaan juara satu penilaian Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Tahun 2023 bagi Badan Publik Desa Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan Tahun 2023.

Atas raihan tersebut, anggota DPRD Sulsel Fraksi PAN, Dr H Husmaruddin SE MM (HMD Anak Desa) memberikan apresiasi. Legislator Sulsel asal Kabupaten Luwu ini, bangga dan terharu karena Desa Langkidi saat masih berstatus dusun, pernah masuk wilayah Desa Pangi Kec. Bajo tahun 2000. Yang mana HMD pernah menjabat Kepala Desa Pangi.

Saat menjabat Kades Pangi, HMD merintis APDESI dari Tim 7 sampai Tim 17. Akhirnya APDESI terbentuk pada tingkat nasional dan mendorong lahirnya undang-undang sehingga kesejahteraan di desa mulai terwujud secara bertahap.

Sekarang, HMD sebagai anggota DPRD Provinsi Sulsel mendorong perubahan UU Desa supaya dana dikelola desa ke depan minimal Rp3 miliar untuk menjaga stabilitas ekonomi nasional dan ekonomi di desa sesuai kajian pakar ekonomi dana desa.

''Inilah yang membuat ekonomi nasional kita terjaga dengan baik dari desa,'' kata HMD kepada Palopo Pos, Kamis, 21 Desember 2023, saat makan siang di Makassar bersama rombongan Desa Langkidi. Setelah itu langsung pulang ke Luwu.

Jumat pagi siang dan sore sampai malam, HMD padat agenda jadi hanya semalam di Makassar, balik lagi ke Luwu.

"Selamat dan sukses Desa Langkidi Kec. Bajo sebagai desa terbaik paling informatif se Sulsel pada ajang KIP 2023. Terima kasih ke Pemda Luwu Pemerintah Kec Bajo dan tim pendaping Azis Arifuddin,'' kata HMD.

Sebelumnya dirilis, pada malam puncak Anugerah Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Tahun 2023 bagi Badan Publik Desa Se Sulawesi Selatan yang dilaksanakan di Aula Tudang Sipulung Rujab Pj Gubernur Sulawesi Selatan, Makassar, Rabu, 21 Desember 2023 malam.

Pemerintah Desa Langkidi Kecamatan Bajo, Luwu, meraih penghargaan sebagai Desa Terbaik (juara 1) di Kategori Informatif dengan nilai 96,62 sekaligus merupakan kategori tertinggi di bidang KIP.

Kepala Desa (Kades) Langkidi, Muslim SPi menerima langsung penghargaan ini dari Komisi Informasi Sulawesi Selatan dan Pj Gubernur Sulawesi Selatan.

Ini merupakan prestasi tertinggi Pemdes Langkidi tahun ini sekaligus satu-satunya Desa di Luwu Raya yang meraih Penghargaan Tertinggi ini dikategori ini, dan ini memberikan peluang bagi Pemdes Langkidi mewakili Provinsi Sulawesi Selatan ke ajang KIP Nasional untuk Badan Publik Desa.

"Penghargaan ini kami persembahkan bagi warga Desa Langkidi dan Pemerintah Kecamatan Bajo serta Kado Terbaik untuk Bapak Bupati Luwu Dr. Drs. H. Basmin Mattayang, M.Pd yang akan purna bakti sebagai Bupati Luwu sebentar lagi," kata Kepala Desa (Kades) Langkidi, Muslim SPi melalui rilis yang diterima Palopo Pos, Kamis, 21 Desember 2023 kemarin.

Tampak hadir juga mendampingi Aziz Aripuddin yang baru saja kembali dari Kalimantan Selatan mengisi Workshop Digital bagi beberapa lembaga di sana, yang selama ini aktif membersamai Tim PPID Desa Langkidi dalam menciptakan inovasi Pelayanan Informasi Publik yang baik dan kreatif sehingga masyarakat menjadi mudah mendapatkan akses informasi maupun pelayanan dari Pemdes Langkidi kapanpun dan dimanapun karen sudah menerapkan sistem digitalisasi.

''Dengan penghargaan ini, Pemdes Langkidi berhak mewakili Sulawesi Selatan di ajang KIP Nasional tahun 2024 nanti. Semoga bisa kembali membuat bangga kita semua,'' jelas Muslim. (ikh)

  • Bagikan