Malam Natal, Palopo Kondusif

  • Bagikan
TIM EAGLE Polres Palopo bersenjata lengkap bersiap patroli mengamankan perayaan Natal dan Tahun Baru 2024. IST
  • Kapolres: Betul-betul Dirayakan dengan Penuh Khidmat

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID PALOPO -- Malam Natal, suasana di Kota Palopo, aman dan damai, Ahad malam, 24 Desember 2023.
Di Polres Palopo sendiri, nihil pengaduan tindak pidana kriminalitas di Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT).
Pemandangan tersebut, juga nampak di empat Polsek di Kota Palopo.
Dimulai dari Polsek Telluwanua, laporan nihil, begitupun dengan Polsek Wara Utara (Waru), Polsek Wara dan Wara Selatan (Warsel), semuanya nihil laporan.
Bicara soal keamanan wilayah, hampir tak satupun ada laporan dari masyarakat mengenai adanya penyakit masyarakat.
Kapolres Palopo AKBP Safi'i Nafsikin SH SIK MH, mengatakan, amannya suatu wilayah tak lepas dari peran seluruh elemen yang ada didalam.
"Sekali lagi terima kasih untuk masyarakat Kota Palopo yang sudah ikut bersama-sama menjaga situasi keamanan di Kota Palopo sehingga kondusif. Saudara-saudara kita dari nasrani lebih hikmah merayakan natal," ucap Safi'i Nafsikin, Selasa, 26 Desember 2023.
Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, lanjut dia, sebanyak 155 personel PAM yanh diterjunkan memgamankan 35 gereja tempat pelaksananaan ibadah natal.
Jumlah tersebut, lanjut Kapolres sudah termasuk pengamanan di malam tahun baru.
"Kita berharap dan berdoa semoga malam pergantian tahun juga kondusif seperti sekarang ini," pungkasnya.

Tim Eagle Bersenjata Lengkap "Siaga"
Antisipasi adanya kriminalitas di malam Natal, Polres Palopo menyiagakan tim eagle di Kota Palopo.
Tim bentukan Kapolres Palopo tersebut patroli mengelilingi kota dan sesekali merapat di gereja tempat umat kristiani beribadah di malam natal, Minggu, 24 Desember 2023.
Melibatkan tiem eagle merupakan perintah Kapolres untuk mengantisipasi adanya gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat khususnya di Kota Palopo.
Hal tersebut dilakukan sebagai upaya dalam memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat yang melaksanakan natal serta menjelang pergantian tahun baru 2024 mendatang.
Dengan melibatkan 138 personel baik dari TNI-Polri serta instansi terkait lainnya, Polres Palopo juga menerjunkan tim eagle presisi yang akan melakukan monitoring di sejumlah lokasi kerawanan.
"Selain personel gabungan, kita juga menerjunkan tim tindak yakni eagle team presisi Polres Palopo yang akan melakukan mobile di Kota Palopo," kata Kapolres Palopo AKBP Safi'i Nafsikin, Senin, 25 Desember 2023.
Safi'i menerangkan jika tim ini terbentuk dari gabungan personil pilihan dari unit yang ada di Polres Palopo baik itu dari satuan Reserse, Satresnarkoba, Satlantas, dan Sabhara.
"Tim ini berjumlah 10 personel yang dilengkapi dengan alat yang memadai saat bertugas serta akan berkeliling melakukan pemantauan dan pencegahan gangguan di wilayah Kota Palopo," terangnya.
Karena sifatnya, Preventif tim ini akan melakukan koordinasi dengan sejumlah personel yang akan terlibat dalam pengamanan ops lilin 2023, serta akan turun langsung ke masyarakat sebagai upaya pencegahan sehingga meminimalisir ancaman gangguan dan ketertiban di masyarakat.
"Untuk sasarannya kita sudah ploting dimana eagle tim ini akan selalu stand by dan mobile, hal tersebut sebagai upaya pencegahan sehingga meminimalisir ancaman gangguan dan ketertiban di masyarakat dalam pelaksanaan natal dan tahun baru," tutupnya.
Perlu diketahui pada operasi lilin 2023 dalam rangka pengamanan perayaan natal dan tahun, Polres Palopo mendirikan sejumlah pos pengamanan dan pelayanan serta sudah melakukan berbagai kegiatan guna mencegah terjadinya gangguan kamtibmas di wilayah hukum Polres Palopo.(ded/idr)

  • Bagikan