Putra Terbaik Bastem Capt. Christian Bisara Luncurkan Buku Biografi “No Pain No Gain”

  • Bagikan
  • Dari Kaki Gunung Latimojong Terbang Menjelajah Dunia

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID JAKARTA -- Seorang Putra terbaik dari Kaki Gunung Latimojong tepatnya dari Bastem, Capt. Christian Tandirerung Bisara (77 tahun) juga dikenal sebagai Legenda Pilot Nasional ini meluncurkan buku biografinya, Kamis 28 Desember 2023 di Gedung Graha Dirgantara
Jl Protokol Halim Perdana Kusuma no 8 Jakarta Timur, DKI Jakarta. Buku tersebut berjudul "No Pain No Gain" yang ditulis Reni Rohmawati.

Ucapan selamat atas peluncuran buku tersebut berdatangan dari pejabat dan mantan pejabat nasional. Seperti dari Mantan Menteri Perhubungan, Hatta Rajasa, serta Mantan Menko Polhukam Jenderal TNI (Purn) Agum Gumelar.

Dalam buku setebal ratusan lembar ini, menceritakan perjalanan hidup seorang Capt. Christian Bisara yang multitalent sebagai Pilot Senior juga sebagai seorang Aparatur Sipil Negara (ASN). Dari kaki Gunung Latimojong di Sulawesi Selatan sampai bisa terbang menjelajah dunia. Kota-kota di dunia pernah disinggahinya, baik untuk flight training maupun sebagai captain pilot Garuda Indonesia dan private plane.

Sang Captain yang dikenal dengan panggilan Capt. CB ini dijuluki The Legend di dunia penerbangan sipil nasional. Bukan tanpa alasan karena ia tidak hanya sebagai captain pilot, tapi juga seorang Flight Operation Inspector, Flight Calibration Inspector, Government Check Pilot, dan Aircraft Accident Investigator.

Tak terhitung pilot-pilot yang pernah diceknya, termasuk nama-nama tokoh terkenal di dunia dirgantara. Tak terbilang pula taruna yang turut dicetaknya untuk menjadi pilot. "Dia adalah seorang flight instructor yang hebat, yang sudah mencetak pilot-pilot hebat," begitu yang dikatakan banyak rekannya sesama pilot.

Pelbagai maskapai pun pernah diterbangkannya. Salah satunya Garuda Indonesia. Selama terbang, beliau juga mencetak banyak prestasi. Salah satunya, pada 4 November 2023 kemarin, Capt. Christian Bisara mencetak sejarah penerbangan nasional dengan menerbangkan pesawat type cessna 172 pada usia ke-77 tahun dengan rute Halim Perdanakusuma (Jakarta) - Budiarto (Tangerang).

Selain sebagai pilot, Capt. Christian juga sebagai seorang ASN Kemenhub. Dimana pernah dipercaya menjabat sebagai Direktorat Keselamatan Penerbangan era Menhub Agum Gumelar, Direktorat Sertifikasi dan Kelaikan Udara, dan pernah menjadi staff khusus Mnteri Perhubungan era Freddy Numberi.

Pada saat Last Flight-nya sebagai Pilot Garuda Indonesia di Tahun 2006, sosok Surya Paloh hadir memberikan penghargaan.

Perjalanan hidupnya ingin ia bagikan bagi anak-anak dan cucu-cucunya. Bahwa untuk mencapai apa yang diinginkan dalam hidup ini pasti melalui berbagai tantangan dan penderitaan. "No pain no gain," selalu ia tegaskan untuk membulatkan tekad dalam meraih kesuksesan.

Sebagai informasi, Capt. Christian Bisara adalah anak dari (Alm) Samuel Bisara dan (Almh) Maria Bura Tasik.

Adapun mertua Capt. Christian Bisara adalah (Alm) Mayjen TNI Dr Soejoto dan (Almh) R.A Sri Darwiati.

Istri beliau adalah Widhaninggar, yang dikaruniai anak-anak bernama Wino Gautama, Ir. Giovanni Ganendra M.Sc Ph.D. Adapun adik-adiknya adalah (Almh) Paulina Bunga Sondong Bisara, (Alm) Drs Amos Bisara, Capt. Elias Bisara, Drs Jerry Yermia Bisara, Prof Dr dr Dina Bisara Lolong, Sanda Lunaria Bisara, dan Sofie Saribua Bisara. (idr)

  • Bagikan