Jalan Sehat di Akhir Pekan, Bahtiar Baharuddin Nikmati Jajanan Kue Tradisional Buroncong

  • Bagikan

Penjabat Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin, jalan sehat sejauh 2,5 kilometer, dari Center Point of Indonesia (CPI) hingga Rumah Jabatan Gubernur di Jalan Jenderal Sudirman, Sabtu, 30 Desember 2023. --hms pemprov--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, MAKASSAR-- Penjabat Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin, menikmati jajanan kue tradisional buroncong, usai mengisi akhir pekan dengan jalan sehat sejauh 2,5 kilometer, dari Center Point of Indonesia (CPI) hingga Rumah Jabatan Gubernur di Jalan Jenderal Sudirman, Sabtu, 30 Desember 2023. Bahtiar didampingi isteri yang juga Ketua Tim Penggerak PKK Sulsel Sofha Marwah Bahtiar, dan sejumlah pejabat Pemprov Sulsel.

Kue tradisional khas Makassar ini dijual oleh Deng Sikki, dengan menggunakan gerobak. Biasanya, Deng Sikki berjualan di sekitar Pelabuhan Kayu Bangkoa. Ia mengaku sangat senang ketika ditawari berjualan di Rumah Jabatan Gubernur.

"Biasanya saya menjual buroncong di (Pelabuhan) Kayu Bangkoa," kata Deng Sikki, saat berbincang dengan Pj Gubernur Bahtiar.

Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kementrian Dalam Negeri ini juga memuji buroncong buatan Deng Sikki, yang rasanya sangat pas. Apalagi dinikmati saat masih hangat.

Diketahui, kue buroncong adalah kue khas Makassar yang terbuat dari tepung terigu dengan campuran santan kelapa, parutan kelapa, telur, gula, dan garam. Memiliki bentuk setengah lingkaran mirip dengan kue pukis.

Rasanya yang manis pas dan gurih membuat kue ini disukai oleh banyak kalangan. Serta cara masaknya menggunakan bara api dari arang bukan gas yang membuat rasanya lebih khas. Kue ini juga dinamai kue baroncong atau kue guroncong. Kue tradisional ini tetap terjaga kelestariannya hingga saat ini. (*/rls/pp)

  • Bagikan