Prediksi Parpol Peraih Kursi Dapil 3: PKB, PDIP, Gerindra, dan Demokrat Berebut Kursi ke-3 dan ke-4

  • Bagikan
--ilustrasi--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO-- Daerah Pemilihan (Dapil) 3 Palopo meliputi tiga kecamatan yakni Kec. Sendana, Mungkajang, dan Wara Barat. Jatah kursi 4. Dengan jumlah pemilih 21.106 jiwa.

Hasil penelusuran dan pengamatan sejumlah pengurus Parpol di Kota Palopo, sependapat bahwa Golkar secara akumulatif terkuat mendapatkan kursi pertama di Dapil 3. Disusul Nasdem kursi ke-2. Lalu kursi ke-3 dan ke-4 diperebutkan empat Parpol yakni PKB, PDIP, Gerindra, dan Demokrat.

Ketua PDIP Palopo, Alfri Jamil yang dimintai tanggapannya, Rabu (20/12) lalu, tidak menampik bahwa Golkar dan Nasdem kuat di Dapil 3. Namun demikian, Alfri sangat optimis, PDIP mendapat satu kursi di Dapil 'pegunungan' tersebut.

''Kita optimis, semua Dapil minimal satu kursi. Termasuk di Dapil 4, ada Pak Jabir, Josep, Ibu Ulva, dan Samsuddin Sadda, semua memiliki pendukung. Dan juga ada pemilih ideologis PDIP di sejumlah lokasi,'' kata Alfri.

Sekretaris Gerindra Palopo, Sapar Sampetan yang dimintai tanggapannya, Kamis, 21 Desember 2023 lalu, mengungkapkan bahwa Gerindra memiliki empat pencari suara di Dapil 3. Mereka adalah Pahri Hamid, Usman Hamzah, Ainun Utami Basri SH, dan Fenni Wira Marga.

''Datanya sudah masuk. Dan itu menandakan bahwa mereka semua bekerja keras di lapangan,'' terang Sapar.

Penelusuran Palopo Pos, Golkar memiliki empat Caleg petarung di Dapil 3. Ada Alimuddin Nur di Sendana diprediksi mendapat sekira 1.000 suara. Elisabeth R Zakaria juga diprediksi mendapat suara di atas 1.000.

Darsan Dappi dan Nasir yang mengandalkan hati nurani, keduanya diprediksi mendapat 1.000 - 1.500 suara. Sehingga total suara Golkar diprediksi 3.500.

Lalu empat Caleg Nasdem diprediksi mendapat 2.500 suara. Dimana, Abdul Salam (Wakil Ketua DPRD Palopo) diprediksi mendapat 1.500 suara. Pada Pileg 2018 lalu, Salam mendapat 1.596 suara. Dengan adanya perubahan Dapil, suara Salam di Wara Timur dan Wara Selatan hilang. Namun suara Darmawati (saudaranya) di Mungkajang dan Wara Barat bisa diambil Salam.

Kemudian Mustamar, Yanti Anwar, dan Darwis, diprediksi mendapat 1.500 suara. Sehingga total suara Nasdem diperkirakan 3.000 suara.

Selanjutnya, PKB memiliki Misbahuddin (Pileg lalu 905 suara) dan Nardi Suhardi. Pada praPileg di Lebang yang diikuti tiga bakal caleg, Nardi mendapat suara hampir 1.000. Sehingga PKB diprediksi dapat 2.000 suara di Dapil 3.

PDIP memiliki Caleg incumbent yakni Jabir (Pileg lalu 1.267 suara). Ditopang oleh Josep Pasolang, Andi Ulpa, dan Samsuddin Sadda diperkirakan dapat 1.500 suara. Sehingga PDIP diprediksi dapat 2.250 suara.

Gerindra sudah diulas di atas. Dan Demokrat, memiliki Caleg incumbent yakni Irvan ST (Pileg lalu 803 suara). (ikhwan ibrahim)

Parpol Peraih Kursi di Dapil 3 Palopo

  • Kursi ke-1 : Golkar
  • Kursi ke-2 : Nasdem
  • Kursi ke-3, ke-4 : PKB, PDIP, Gerindra, dan Demokrat. (*)
  • Bagikan