Logistik Pilpres dan DPD RI Tiba di Gudang Logistik KPU Toraja Utara

  • Bagikan

Saat Logistik Pemilihan Pilpres dan DPD RI Tiba di Gudang KPU Toraja Utara,dikawal ketat oleh aparat kepolisian dan Bawaslu Toraja Utara. Jumat,5 Januari 2024. --albert tinus--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, RANTEPAO-- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan menerima logistik Pemilu 2024 jenis surat suara di gudang logistik, Jalan Pongtiku, Lembang Rinding Batu, Kecamatan Kesu, Jumat, 5 Januari 2024.

Tak tanggung-tanggung distribusi logistik tersebut, sebanyak satu truk dan dikawal langsung oleh puluhan Polisi dari Polres Toraja Utara bersama Ketua KPU Toraja Utara, Jan Hery Pakan dan Ketua Bawaslu Toraja Utara, Brikken Linde Bonting yang tiba pukul 06.00 Wita pagi tadi .

Ketua KPU Kabupaten Toraja Utara terkait logistik pemilu yang tiba hari ini Jan Hery Pakan mengatakan, surat suara diterima baru dua macam yakni untuk Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden serta Pemilihan DPD.

“Kami terima di gudang jumlahnya sesuai DPT ditambah dua persen pada setiap TPS nanti dan sudah ada surat suara untuk PSU,” katanya.

Masih kata Jan, pihaknya ke Pelabuhan Makassar bersama Bawaslu untuk memastikan dan bersama menuju ke daerah hingga menerimanya secara simbolis disaksikan TNI-Polri, pengawas, penyelenggara dan media.

Setelah surat suara disortir dan ditemukan nanti berapa yang rusak, maka pihak KPU meminta ke percetakan dan diusahakan secepatnya dikirim.

“Untuk surat suara DPR, DPRD Provinsi Sulsel dan DPRD Kabupaten Toraja Utara rencananya sekitar tanggal 12 dan 13 Januari akan tiba, dan surat suara kita terima nanti sore ini sudah akan dilipat,” Kunci Jan Hery Pakan .

Sementara selaku penanggung jawab mobil expedisi angkutan logistik surat suara yang tiba di Kabupaten Toraja Utara, Ahmad Mullis mengatakan bahwa, dua truk yang membawa logistik pemilu untuk tiga Kabupaten diataranya Kabupaten Toraja Utara, Tana Toraja dan Enrekang.

“Satu truk surat suara untuk Toraja Utara ini digabung surat suara untuk KPU Enrekang, jadi kami singgah di Enrekang dulu lalu menurunkan 47 dos, begitupun ke Tana Toraja juga digabung bersama Enrekang,” ujar Mullis .

Diketahui Surat suara tersebut dicetak oleh PT Cabe Raya Nusantara Express, Tanggerang Selatan (Tangsel) Provinsi Banten itu yang tiba di gudang logistik KPU Toraja Utara untuk surat suara Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden yaitu sebanyak 92 dos, dimana dalam satu dos berisi 2.000 lembar.

Sementara surat suara untuk Pemilihan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Wilayah Sulawesi Selatan sebanyak 181 dos, setiap dos berisi 1.000 lembar.

Ditambahkan Brikken Linde Bonting menjelaskan pihaknya akan terus melakukan pengawasan melekat dengan menerima langsung logistik di pelabuhan dan dipindahkan ke truk walaupun cuaca hujan.

“Kemarin dipindahkan dari container ke truk, berangkat pukul 18.00 Wita dari Makassar dan tiba tadi pagi. Singgah tadi shubuh di Enrekang dengan menurunkan 47 dos surat suara pemilihan DPD,” jelasnya.

Menurut Brikken, kertas suara kebutuhan pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden dan Pemilihan DPD Pemilu 2024 tercukupi.

“Sesuai hasil Rakor kami di Klaten, dipastikan logistik surat suara tiba di Makassar dengan aman dan diterima penyedia pengiriman expedisi untuk dikawal ke daerah dengan baik,” katanya.

Brikken berharap pendistribusian logistik surat suara selanjutnya untuk Pemilihan DPR, DPRD Provinsi Sulsel, dan DPRD Kabupaten Toraja Utara agar satu mobil saja khusus ke Toraja Utara sehingga tidak singgah lagi di kabupaten lain.

"Selanjutnya kertas suara untuk Pemilihan DPR, DPRD Provinsi Sulsel, dan DPRD Kabupaten Toraja Utara, kami berharap agar satu mobil saja khusus ke Toraja Utara sehingga tidak singgah-singgah lagi di kabupaten lain. Tidak seperti saat ini," harap Brikken mantan Ketua KNPI Kabupaten Toraja Utara ini.(Albert tinus)

  • Bagikan